Beasiswa

Hukum Mad Tamkin Dan Contoh Dalam Al Qur'an

mad tamkin
Pengertian Mad Tamkin adalah mad yang huruf ya ( ي )  bertasydid atau berharkat berkasroh ( يِّ ). Cara membaca Mad Tamkin adalah dengan panjang 2 harakat.

Dilihat dari segi  bahasa Mad Tamkin adalah cara untuk memanjangkan bacaan Mad pada Wawu dan  Ya ketika  bertemu dengan huruf hijaiyah yang sama baik itu dari segi sifat dan juga dari segi mahrajnya. Satu berharokat sukun dan yang lainnya berharokat

Kesimpulannya, Mad tamkin ialah mad yang terdiri dari 2 huruf “ya” yang bertemu dalam satu kalimat, sedangkan yang pertama berbaris kasrah dan bertasydid , dan yang kedua mati(sukun). Contoh : عِتِيِّيْنَ , عِلِيِّيْنَ ,حُيِّيْتُمْ ,نَبِيِّيْنَ


Ketentuan dalam Mad Tamkin

- Apabila ada huruf hijaiyah yang berharakat Kasrah bertemu dengan huruf hijaiyah Ya Sukun ( يْ ), dan huruf hijaiyah sesudahnya adalah Ya yang Berharakat  fathah, kasroh, dhammah ( يَ , يِ , يُ  )

Apabila ada huruf hijaiyah yang berharakat Dhammah  bertemu dengan huruf Waw sukun ( وْ ), dan sesudahnya yaitu Wawu Berharakat fathah dhammah maupun kasroh (  وَ, وِ, وُ  )


Cara Membaca  Mad Tamkin

Cara membaca Mad Tamkin ialah dengan menetapkan bunyi tasydid pada huruf ya’ yang pertama. Kemudian bacaan dipanjangkan saat menghadapai huruf maddnya, yaitu huruf ya’ yang kedua bertanda sukun.

Panjang bacaannya adalah dua harokat atau satu alif. Namun, apabila setelah ya’ ada satu huruf yang di waqofkan pada huruf tersebut , maka membacanya boleh dua, empat atau enam harokat, hal ini lantaran karena hukum bacaan pada akhir kata menjadi madd aridl lis sukun.

Contoh Mad Tamkin dalam Al Quran

Surat ali-imron ayat 21
وَٱلۡأُمِّيِّـۧنَ 
Surat ali-imron ayat 20
رَبَّـٰنِيِّـۧنَ 

Surat Ali 'Imran 3: Ayat 79

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُؤْتِيَهُ اللَّهُ الْكِتٰبَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا عِبَادًا لِّى مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلٰكِنْ كُونُوا رَبّٰنِيِّۦنَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتٰبَ وَبِمَا كُنْتُمْ تَدْرُسُونَ