Beasiswa

Tahnik Cara Belajar Komputer Otodidak Dari Nol Sampai Bisa

cara komputer
Belajar Komputer, bisa dibilang mudah namun juga bisa dibilang sulit. Semua tergantung bakat, niat, kemauan, serta kebiasaan seseorang yang ingin menguasai komputer. Dengan kemajuan teknologi pada saat sekarang, mau tidak mau, sedikit demi sedikit, seseorang akan dituntut dengan sendirinya untuk menguasai teknologi walaupun secara tidak penuh. Seperti calon guru, Pns, karyawan dsb.

Salah satu yang paling berperan dalam dunia teknologi adalah komputer. Apalagi sekarang jamannya internet. Untuk belajar dan menguasai komputer, seseorang bisa dengan melakukan banyak cara. Ada yang melalui pelajaran komputer di sekolah, dengan membaca buku, ikut kursus dan pelatihan komputer, maupun belajar secara otodidak. 

Cara belajar Komputer yang baik bagaimana?

Semua cara sama-sama baik. Kalau anda senang dengan otodidak, belajarlah komputer dengan otodidak dari nol. Kalau senang dengan belajar dari buku, belajarlah komputer dari buku. Kalau senang dengan bimbingan kursus, ikutlah dan belajarlah dari lembaga-lembaga kursus yang ada.

Secara garis besar, belajar dan bisa menguasai komputer dapat dilakukan dengan cara :
1. Pendidikan di sekolah
2. Ikut kursus atau pelatihan
3. Membaca dari buku
4. Bakat atau kebiasaan 
5. Melihat/memperhatikan teman yang bermain komputer
6. Otodidak

Hal-hal yang paling penting dalam belajar memgoprasikan komputer :
- Paham hardware software
- Paham fungsi menu-menu yang ada di komputer
- Microsoft  word, excel, power point.
- Bisa mengetik
-dll

Disini, saya ingin menekankan pada tentang belajar komputer secara otodidak tanpa buku tanpa modul tanpa guru, dimulai dari nol, langsung praktek sendiri, hingga bisa. Insyaallah, dengan izin Allah. Anda bisa mengoprasikan komputer. 

Belajar Komputer Secara Otodidak

Apa bedanya belajar komputer secara otodidak dengan belajar secara formal? Bedanya, kalau belajar formal, cara mempelajarinya harus sistematis. Kalau belajar otodidak, tergantung kemauan orangnya. Langsung pasang niat dan kemauan serta usaha dan kesabaran.

1. Lupakan teori-teori, langsung praktek

Karena tujuan belajar komputer secara otodidak disini adalah agar bisa mengoprasikannya, maka lupakan teori-teori tentang komputer, agar anda cepat menguasainya. Lupakan tentang hardware software. Jadi langsung praktek. Masalah istilah istilah dan nama-nama menu yang ada didalamnya, nyusul belakangan.

2. Punya komputer / Laptop sendiri. 

Usahakan jangan pinjam atau menyewa maupun ke warnet. Karena belajar komputer tidak hanya dilakukan satu atau dua kali. Tapi berkali-kali. Kecuali ikut kursus.

3. Mulai dari yang anda senangi

Untuk menghindari kebosanan saat anda belajar komputer secara otodidak. Mulailah dari hal-hal yang disenangi. Seperti mengetik dengan 10 jari, menggunakan microsoft word, atau yang lainnya. Tak perlu sistematis. 

4. Jadikan kebiasaan dan sering berinteraksi

Bisa karena terbiasa, kemudian sering berinteraksi dengan komputer akan mempercepat bisa menguasi komputer meskipun tanpa memahami istilah-istilah dalam ilmu komputer.

Empat poin di atas hanyalah tips bagi anda yang ingin belajar komputer secara otodidak. Tentunya masih banyak tips dan cara diluar sana yang dapat dijadikan bahan motivasi.

Pengalaman saya belajar komputer, semua sudah pernah dicoba. Hanya saja yang paling menyenangkan adalah belajar sendiri (Otodidak). Di sekolah dulu dengan bimbingan guru TIK. Pernah ikut kursus Dhoulipz Komputer Cours selama 3 bulan. Pernah ikut pelatihan PSPU yang diadakan Dharmais selama 2 bulan. Jadi, intinya harus sabar dan berusaha dalam belajar agar bisa mengoprasikan komputer.