Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan
Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan

Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan

Penelitian Tindakan Kelas
Mengapa Penelitian Tindakan Kelas Itu Penting ? Dalam melaksanakan tugas mengajar sebagai guru tentu akan dihadapkan pada berbagai permasalahan, baik yang terjadi dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran sekolah.

Pengrtian Penelitian tindakan kelas sendiri berasal dari istilah bahasa Inggris Classroom Action Research, yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas.

Seorang Guru pada harus diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran secara profesional dan kolaboratif lewat sebuah penelitian tindakan secara terkendali. Ada beberapa alasan mengapa PTKmerupakan suatu kebutuhan atau penting bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang guru :

Pentingnya PTK karena merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya.

PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap lakukan.apa yang dia dan muridnya

PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneniliti di bidangnya.

Dengan PTK, guru akan mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pada masalah aktual dan faktual yang berkembang di kelasnya.

Pelaksanaan PTK tidak menggangu tugas pokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktek pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatan mutu hasil instruksional mengembangkan keterampilan guru meningkatkan relevansi meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.

Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian kasus disuatu kelas, hasilnya berlaku spesifik sehingga tidak untuk digeneralisasikan ke kelas atau ketempat yang lain dan analisis datanya cukup dengan mendeskripsikan data yang terkumpul.