banner

Kecamatan Batuan Sumenep, Wilayah Pengembangan Pusat Kota


Kecamatan Batuan Sumenep

Kecamatan Batuan merupakan salah satu kecamatan yang bisa dibilang baru. Anggap saja seumuran jagung. Sebab, Kec. Batuan baru diresmikan pada tahun 2004 silam. Batuan merupakan kecamatan baru hasil pemekaran Kecamatan Kota Sumenep.

Adapun desa-desa yang ada di kecamatan batuan, ada 7 desa,  yakni desa Gunggung, Patean, Gedungan, Babalan dan desa-desa yang berada di bagian barat yang dulunya masuk kecamatan Sumenep. Daerah ini terletak di Pulau Madura. Mengenai sejarah dan asal usulnya, Wallahu A'lam.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa yang namanya kehidupan, hususnya dalam dunia  statistik kepadatan penduduk terus meningkat. Demikian juga sumenep, saking terus meningkatnya jumlah penduduknya. Maka Kecamatan Batuan dijadikan obat mujarrob untuk mengatasi kepadatan. Maka dilakukan pengembangan ke wilayah ini.

Kecamatan Batuan Sumenep  dianggap layak menjadi wilayah pengembangan pusat kota dan senada dengan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sudah diterjemahkan dalam bentuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).


Karena dijadikan wilayah pengembangan pusat kota, Unija, kampus yang tersohor di Madura ini. Sempat dicanangkan akan di pindah kewilayah Batuan. Dan akan diambil alih kepemilikannya sebagai Negeri. Namun, sampai saat ini, belum ada tanda-tanda kemunculan realisaasi dari kabar yang sudah tersebar.