banner

Tips Menjadi Orang Yang Baik

Menjadi orang baik
Tips Menjadi Orang Yang Baik - Dalam kitabnya, Imam Al Ghazali menjelaskan tentang sebuah nasehat. 

Berbicara tentang nasihat, aku melihat diriku tak pantas untuk memberikannya. Sebab, nasihat seperti zakat. Nisab-nya adalah mengambil nasihat atau pelajaran un­tuk diri sendiri. Siapa yang tak sampai pada nisab, bagaimana ia akan mengeluarkan zakat? 

Orang yang tak memiliki cahaya tak mungkin dijadikan alat penerang oleh yang lain. Bagaimana bayangan akan lurus bila kayunya bengkok? 

Allah Swt. mewahyukan kepada Isa bin Maryam, “Nasihatilah dirimu! Jika engkau telah mengambil nasihat, maka nasihatilah orang-orang. Jika tidak, malulah kepada-Ku.” Nabi kita saw bersabda, “Aku tinggal­kan untuk kalian dua pemberi nasihat: yang berbicara dan yang diam.”

Pemberi nasihat yang berbicara adalah Alquran, se­dangkan yang diam adalah kematian. Keduanya sudah cukup bagi mereka yang mau mengambil nasihat. 

Siapa yang tak mau mengambil nasihat dan keduanya, bagai­mana ia akan menasihati orang lain? Aku telah menasi­hati diriku dengan keduanya. Lalu aku pun membenar­kan dan menerimanya dengan ucapan dan akal, tapi tidak dalam kenyataan dan perbuatan. 

Aku berkata pa­da diri ini, “Apakah engkau percaya bahwa Alquran merupakan pemberi nasihat yang berbicara dan juru na­sihat yang benar, serta merupakan kalam Allah yang di­turunkan tanpa ada kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya?” 

Ia menjawab, “Benar.” 

Allah Swt. berfirman, “Siapa yang menginginkan kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepadanya balasan amal perbuatan mereka di dunia dan mereka di dunia ini tak akan dirugikan. Mereka itulah yang tidak akan memperoleh apa-­apa di akhirat kecuali neraka. Dan gugurlah semua amal per­buatan mereka serta batallah apa yang mereka kerjakan” (Q.S. Hud: 15-16). [Bidayatul Hidayah, bab nasehat]

Untuk menjadi orang baik, tentu kita harus berani berubah. Berubah itu memang tidak mudah, namun jika tidak mencoba melawan rasa tidak mudah itu, kapan lagi. Cobalah untuk menjadi lebih baik dijalan Allah.

Berusahalah, niatkan dan jangan anggap semua berat, Apa sih yang tidak berat, semua perubahan itu butuh proses dan masa penyesuaian terhadap hal yang baru yaitu menjadi lebih baik lagi. Memang sedikit lebih sulit yakin kan dalam hati bahwa kita bisa,
Untuk berubah itu tidak ada yang instan, perubahan butuh proses pengemasan yang sangat baik, supaya kita nantinya istiqomah dalam berhijrah

Berani untuk mencoba dan jangan menunggu untuk siap, kematian tidak menunggu setelah  siap untuk berhijrah, tidakkah diri kita menginginkan kematian setelah diri ini sudah berusaha menjadi lebih baik dijalannya.

Lakukan perlahan demi perlahan sedikit demi sedikit dan ketika sudah terbiasa melakukannya  insyaAllah kita akan merasa ada kehilangan dalam diri kita ketika kita tidak  melakukannya