Makalah Perkembangan Teknologi Persenjataan Pada Masa Perang Dingin
Makalah Perkembangan Teknologi Persenjataan Pada Masa Perang Dingin

Makalah Perkembangan Teknologi Persenjataan Pada Masa Perang Dingin


Masa Perang Dingin
Makalah Perkembangan Teknologi Persenjataan Pada Masa Perang Dingin

BAB I
PEDAHULUAN


A.  Latar Belakang

       Pasca PD II terjadilah perebutan pengaruh antara Amerika dan Unisoviet yang nelahirkan Perang Dingin yang disebut juga sebagai “perang urat saraf”. Dalam perang ini kedua negara yang bertikai yaitu Amerika dan Uni Soviet tidak bersentuhan kearah perang secara fisik. Mereka hanya menunjukkan  kekuatatan dalam aspek kehidupan negaranya. Aspek-aspek yang ditunjukkan adalah ekonomi, pertahanan, dan teknologi. Persaingan antara aspek kehidupan pada kedua negara memaksa untuk melakukan berbagai perkembangan pengetahuan dan teknologi. Mereka melakukan inovasi-inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menarik simpati dari negara-negara di dunia.

    Kedua negara bersaing dengan membuat pesawat tempur yang canggih. Di samping itu, masyarakat di dunia semakin panik dengan hadirnya senjata pemusnah massal yang dikembangkan oleh kedua negara. Mereka di hantui ketakutan jika perang antara kedua negara ini meletus maka dunia akan mengalami kehancuran. Setiap daera yang terkena senjata ini kemungkinan akan hancur.Dan jika senjata ini diledakkan secara bertubi-tubi maka dunia dipastikan akan musnah.Dengan demikian, keresahan masarakat dunia sudah semakin tidak menentu.Banyak ahli yang memprediksikan jika perang antara Amerika Serikat dan Uni soviet terjadi, maka kerusakan ekologi yang besar akan terjadi dan memerlukan waktu bertahun-tahun, bahkan berabad-abad untuk memulihkannya. Karena adanya kemungkinan tersebut, maka masyarakat Internasional menjadi resah dan prihatin sehingga berupaya maksimal untuk mencegah terjadinya perang yang menggunakan teknologi canggih tersebut. Hingga kini senjata pemusnah tersebut terus membayangi dan menghantui kehidupan manusia dan alam semesta.

      Mereka melakukan pembaruan-pembaruan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menarik simpati bagi negara-negara di dunia. Pembaruan dan inovasi mereka lakukan adalah pengembangan persenjataan dan pengembangan radar pengintai jarak jauh, sehingga banyak di ciptakan mesin-mesin pengintai luar angkasa. Sehubung dengan perkembangan teknologi tersebut maka penulis memiliki judul Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa pada Masa Perang Dingin.



B.       Rumusan Masalah 

1.    Bagaimana perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa perang dingin?
2.    Apa saja yang dilakukan kedua negara yang terlibat dalam perkembangan teknologi?



BAB II
PEMBAHASAN



A.  Perkembangan Teknologi Persenjatan pada Masa Perang Dingin

          Perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa dimulai sejak adanya perang dingin sebab perang tersebut ditandai oleh adanya persaingan persejataan canggih, sehingga mereka tidak melakukan perang secara terbuka. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa salah satu pengaruh perang dingin adalah munculnya perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa. Mereka melakukan pembaruan-pembaruan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menarik simpati bagi negara-negara di dunia. Pembaruan dan inovasi yang mereka lakukan adalah pengembangan persenjataan dan pengembangan radar pengintai jarak jauh (ruang angkasa), sehingga banyak diciptakan mesin-mesin pengintai ruang angkasa. Uni Soviet bahkan mengembangkan senjata rudal dan satelit pengintai di ruang angkasa.

    Negara-negara yang berkonflik saling bersaing menciptakan persenjataan modern dan canggih. Perlombaan senjata tersebut bertujuan untuk menunjukkan kekuatan masing-masing negara sebagai negara superior yang mampu menguasai dan mengalahkan pihak lain. Negara-negara tersebut juga mendirikan pusat-pusat pangkalan militer yang bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan diri jika ada serangan dari musuh. Senjata-senjata yang dikembangkan dan dibuat oleh kedua negara adalah modifikasi persenjataan yang digunakan dalam Perang Dunia II. Senjata-senjata tersebut memiliki tingkat kecanggihan yang sangat tinggi. Daya ledak senjata yang dikembangkan oleh kedua negara berlipat-lipat dari tenaga ledak bom atom yang dijatuhkan ke Jepang. Daya jangkaunyapun sangat jauh satu senjatapun bisa melewati beberapa negara. Disamping itu, pengembangan pesawat tempur juga tidak kalah.

     Persaingan yangpaling mencolok pada masa Perang Dingin adalah dalam bidang militer, khususnya dalam hal persenjataan. Kedua negara adidaya itu saling berlomba menciptakan berbagai senjata yang mutakhir dan mematikan, misalnya bom. Bom adalah senjata ledak yang lazim digunakan dalam perang. Bom umumnya terdiri atas wadah logam yang diisi dengan bahan peledak atau bahan kimia

B.  Perkembangan Iptek pada Masa Perang Dingin

         Persaingan Blok Baratdan Blok Timur tidak hanya terjadi dalam plitik, ekonomi, dan militer. Akan tetapi, persaingan kedua negara adidaya tersebut juga terjadi dalam pengembangan Iptek. Blok Barat dan Blok Timur bersaing mengembangkan teknologi mutakhir.

1.    Perlombaan Senjata Nuklir

        Bom nuklir adalah sebuah bom yang mempunyai daya ledak luar biasa yang berasal dari peristiwa pembelahan (fisi) dan penggabungan (fusi) inti-inti atom. Efek yang ditimbulkan merupakan akibat dari pelepasan energi yang sangat besar dalam waktu singkat. Persenjataan nuklir adalah jenis persenjataan dalam kategori nonkonvensional yang daya rusaknya berasal dari energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir, yaitu jenis reaksi fisika yang melibatkan inti atom. Bom dan persenjataan nuklir yang dikembangkan oleh dua kekuatan adidaya dunia itu sangat membahayakan umat manusia. Negara adidaya itu mengembangkan persenjataan nuklir dalam berbagai bentuk, misalnya dalam bentuk peluru kendali(rudal). Jangkauan yang dapat di tempuh oleh rudal itu pun bermacam-macam, misalnya jarak lontarnya dapat mencapai antarnegara ataupun antarbenua.

       Perlombaan senjata nuklir antara Amerika Serikat dan Uni Soviet jelas menimbulkan kekhawatiran dan ketegangan yang luar biasa. Sebagai informasi sampai tahun 1983, perbandingan kekuatan nuklir Uni Soviet menunjukkan posisi yang unggul dibanding kekuatan Amerika Serikat. Hal itu dapat dilihat dari kekuatan nuklir medan (theater nuclear), yaitu rudal dan pesawat tempur.

2.    Pengeksploitasian ruang angkasa

Dalam bidang eksplorasi antariksa, langkah spektakular yang pertama kali ditunjukkan adalah dengan menciptakan pesawat Sputnik I yang Diluncurkan oleh Uni Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957 sebagai satelit buatan pertama. Setelah Sputnik I terjadi perlombaan pesawat luar angkasa antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

a.    Meningkatkan daya dorong roket

Peningkatan daya dorong roket dilakukan untuk menaruh satelit-satelit kedalam orbit dan pemeriksaan penggunaan satelit untuk keperluan komunikasi. Fungsi lainnya untuk mengamati keadaan udara, memantau untuk keperluan militer, serta survei topografis dan geologis.

b.    Program pesawat angkasa berawak

       Tahapan ini diawali oleh kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin, pada tanggal 12 April 1961 dengan menggunakan Pesawat Vostok I. Penerbangan ini memperlihatkan penguasaan masalah yang dapat membawa pesawat dan awaknya kembali ke atmosfer bumi. Serangkaian penerbangan yang dilakukan oleh Uni Soviet kemudian disusul oleh Amerika Serikat yang mampu melakukan manuver mengudara selama dua minggu dan membuat terobosan, yaitu awak pesawatnya berjalan di luar angkasa.

c.       Program menuju bulan

Bermula dengan pendekatan-pendekatan ke bulan yang di lanjutkan dengan survei pendaratan berawak ke permukaan bulan. Puncaknya terjadi tanggal 20 Juli 1969, ketika Neil Armstrong dan Edwin Aldrin berhasil merangkak keluar dari pesawat Apollo 11 menuju permukaan bulan. Penjelajahan bulan berawak terus dilanjutkan dengan eksperimen yang diperluas sebelum akhirnya program itu dibatasi pada tahun 1972.

d.      Riset dan penjelajahan planet

Penyelidikan planet luar bumi dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Melalui penyelidikan angkasa Mariner 2 (1962) dan Pioner Venus 1 (1978)milik Amerika Serikat serta Uni Soviet dengan pesawat Vanera 3(1966)dan Vanera 4(1957) diadakan eksplorasi terhadap Planet Venus. Berdasarkan temuan-temuan riset tersebut, disimpulkan bahwa Planet Venus menunjukkan lebih panas dengan suhu permukaan 900 derajat F sehingga kurang ramah untuk dihuni makhluk hidup.

