5/19/2019

Konsep Buka Puasa Bersama Yang Paling Menarik

buka bersama
Buka puasa bersama (bukber) merupakan salah satu momen yang dinanti dan selalu ditunggu-tunggu. Agenda buka puasa bersama entah itu dilakukan bersama keluarga, sahabat, teman sekolah, teman kantor, dsb. Tempatnya juga berbeda, mulai di restoran, tempat makan lesehan, atau tempat lainnya yang menyediakan menu untuk berbuka puasa.

Untuk mengadakan acara bukber. Tentu perlu konsep yang harus dipesiapkan. agar nantinya acara buka bersama berjalan dengan baik. Ada beberapa konsep yang patut dicoba. 

A. Waktu bukber yang Tepat


Memilih waktu yang tepat merupakan salah satu solusi mempersiapkan acara buka puasa bersama. Karena terkadang teman kita tidak hadir karena masalah waktu.  Untuk itu cobalah untuk memilih waktu yang sekiranya banyak orang akan hadir seperti pada awal minggu kedua puasa.

Yang paling baik waktu untuk buka puasa bersama teman adalah saat menjelang hari raya, atau akhir akhir bulan ramadhan. karena pada saat itu banyak teman yang pulang kampung.

B. Atur Acara Inti Dengan Baik

Inti dari acara buka puasa bersama adalah untuk silaturahmi. bukan hanya sekedar makan-makan bersama. Buatlah dalam acara bukber itu sesi diskusi atau saling berbagi pengalaman. 

C. Tempat bukber yang Tepat

Faktor lainnya yang paling penting saat menentukan acara buka puasa bersama adalah memilih tempat yang tepat. Kalau bukan acara pribadi, sebaiknya jangan ditempatkan di rumah. usahakan buka puasa bersama di tempat yang mengesankan, dan enak untuk ngobrol serta bisa bersantai.

D. Bukber di Panti Asuhan

Konsep bukber yang bisa dijadikan referensi adalah buka puasa di panti asuhan, ataupun di lembaga lembaga sosial lainnya. Di situ bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang hidupnya kurang beruntung.  Hal ini juga akan membuatmu lebih bersyukur karena masih dikaruniai keluarga yang lengkap.

Selain mendapat kebahagian berkumpul dengan teman-teman, juga mendapat pahala amal kebaikan. Jadi, jangan lewatkan untuk selalu buka bersama dengan anak yatim, fakir miskin, dhuafa, dsb. 

E. Sambil Menuntut Ilmu

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu sosial. Nah, agar buka puasa  lebih bermanfaat, cobalah isi waktu dengan berkunjung ke majelis-majelis ilmu dengan teman-teman. sambil buka bersama.

Atau bisa juga saat mengadakan acara buka bersama, undanglah seorang ustadz misalnya, untuk mengisi acara dalam buka bersama tersebut.


F. Outbound Atau Studi Banding

Outbound maupun Studi Banding bisa menjadi pembuka acara menuju buka puasa bersama yang lebih seru. Outbound bisa dilakukan sebelum menjelang berbuka. 

Sehingga dengan demikian, dapat menambah pengalaman dan wawasan baru. Apa lagi dilakukan bersama kawan lama. Ketika berpisah, akan menjadi kenangan tersendiri