Contoh Dan Cara Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan
Contoh Dan Cara Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan

Contoh Dan Cara Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan


Surat Permohonan Bantuan Dana pendidikan sering  kita dengar dengan sebutan bantuan Dana Beasiswa. Surat ini ditujukan untuk seseorang / lembaga/pihak pemerintah/instansi dengan harapan dapat mengabulkan permohonan untuk memberikan bantuan berupa dana untuk pendidikan.bjika seseorang menerima dana bantuan pendidikan dari suatu instansi  atau lembaga tertentu, maka proses pendidikan yang dijalaninya akan lebih lancar dan meringankan beban biaya selama ia menempun pendidikan.

Lalu bagaiamana cara membuat Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan sekolah, atau Permohonan Bantuan Dana Pendidikan biaya kuliah? Perhatikan contoh dibawah ini :

Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan



MAHASISWA PROGRAM STRATA SATU (S1)
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya


Hal      : Permohonan  Bantuan Dana Pendidikan
Lamp  : 5 lembar


Kepada Yth.
Bapak Bupati_______________
di
Tempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Doa dan harapan saya mudah-mudahan Bapak senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT dan sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amiin.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : 
NIM                :  12345677910
Jurusan          :  Syari’ah
Prodi              :  Akuntansi Syari’ah
Sekolah          :  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 
Alamat       : alan Ahmad Yani No. 117, Jemur Wonosari, Wonocolo, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60237

Dengan ini memohon kepada Bapak untuk dapat memberikan bantuan dana pendidikan, demi kelanjutan pendidikan yang sedang saya jalani. Adapun anggaran dana yang saya butuhkan selama dalam pendidikan sebagaimana terlampir.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak berikut saya lampirkan:
1.       Surat Keterangan Aktif Kuliah
2.       Surat Rekomendasi
3.        Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain
4.       Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5.        Foto Copy Kartu Hasil Studi (KHS) Semester 5
6.        Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Wali Nagari
7.        Foto copy Kartu Keluarga

Demikianlah surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.

Billahi Taufiq Walhidyah,
Wassalamu'alaikum Wr . Wb.



Surabaya, 26 Maret 2018
   Saya yang bermohon,


Nama Mahasiswa
NIM. 09 203 011




PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN DANA PENDIDIKAN STRATA SATU ( S.1 )

A.    Dasar Pemikiran

Pendidikan dan ilmu merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan seseorang. Ini merupakan suatu hal utama yang harus dikembangkan agar sumber daya manusiabisa meningkat juga akan membangkitkan harkat hidup masyarakat. Kualitas diri seseorang yang memang memiliki potensi atau sumber daya manusia dapat diukur dengan sejauh mana pendidikan yang telah ia terima dan ilmu yang dimilikinya. Di mana seseorang yang berilmu dan berpendidikan cenderung akan menampilkan sikap dan perilaku serta memiliki wawasan yang berbeda dengan orang yang kurang berpendidikan atau tidak berpendidikan sama sekali. Pendidikan yang dimaksud pun bukan hanya pendidikan formal tapi juga pendidikan non-formal. Namun pendidikan formal mempunyai andil yang sangat besar dalam rangka proses pengembangan diri dan peningkatan kualitas ilmu serta intelektual seseorang yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Dalam era globalisasi dan pasar bebas saat sekarang ini yang semakin hari semakin maju dan penuh persaingan, kualitas pendidikan dan ilmu yang didapatkan seseorang mempunyai korelasi yang sangat erat dengan kemajuan suatu bangsa dan negara. Di mana kemajuan pendidikan menjadi tolak ukur dalam menilai tingkat kesehatan dan kesuksesan suatu bangsa. Lembaga pendidikan yang bonafit dan memiliki manajemen yang bagus dan terorganisir secara sistematis akan dapat menghasilkan sumber daya yang berkualitas. Ini merupakan produk sekalipun aset daerah yang harus didukung dan diberikan stimulus untuk dapat melakukan perkembangan ke arah yang lebih baik yang pada akhirnya akan membawa kemajuan terhadap daerah itu sendiri.

Hal ini juga sejalan dengan prinsip yang terdapat pada Undang-Undang No. 20 Tahun 1990 tentang Otonomi Daerah, dimana daerah harus mampu berkompetisi dengan daerah lain dalam rangka meningkatkan dan memproduktifkan semua sumber daya alamnya yang merupakan salah satu sumber pendapatan yang terbesar bagi daerah. Maka dalam hal ini, dibutuhkanlah sumber daya manusia yang berkualitas dan profesionalitas, memiliki skill dan ilmu pengetahuan yang memadai agar dapat menggelola segala sumber daya yang ada. Untuk itu dalam mewujudkan hal ini, sangat dibutuhkanlah  biaya atau dana yang tidak sedikit dalam mencapainya, serta dituntut adanya usaha dan kerja sama dari setiap manusia terhadap sesamanya agar tujuan tersebut dapat tercapai lebih maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sejalan dengan itu, saya merasakan dan memahami arti pentingnya ilmu dan pendidikan, sehingga hal itu telah mendorong saya untuk terus melanjutkan pendidikan sampai saat sekarang ini. Pendidikan formal adalah untuk dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang lebih mendalam dan luas lagi yang diiringi dengan iman dan taqwa serta mengharapkan ridha dari Allah SWT.

Akan tetapi dalam proses perjalanannya sangatlah dibutuhkan kesungguhan, usaha keras dan dana  yang tidak sedikit pula dalam rangka membentuk diri menjadi manusia yang bekualitas sebagaimana yang dimaksudkan di atas sehingga dapat menjadi aset daerah yang diperhitungkan serta akhirnya diharapkan mampu menjadi seorang insan yang bertanggung jawab terhadap terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur yang diridhai Allah Swt.

B.     Tujuan

Adapun tujuan penulis menyelesaikan program strata satu adalah :
1.      Menjadikan sarjana yang memiliki pengetahuan yang luas serta diiringi dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
2.      Menjadi sarjana Akuntansi yang benar-benar mengerti dan paham dengan seluruh persoalan Akuntansi  yang sesuai dengan syari’ah Islam.
3.      Menjadi Akuntan yang berkualitas dan berwawasan luas, yang berpedoman pada syari’at Islam.
C.    Anggaran Dana

Adapun anggaran dana yang dibutuhkan dengan rincian sebagai berikut :

Biaya Semester  1 tahun                                             Rp  1.800.000,-
Biaya Buku dan Sarana lainnya                                  Rp  4.500.000,-
Biaya Transportasi                                          Rp  3.000.000,-
Biaya Lain-lain                                                            Rp  1.200.000,-
Jumlah                                                             Rp.10.500.000.-
Terbilang: Sepuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah



D.    Penutup

Demikianlah Proposal Bantuan Dana Pendidikan ini saya buat dengan semestinya, besar harapan saya Bapak dapat membantu, atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih dan semoga menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT. Amiin.
Billahitaufiq Walhidayah,
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.   



                                                                         Surabaya, 26 Maret 2018
                                                                         Saya yang bermohon,


                                                                                 Mahasiswa
                                                                             NIM. 123456789

Admin
Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan.