6/23/2019

Pilihan Antara Jodoh Dan Pendidikan, Mana Yang Didahulukan?

 Jodoh Dan Pendidikan
Setiap orang tentu punya pilihan, ada yg  memilih kuliah dulu baru menikah. ada yg menikah terlebih dahulu baru kuliah. Ada juga yg tidak kuliah dan tidak nikah hingga waktu yg tidak ditentukan. 

Jodoh itu tak mudah ditebak, jodoh itu rahasia Ilahi. meskipun telah bersusah-payah ikhtiar, namun takdir Tuhanlah yang kelak menentukan seseorang berjodoh dengan siapa. Mencari jodoh (nikah) adalah kewajiban sunnah Nabi. Pendidikan (mencari ilmu) adalah kewajiban hingga liang lahat. 

Sebagaimana dijelaskan di atas, ada yg memilih kuliah dulu tentunya untuk mecari ilmu. Pun sebaliknya, ada juga yang memilih jodoh dulu meskipun tdk sampai kuliah, karena ilmu bisa dicari dimana saja.

Pendidikan adalah sesuatu yang harus kita highlight selalu,  karena pendidikan juga bisa menjadi bekal dalam mencari pasangan di masa depan. Pastinya pendidikan itu nomor satu sebelum apapun, karena sebelum mencari jodoh kita harus mengerti diri sendiri dan mengerti dunia luar dulu.

Perlu di catat. Ada orang yang pendidikannya tinggi tapi malah berwawasan sempit, brkelakuan tidak baik. Sebaliknya ada orang yang pendidikannya rendah tapi karena mau belajar ia lebih dewasa dalam melihat masalah dan mengambil keputusan. 

Sayang sekali jika mencari jodoh karena terlalu mengutamakan tingkat pendidikan dan ekonomi seseorang. Yang terjadi adalah bisa jadi akan ada kesalahan dalam menempatkan skala prioritas dalam mencari jodoh yang langgeng. 

Ada yang bilang bahwa Jodoh bisa berkelas. Jika pendidikan dan kepribadian kita baik maka jodoh kita juga akan baik, jika kita adalah pribadi yang tidak baik alias asal-asalan, maka yang jelas jodoh akan juga asal-asalan. Percaya atau tidak itulah janji Allah dalam Al-Quran.

Kalau berkumpul dg orang2 disekitar. Biasanya akan ada dua istilah menohok yg dilontarkan, "Nak, Nikah Dulu" atau 'Nak, Kuliah Dulu". Maka dari itu, semua  tergantung pada pilihan kita.