Contoh ABSTRAK Dalam Penulisan Skripsi
Contoh ABSTRAK Dalam Penulisan Skripsi

Contoh ABSTRAK Dalam Penulisan Skripsi



Contoh abstrak skripsi

Abstrak adalah sebuah paragraph yang mencakup atau ringkasan awal dari sebuah laporan atau tulisan ilmiah definisi abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Sedangkan menurut definisi umum, abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan. Abstrak berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca tentang apa yang terdapat dalam suatu tulisan. Pada umumnya abstrak diletakkan pada bagian awal sebelum bab-bab penguraian.


CONTOH ABSTRAK


Alfarobi, Aden Zaied, 2018 : Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Yayasan Al Istiqomah Sumenep

Pembimbing : Mustofa, S.Ag

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Fiqih

Ide kajian dan penelitian skripsi ini, berawal dari keresahan dan kegelisahan penulis ketika melihat adanya perubahan yang signifikan pada ketidaksemangatan belajar Siswa-Siswi Yayasan Al Istiqomah Sumenep (lembaga penulis sewaktu kecil), yang menurut pendapat penulis (asumsi sementara), perubahan tersebut adalah perubahan ke arah yang makin buruk (mengalami dekadensi). Hal ini (masih menurut penulis), dilatarbelakangi oleh ketidak sadaran sebagian guru untuk melakukan inovasi pengelolaan kelas di Yayasan Al Istiqomah Sumenep.

Berdasarkan hal yang sangat sederhana itulah, penulis kemudian berupaya untuk menjajaki lebih jauh lagi tentang Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Yayasan Al Istiqomah dan Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Kedinamisan Pembelajaran Yayasan Al Istiqomah.

Penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya dari itu merupakan data tambahan untuk memperkuat kredibilitas penelitian ini seperti dokumen-dokumen yang ada di Yayasan Al Istiqomah yang berhubungan dengan penelitian yang peneliti lakukan, diantaranya adalah kepala sekolah, guru serta siswa-siswi Yayasan Al Istiqomah Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan, terhitung sejak permohonan riset dikeluarkan oleh pihak STITA pada tanggal 10 Mei 2017 s/d 12 Juni 2017. Selanjutnya, untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang mendalam dan trianggulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses atau pelaksanaan inovasi pengelolaan kelas MTs Nurul Yaqin berjalan secara fluktuatif. Ini terlihat dari perilaku siswa-siswi Yayasan Al Istiqomah yang saat ini telah mengalami kemerosotan dalam belajar. Hal ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembaharuan yang dilakukan oleh sebagian guru, sehingga mereka melakukan hal-hal yang menunjukkan ketidaksemangatan dalam belajar terutama di dalam kelas. Sehingga, problema tersebut  perlu disikapi dan ditanggulangi secara serentak oleh semua pihak. Terutama oleh pihak sekolah, dan ini membutuhkan kerja sama antar semua pihak yang terkait.