10/09/2019

Jaka Sopan Al Ishlah Bondowoso

Jaka sopan
Jaka Sopan adalah kegiatan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Kali ini, ribuan massa mengikuti kegiatan Jaka Sopan Bondowoso. Berdasarkan informasi dari panitia. Jumlah peserta yang terdaftar sesuai kupon, kurang lebih lima ribu peserta. Belum termasuk yang terdaftar.

Di tahun 2018, Jaka Sopan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Hari Sumpah Pemuda,  Hari TNI, Hari peringatan Gerbong Maut. Kerja sama antara Pemkab Bondowoso dan Pondok Pesantren Al Ishlah. Diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. Terdiri dari tokoh Masyarakat, anak-anak pelajar, santriwan santriwati Al Ishlah, anggota FKPPD se Indonesia, Banser, Kokam, Fpi, dan sebagainya.

Turut hadir juga Haji Rhoma Irama dan Soneta Grup.Ust. Dr. Haikal Hasan B, MA. Ibu Hj. Siti Hardianti Rukmana (Mbak Tutut Soeharto). Ibu Hj. Siti Hediati Hariyadi (Mbak Titik Soeharto). Ibu Hj. Hutami Endang Adiningsih (Mbak Mamik Soeharto). Bapak Drs. H. Indra Kartasasmita, M.Si. Para Kiai, Alim Ulama, Habaib, Tokoh Masyarakat, Toko lintas Agama dan utusan Panti Asuhan dan Pesantren seluruh Indonesia


Start dari Alun-Alun Kota Bondowoso dan finish di Pondok Pesantren Al Ishlah. Terdapat berbagai macam hadiah, lemari es, sepeda, dll. Dan yang paling menggiurkan adalah hadiah umroh.

JAKA SOPAN BONDOWOSO 2019

Acara Jaka Sopan (Jalan Kaki Bondowoso Dadapan), Minggu 6/10/2019 dihadiri beberapa tokoh nasional. Di antaranya, Mantan Menteri Kehutanan RI MS. Kaban, Adik Prabowo Subianto yakni Hashim Djojohadikusumo, Ust. Bachtiar Nasir, dan sejumlah tokoh lainnya. Ada sekitar 15.000 peserta yang ikut berpartisipasi, dalam acara yang diselenggarakan setiap tahun tersebut. Para peserta harus menepuh jarak lebih dari 7 kilometer.

Start dimulai di depan Makodim 0822 Bondowoso, dan finish di Pondok pesantren Al-Islah Desa Dadapan Kecamatan Grujugan. Keberangkatan peserta Jaka Sopan dilepas langsung oleh Sekretaris  Daerah Bondowoso, Syaifullah, Kasdim 0822 Mayor Inf. Wawan Setiawan, dan Pimpinan Ponpes Al Islah KH. Toha Yusuf.