Masjid Baiturrozaq Citraland

Masjid Baiturrozak
Masjid Baiturrozak adalah salah satu masjid yang berada di kawasan perumahan elit Citraland Surabaya, masjid yang cukup mewah,  Masjid ini posisinya dekat dengan Universitas Ciputra, bisa juga dari Jalan Raya Lontar lurus sampai lampu merah mentok ketemu masjid, dekat juga dengan rumah perkampungan warga. Bisa juga dari arah Universitas Negeri Surabaya (IKIP Lidah). Sekilas memang model bangunan tidak seperti masjid pada umumnya, tapi di depan gedung ada menaranya, sehingga nampak sebuah masjid.
Daya tampung masjid ini ruang utama bisa menampung seribu jamaah, sementara basement juga bisa dipakai sholat, khususnya waktu sholat jumat jamaahnya meluber, saat dhuhur dan ashar kebanyakan yang sholat para pekerja dan orang-orang yang lewat. Mereka datang dan pergi. Jumlah jamaah sholat dhuhur dan ashar pada hari-hari biasa bisa mencapai seratus orang. Meski hanya dua shof tapi ruang utama masjid sangat luas.

Jika waktu maghrib dan isya' jumlahnya semakin berkurang karena para pekerja sudah mulai pulang. Berbeda halnya dengan sholat subuh, jamaahnya didominasi oleh warga muslim perumahan Citraland. Jumlah mereka sekitar 50 orang, 
Di kawasan ini juga telah terbentuk komunitas muslim Citraland, mereka sebulan sekali mengadakan kajian islam dengan Ustad dari luar. Kegiatan ini untuk memakmurkan masjid dan mempererat silahkan ukhuwah diantara mereka.

Pengurus Masjidnys bernama Pak Lukman. Selain sebagai pengurus masjid Baiturrozak, Pak Lukman juga memiliki masjid di kampung asalnya, Gunungsari, Baureno, Bojonegoro. Masjid itu warisan bapaknya yang telah tiada, dan kini beliau bersama saudara-saudara yang meneruskan mengelolanya. Beliau bercerita bagaimana kiat menarik orang sholat jamaah ke masjid di kampungnya, dengan gerakan SURGA (sholat subuh bersama keluarga). Sangat inspiratif suatu saat akan ditulis dalam edisi yang berbeda dan bisa dicontoh.