Sejarah Singkat Berdirinya Pmii (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia)
Sejarah Singkat Berdirinya Pmii (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia)

Sejarah Singkat Berdirinya Pmii (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia)

Logo pmii
Sejarah Pmii - Bagi kalangan pelajar, tentu tidak asing lagi dengan istilah Pmii. Husunya kalangan mahasiswa. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia / Pmii adalah organisasi kemahasiswaan extra kampus.

Pmii Berdiri pada tanggal 17 April tahun 1960 di Kota Surabaya. Ketua yang pertama kali menjabat adalah Mahbub Djunaedi. Sejarah berdirinya Pmii, tak lepas dari keprihatinan NU terhadap carut marutnya arus politik yang terjadi di Indonesia. Akibatnya, NU berpisah dari Masyumi setelah Masyumi dibubarkan.

Adapun Tujuan didirakannya Pmii, dijelaskan dalam Anggaran Dasar Pmii BAB IV pasal 4 yang berbunyi :

"Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia".

Slogan Pmii : Dzikir Fikir Amal Shaleh. 

Sebagai seorang Pmii, maka ia harus berhaluan ahlussunah wal jama’ah. Mengikuti pemahaman islam sesuai yang dikehendaki Ahlussunah Wal Jamaah.

Sistem Perekrutan Anggota

Dalam merekrut anggota, Pmii membentuk kegiatan Mapaba ( Masa Penerimaan Anggota Baru ) Kegiatan Mapaba merupakan pengenalan awal Pmii kepada mahasiswa. 

Mapaba merupakan tahap pertama dalam Jenjang Pengkaderan. Mahasiswa yang baru ikut Pmii melalui Mapaba diharapkan menjadi anggota yang berkualitas dan berkomitmen dalam ikut organisasi Pmii
Admin
Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan.