Kitab Jurumiyah Bab Kalam

Kitab jurumiyah bab kalam
Kalam dalam kitab-kitab nahwu, sering dibahas paling awal. Termasuk juga dalam kitab jurumiyyah ini. Salah satu kitab yang banyak digunakan di sekolah-sekolah maupun pesantren.

Kali ini kita akan belajar memahami lebih jauh tentang makna kalam dalam ilmu nahwu walaupun sebelumnya juga pernah membahas hal ini. Nadzamannya adalah sebagai berikut :


أَنْوَاعُ اَلْكَلَامِ


اَلْكَلَامُ : هو اَللَّفْظُ اَلْمُرَكَّبُ, اَلْمُفِيدُ بِالْوَضْعِ 

وَأَقْسَامُهُ ثَلَاثَةٌ : اسم وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنًى 

فَالِاسْمُ يُعْرَفُ بالخفض وَالتَّنْوِينِ, وَدُخُولِ اَلْأَلِفِ وَاللَّامِ, وَحُرُوفِ اَلْخَفْضِ, وَهِيَ مِنْ, وَإِلَى, وَعَنْ, وَعَلَى, وَفِي, وَرُبَّ, وَالْبَاءُ, وَالْكَافُ, وَاللَّامُ, وَحُرُوفُ اَلْقَسَمِ, وَهِيَ اَلْوَاوُ, وَالْبَاءُ, وَالتَّاءُ 

وَالْفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ, وَالسِّينِ وَسَوْفَ وَتَاءِ اَلتَّأْنِيثِ اَلسَّاكِنَةِ 

وَالْحَرْفُ مَا لَا يَصْلُحُ مَعَهُ دَلِيلُ اَلِاسْمِ وَلَا دَلِيلُ اَلْفِعْلِ.


Pada bab pertama dalam kitab jurumiyah dibahas tentang Macam-macam Kalam. Mengenai pengertian kalam sesuai nadzaman di atas  :

"Kalam ialah terdiri dari lafadz, murokkab, mufidz, wadha'.

Penjelasan : Sesuatu dikatakan sebagai ucapan atau perkataan (kalam) apabila apa yang di ucapkan itu mengandung empat unsur kalam di atas (lafadz murokkab mufidz wadha'). Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan mengenai pengertiannya masing-masing.

Pengertian Lafadz adalah pengucapan. Sebagaimana ketika kita melafadzkan huruf-huruf dalam Al Qur'an.

Pengertian Murokkab ialah perkataan itu tersusun dari dua kalimat atau lebih. Maka, jika perkataan itu hanya satu kalimat atau kurang dari dua kalimat maka namanya bukan kalam.

Pengertian Mufidz artinya adalah perkataan atau ucupan itu bisa di mengerti, sehingga yang mendengarkan sudah faham dan tidak membutuhkan pertanyaan lagi.

Pengertian Wadha' maksudnya, apa yang kita ucapkan itu dilakukan dalam keadaan sengaja. Bukan mengingau, bukan asal ucap. Tetapi perkataan yang dilontarkan memang benar benar disengaja.

Kesimpulannya, apabila ada sebuah suara yang tidak memenuhi unsur di atas, maka itu bukan kalam. Seperti suara burung, suara musik, suara ombak di laut, dan lain sebagainya.

"Kalam terbagi tiga, isim fi'il, huruf"

Isim dapat diketahui dengan tanda khafadh, tanwin, dan kemasukan alif dan lam. Huruf khafadh itu adalah : 
مِنْ, وَإِلَى, وَعَنْ, وَعَلَى, وَفِي, وَرُبَّ, وَالْبَاءُ, وَالْكَافُ, وَاللَّام
dan huruf qasam (sumpah) yaitu waw, ba dan ta.

Fiil dapat diketahui dengan tanda-tanda fiil. Yaitu :
ِقَدْ, وَالسِّينِ وَسَوْفَ وَتَاءِ اَلتَّأْنِيثِ اَلسَّاكِنَة


Sedangkan Huruf itu adalah sesuatu yang tidak bisa dimasuki tanda-tanda fiil dan tanda-tanda isim.