banner

Pentingkah Mahasiswa Ikut Ber Pmii?

Pmii
Entah, bagaimana ceritanya dulu saya bisa ikut Pmii. Padahal tidak pernah ikut Mapaba, tidak pernah mengajukan proposal untuk menjadi anggota, tidak pernah dapat sertifikat Pmii. Hanya saja, teman-teman dan sahabat gerombolan saya di kampus, rata-rata aktif di dalam organisasi ekstra kampus terbesar ini. 

Mungkin ini adalah efek "berteman dengan pedagang minyak akan kecipratan harumnya, berteman dengan pandai besi akan ketularan baunya". Anggaplah begitu kira-kira. Sehingga pada ahirnya, meskipun bukan termasuk anggota, sayapun ikut menjadi bagian dari Pmii, anggaplah sebagai relawan atau partisipan. Sebab, dimana ada kegiatan Pmii disitulah saya ikut nimbrung. Kecuali satu, demo. Karena saya alergi sekali yang namanya demo.

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau juga dikenal dengan Pmii, merupakan suatu organisasi ekstra kampus yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam membela bangsa dan Negara serta menjadi penegak agama. 

Pmii adalah bagian dari Nahdatul Ulama  yang lahir dari kandungan IPNU dan didokumentasikan di Surabaya pada tanggal 17 April 1960. Pada tahun itulah kemudian dikenal sebagai hari kelahiran PMII.

Untuk bergabung di PMII, mahasiswa harus mengikuti kegiatan MAPABA ( masa penerimaan anggota baru), yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan untuk menguji peserta baru sejauh mana kemampuan mahasiswa dan kesungguhan mahasiswa untuk ikut ber Pmii. MAPABA Pmii merupakan fase orientasi dan pengenalan awal PMII kepada mahasiswa, dalam rangka rekrutmen mahasiswa untuk menjadi anggota Pmii.

Namun, sebelum ikut Pmii. Tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri. Apa tujuan ikut Pmii?, pentingkah Pmii menjadi bagian dari aktivitas anda sebagai mahasiswa? Jawabannya, tentu ada pada anda sendiri.

Menurut saya, pentingnya ber Pmii adalah tentang bagaimana kita bisa terlibat dalam siklus perubahan sosial menuju keadaan yang lebih baik, serta bagaimana kita mengembangkan kemampuan diri. Dengan ikut sebuah organisasi mahasiswa, tentu manfaatnya banyak sekali untuk masa depan.