Cara Menghindari Gempa Bumi Saat Terjadi Gempa
Cara Menghindari Gempa Bumi Saat Terjadi Gempa

Cara Menghindari Gempa Bumi Saat Terjadi Gempa

Gempa bumi
Ketika Gempa Bumi menggoncang dunia, menggoncang negeri kita, atau, bahkan desa yang kita pijak, digetarkan dengan suara gempa bumi. Yang ada dibenak kita, bukan lagi soal rumah mewah, bukan mobil lamborgini yang dikendarai, bukan gadget dan sosmed yang kita gandrungi. Melainkan, bagaimana kita menyelamatkan diri.

Saat terjadi gempa tsunami. Kita tidak perduli apapun. Yang penting, bagaimana kita bisa selamat dari guncangan dahsyat itu. Berusaha bagaimana bisa selamat, bagaiamana agar tidak menjadi korban yang akan dicari orang, atau hilang tanpa jejak.

Terkadang, ada juga. Ketika terjadi Gempa Bumi, sebagian orang bukan panik, tiada rasa takut, tidak ada rasa kekhawatiran. Justru, mereka sibuk bikin status, berdoa disosmed, mengeluh di sosmed. Agar orang-orang tahu bahwa dirinya sedang berdoa pada Allah Swt.

Cara Menghindari Gempa Bumi Agar Selamat 

Berdoalah kepada Allah Swt. Agar diberi keselamatan. Berdoa apa saja yang kita bisa. Doa memohon keselamatan :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Artinya :
Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.


ketika berada dalam rumah atau jika berada di dalam bangunan. Lindungi kepala dan badan dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi dibawah meja.

Mencari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan. Bisa juga lari ke luar, ke halaman apabila  dapat dilakukan.

Jika berada di luar bangunan atau area terbuka. Jauhi bangunan yang ada di sekitar. Memperhatikan tempat berpijak. Hindari apabila terjadi retakan tanah. Dan jangan lupa juga, perbanyak istighfar, dzikir, tahlil, tahmid, takbir, tahlil, dsb.
Admin
Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan.