Mapaba Pmii Dan Tema Kegiatannya
Mapaba Pmii Dan Tema Kegiatannya

Mapaba Pmii Dan Tema Kegiatannya

Mapaba pmii
Mapaba adalah singkatan dari Masa Penerimaan Anggota Baru. Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan Pmii dalam merekrut kader-kader baru.

Sebagai organisasi yang berhaluan Ahlusunnah Wal-jama’ah, Pmii meyakini bahwa kehadirannya sebagai wadah pembelajaran bagi kadernya untuk menjadi sebuah kader yang berkepribadian  luhur, berjiwa penuh tanggung jawab, cinta agama, cinta bangsa dan Negara.

Mapaba Pmii merupakan fase pengenalan awal Pmii kepada mahasiswa, dalam rangka rekruitmen mahasiswa untuk menjadi anggota, dan merupakan tahap pertama dalam Jenjang Pengkaderan Formal PMII.

Tujuan Mapaba Pmii adalah untuk menciptakan kader Pmii berkualitas, yakni anggota yang memiliki loyalitas atau kesetiaan terhadap organisasi.  Memiliki keyakinan bahwa PMII adalah organisasi kemahasiswaan yang paling tepat untuk pengembangan diri mahasiswa Islam. Memiliki keyakinan bahwa PMII adalah organisasi mahasiswa Islam yang paling tepat untuk memperjuangkan idealisme.


Penyelenggara Mapaba Pmii

Mapa Pmii diselenggarakan oleh Pengurus Rayon atau Pengurus Komisariat melalui bidang pengkaderan mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan. 

Dalam Mapaba, kader yang ikut kegiatan harus memiliki surat resmi yang ditandatangani dan dikeluarkan oleh Pengurus Komisariat untuk melegalisasi status keanggotaan seorang mahasiswa . SK Keanggotaan diserahkan kepada calon anggota setelah calon anggota dibaiat menjadi anggota.

Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan mapaba adalah Doktrinasi, yaitu penanaman nilai, keyakinan dan faham Pmii. Persuasi, yaitu pendekatan positif untuk meyakinkan dan menarik minat lebih lanjut calon anggota terhadap Pmii.

Peserta Mapaba adalah mahasiswa baru (semester pertama) atau maksimal mahasiswa semester empat. Pembatasan tersebut dimaksudkan agar nantinya anggota lebih memiliki kesempatan untuk berkembang.


Tujuan Kegiatan mapaba meliputi :

Membentuk kader bangsa yang aktif dan progresif dalam merespon realitas sosial kebangsaan

Mempertajam konsolidatif kader untuk memperkuat sinergisitas gerakan intelektual advokatif

Mempertajam nalar kritis kader untuk di transformasikan pada gerakan-erakan advokatif kerakyatan.

Membentuk kader yang bernalar kritis transformatif sebagai modal dasar membangun bangsa yang berperadaban.

Memiliki kecakapan dalam memimpin organisasi atau kecakapan dalam bidang tertentu.


Tema Kegiatan Mapaba Pmii

Tema ditentukan oleh panitia pelaksana. Dalam hal ini adalah pengurus rayon maupun komisariat. Contoh tema “Mencetak kader mahasiswa yang berjiwa Ahlussunnah Wal Jamaah”.
Admin
Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan.