banner

Hakikat Manusia Tidak Ada Yang Sempurna

tidak ada manusia sempurna
Ya, tidak ada manusia yang sempurna. Sebab, kesempurnaan hanyalah milik dia yang maha sempurna, Allah Swt. Hakikatnya, Allah menciptakan kekurangan, agar kita melengkapi dan menutupi kekurangan itu, menutup celah agar menjadi sebuah kesempurnaan.

Manusia itu bermacam-macam. Ada yang memiliki kecukupan harta dan benda, tapi  dia diberi sakit yang parah. Ada yang memiliki istri yang cantik, tapi dia diberi rumah tangga yang setiap hari cek-cok.

Ada yang suami istri keluarganya lengkap diberi anak yang lucu-lucu dan sehat, tapi keluarganya, ayah-ibu, adik-kakaknya berantakan. Ada yang memiliki pasangan penyabar dan penyayang, tapi dia masih merindukan momongan.

Ada yang memiliki suami tampan dan karier yang mapan, Tapi dia juga sering merasakan perangai suaminya yang kasar dan kurang perhatian. Ada yang memiliki semuanya hampir sempurna, tapi dia tidak mendapat kesolehan dan merasakan manis-nya ibadah.

Maka yakinlah bahwa setiap orang yang memiliki kelebihan pasti ia juga memiliki kekurangan. Tidak ada yang sempurna.

Belum tentu semua yang terlihat indah serta manis diluarnya, seperti itu juga di dalamnya. Andai saja kita dapat mengetahuinya, pasti kita akan banyak bersyukur kepada Allah yang telah menjadikan diri kita seperti ini tanpa melirik dan mengharapkan kehidupan orang lain yang kita idam-idamkan.

Boleh jadi, ketika kita mengetahui keadaan yang sebenarnya, kita akan berdoa kepada Allah agar jangan diberi ujian yang sama seperti diri dia.

Jadi sekali lagi tidak perlu iri dengan kehidupan orang lain, karena apa yang sekarang kita jalani itu adalah rezeki yang terbaik dan ternikmat yang Allah anugerahkan kepada kita.

Banyak hal yang baik dalam diri setiap manusia, namun kadang kita lupa mensyukuri nikmat itu. Maka banyaklah bersyukur atas keadaan mu yang sekarang ini, Karena jika Allah menghendaki maka semua juga akan berubah.

Tidak ada yang sempurna, bukan berarti sebuah kehinaan. Kekurangan bukan berarti sebuah kejelekan.