5/21/2019

Memahami Pengertian Ngabuburit Yang Sebenarnya

ngabuburit
Apa sih itu arti Ngabuburit? istilah ini tentu sudah tidak asing bagi kita semua. atau bahkan diantara kita ada yang suka ngabuburit. Entah kapan istilah ini diperkenalkan, yang pasti masyarakat kita sudah sangat familiar menggunakan Ngabuburit tiap Ramadan. 

Pengertian Ngabuburit dalam KBBI, kata ngabuburit diberi keterangan (sd), artinya kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda. Ngabuburit adalah tradisi orang Sunda berkumpul pada sore hari, baik itu saat puasa ataupun tidak. Namun di zaman sekarang, ngabuburit lebih populer dipasangkan dengan puasa Ramadan. 

Isitlah kata Ngabuburit itu sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berasal dari kata “burit” yang merepresentasikan waktu yang berarti sore, senja, atau menjelang Maghrib.

Kebanyakan orang sekarang  mengenal istilah Ngabuburit sebagai menunggu waktu berbuka puasa dengan cara melakukan aktivitas sambil menunggu Adzan Maghrib tiba untuk berbuka puasa.

Ngabuburit  sudah menjadi tren atau sebuah tradisi yang tak bisa dilepaskan begitu saja dari bulan puasa Ra­ma­dhan. Padahal ngabuburit tidak ada hubungannya dengan Ramadhan. 

Kebanyakan orang, biasanya menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan banyak kegiatan. Seperti jalan-jalan ke suatu tempat  bersama kerabat keluarga atau sahabat  teman, untuk sekedar menghabiskan waktu sambil menunggu Adzan Maghrib tiba. Ada yang menghabiskan waktu dengan beritikaf di masjid. Kemudian juga ada yang berbelanja kebutuhan lebaran. Dan sebagian lainnya 

Ada juga sebagian orang yang melakukan kegiatan Ngabuburit bernuansa negatif sambil menunggu waktu berbuka puasa.  Seperti ajang balapan liar, cuci mata dan sebagainya. 

Jika kita merujuk kegiatan Ngabuburit dari asalnya yaitu dari daerah Sunda. Hakekat Ngabuburit yang dijalani oleh masyarakat Sunda nun jauh di masa lalu, kebanyakan masyarakatnya menghabiskan waktu Ngabuburit di dalam surau atau masjid. Seperti mengaji dengan Ustad dan Kyai, dengan membaca kitab suci Al-qur’an, dengan bertujuan untuk meng-khatam-kannya dalam jangka waktu hanya bulan puasa Ramadhan. Selain itu, Ngabuburit tempo dulu juga diisi dengan kegiatan dakwah islam untuk mengajak kebaikan dan mengajak kembali pada jalan yang benar sesuai dengan tuntunan hadis dan kitab suci Al-qur’an. Dulu ngabuburit diisi dengan pesantren kilat, kini lebih banyak diisi cuci mata

Dulunya ngabuburit dikenal dengan kegiatan pengajian bersama atau program pesantren kilat, kini orang-orang lebih banyak mengisi ngabuburit dengan nongkrong di taman kota, baca buku, atau yang lainnya. 

Tidak ada yang salah sebenarnya selama kegiatan ngabuburit. karena Ngabuburit itu aktivitas tambahan, puasa itu aktivitas utama. 

Terjadi pergeseran dalam merayakan ngabuburit di kalangan anak-anak. Seperti yang tadi sudah dibahas bahwa ada banyak hal bisa kita lakukan untuk ngebuburit. Mulai dari yang ada kaitannya dengan unsur religi sampai tidak. Sempat pula di zaman dahulu anak-anak Sunda senang menghabiskan waktu ngabuburitnya dengan mengaji bersama di surau. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mengisi Ramadan dengan kegiatan positif. Dan ternyata itu juga merupakan satu trik supaya anak-anak tersebut lupa dengan rasa lapar saat berpuasa.