3.    Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada masa Perang Dingin

Peranan komunikasi dan informasi selama Perang Dunia II dan Perang Dingin amat penting. Teknologi komunikasi digunakan oleh dua blok yang saling bertentangan untuk memata-matai kekuatan lawan. Penguasa teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu lebih difokuskan pada bidang pertahanan dan keamanan masing-masing pihak. Berbagai satelit pemantau diciptakan oleh masing-masing pihak untuk memata-matai lawannya. 

Ketertinggalan Amerika Serikat dari Uni Sovet dalam teknologiruang angkasa mendorong pemerintah Amerika Serikat menjalankan sebuah program kilat guna mengejar ketertinggalannya. Berdasarkan persetujuan kongres, pemerintah Amerika Serikat kemudian mendirikan Advance Research Projects Agency (ARPA). Proyek ini dikendalikan oleh seorang menejer tunggal untuk meningkatkan birokrasi. Proyek ini kemudian di pecah menjadi dua yaitu, NASA dan ARPANET.

         ARPANET kemudian mengembangkan prototip internet. Pada tahun 1969, ARPANET merasa perlu diperkenalkan temuan-temuannya. Dapertemen Pertahanan Amerika Serikat dengan peneliti di beberapa universitas Amerika Serikat. Salah satu aspek penting dalam pengembangan satelit-satelit dan stasiun ruang angkasa adalah pemanfaatan untuk pengamatan (observasi) militer. Pengembangan satelit atau stasiun ruang angkasa memiliki keunggulan strategis bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk kepentingan militer, di samping untuk kepentingan ilmiah. Oleh karena itu, kedua negara Adidaya saling berlomba untuk mengembangkan satelit maupun stasiun ruang angkasa, seperti Uni Soviet mengembangkan Stasiun Salyut dan Amerika Serikat dengan program Skylab-nya.

   Perkembangan Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet di satu sisi memang memunculkan kekhawatiran besar akan terjadinya konflik yang meluas di dunia. Namun di sisi lain, Perang Dingin juga telah melahirkan sebuah era baru dalam perkembangan iptek dunia melalui inovasi industri antariksa yang telah menambah pengetahuan umat manusia mengenai jagat raya. Sejak tahun 1990-an, internet mulai digunakan secara komersial. 

Sistem internet saling silang dengan bantuan saluran telepon modern, sehingga internet di dibaratkan sebagai jalan tingkat tinggi. Selain itu, internet disebut juga cyberspace karena memiliki jaringan komunikasi ibarat dunia maya. Internet telah membuat dunia informasi kita menumukan jalannya. Internet mempunyai banyak keunggulan, terutama dari segi efisiensi, biaya dan efektivitas penyampaian pesan yang cepat, serta menembus ruang sekaligus waktu. Tidak seperti penemuan sebelumnya, internet dianggap sebagai penemuan besar yang mengubah dunia dari yang bersifat lokal menjadi global. Dari internet sumber-sumber informasi dunia yang amat luas dapat di akses dengan cepat dan mudah.


BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan

Negara-negara yang berkonflik saling bersaing menciptakan persenjataan modern dan canggih. Perlombaan senjata tersebut bertujuan untuk menunjukkan kekuatan masing-masing negara sebagai negara superior yang mampu menguasai dan mengalahkan pihak lain

Perang Dingin telah mempengaruhi munculnya persaingan kedua negara Adikuasa dalam bidang persenjataan dan teknologi ruang angkasa, sehingga menyebabkan munculnya inovasi-inovasi dibidang iptek. Tetapi dipihak lain juga dapat menyebabkan munculnya dampak yang membahayakan bagi kehidupan manusia.

Tahapan ini diawali oleh kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin, pada tanggal 12 April 1961 dengan menggunakan Pesawat Vostok I



DAFTAR PUSTAKA


Mushtofa,Sodik.2009.Sejarah untuk SMA Kelas XII Program IPA.Jakarta:Pusat Pembukuan Dapertemen Pendidikan Nasional.

Siti Waridah,dkk.2000.Sejarah Nasional dan Umum untuk Kelas 3.Surakarta:Bumi Aksara.

Habib Mustopo,dkk.2005.Sejarah SMA Kelas XII.Jakarta:Yudishtira.