Beasiswa

Cara Belajar Menguasai Mengetik Cepat Dengan 10 Jari Langsung Bisa

10 jari tangan



Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat sebenarnya sangatlah mudah.  Anda tidak perlu ikut kursus atau dan juga tidak perlu komputer. Cukup belajar di rumah. Tidak butuh kepintaran untuk mahir dalam mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard. Karena ini hanyalah sebuah keterampilan dan kebiasaan. Bahkan dengan dua jari pun, ada juga seseorang yang bisa mengetik dengan cepat. Hanya saja bedanya, kalau 10 jari kita bisa mengetik cepat tanpa melihat keyboard, sementara dua jari harus melihatnya.

Untuk belajar menggunkaan teknik 10 jari ini di butuhkan ketelitian saat meletakkan jari pada keyboard. Untuk masalah rumus 10 jarinya, nanti akan dijelaskan dibawah. Kita awali terlebih dahulu dengan trik dan tipsnya, agar cepat bisa mengetik dengan 10 jari, berdasarkan pengalaman pribadi.

Hal-hal yang dibutuhkan dalam belajar Mengetik Cepat  Dengan 10 Jari hanya satu saja, tidak perlu buku panduan atau alat-alat komputer lainnya. Kecuali hanya KEYBOARD KOMPUTER. Baik yang masih dalam keadaan baik ataupun rusak. Kalau tidak punya, bisa pinjam punya teman atau beli keyboard bekas atau cari di tempat-tempat rongsokan. Silahkan bawa kemana-mana itu keyboard sambil dibiasakan.

Rumus 10 Jari :

Agar cepat bisa mengetik dengan 10 jari langsung bisa, anda tinggalkan dulu kode-kode keyboard yang jarang digunakan. Seperti Caps Lock, Shift, f1, f2, dan sebagainya. Anda cukup fokus pada huruf-huruf dan angka-angka serta tanda titik dan koma. Untuk yang lainnya yang jarang digunakan tinggal menyusul,. Rumusnya :


JARI TANGAN KIRI

Jempol: SPACE (spasi)

Telunjuk: menekan tombol F, G, V, B, R, T, 5,  

Tengah: menekan tombol D, C, E, 4

Manis: menekan tombol S, X, W, 2 , 3

Kelingking: menekan tombol A, Q, Z, 1


JARI TANGAN KANAN

Jempol (Ibu jari): SPACE (spasi)

Telunjuk: J, H, M, N, U, Y, 8, 7

Tengah: K, I

Manis: L,  O, 9

Kelingking: P, 0, ENTER

Letakkan jari-jari anda sesuai dengan rumus diatas. Kalau masih bingung, langsung saja praktek. Caranya : dalam pengetikan, urut saja dari kiri ke kanan dengan mengikuti tombol-tombol keyboard. Seperti :  1 2 3 4 5 6 dst. Q W E R T dst. A S D F dst. Z X C V B dst. Dimulai dari jari  tangan kiri : KELINGKING-JARI MANIS-JARI TENGAH-TELUNJUK-IBU JARI.  Kemudian jari kanan : IBU JARI-TELUNJUK-JARI TENGAH-JARI MANIS-KELINGKING. Di mulai dari atas :

JARI KIRI            geser ke                           JARI KANAN

1 2 3 4 5                  -                                      6 7 8 9 0

Q W E R T               -                                     Y U I O P

A S D F G                -                                      H J K L ;

Z X C V B                -                                       N M , .


Dalam Mengetik Cepat  Dengan 10 Jari pada bagian huruf dan angka. Jari telunjuk mempunyai dua fungsi saat anda menggeser dari kiri ke kanan. Contoh, pada barisan huruf di keyboar urutan tengah. Maka fungsi telunjuk menekan huruf F dan G – H dan J. Lihat rumus di atas. Lakukan pengetikan dari kiri  ke kanan dengan dibiasakan setiap hari.