Beasiswa

Wanita Berkerudung Tapi Rambut Keluar

rambut terurai
Sering kita mendapatkan seorang wanita muslimah mengenakan kerudung yang menutupi kepala, namun berpakaian tipis, transparan, atau ketat sehingga menampakkan lekuk tubuhnya. Dan juga ada yang berkerudung atau berjilbab, namun rambut dikeluarkan

Fenomena inilah yang mulai menjamur dan membingungkan, katanya : masih mending pakai jilbab gaul daripada tidak memakai sama sekali. Ada juga yang beralasan : masih dalam tahap belajar. Dan alasan lainnya, yang terkesan benar, namun sejatinya sangat-sangat jauh dari kebenaran. Karena seorang muslim dituntut untuk menjalankan agama secara total dan sempurna.

Bagaimana Islam Memandang Fenomena berjilbab namun beberapa helai rambut atau rambut bagian depannya dibiarkan keluar? adakah dosa Dibalik Jilbab?

Jikalau kita cermati, jilbab yang dipakai oleh wanita muslimah itu bermacam-macam. Ada jilbab besar, jilbab biasa, dan jilbab gaul dll. Jilbab besar adalah jilbab syar’i, yaitu jilbab yang menutup seluruh aurat, tidak menjadi perhiasan dan pusat perhatian, tidak tipis, tidak ketat, tidak menyerupai lelaki, tidak menyerupai wanita-wanita kafir, tidak berparfum, dan bukan termasuk pakaians yuhrah.

Berjilbab namun rambut keluar sekarang lagi tren terutama remaja anak sekolahan. Dan bagimana hukumnya ?

Jilbab harus memenuhi beberapa syarat agar sah dipakai wanita muslimah :

1.Busana(jilbab)itu harus dapat menutupi tubuh wanita, kecuali muka dan telapak tangan sampai kepergelangan tangan.

2.Busana itu tidak mengandung suatu hiasan yang menarik perhatian orang saat ia kluar rumah atau tidak untuk perhiasan kecantikan dan tidak berbau kewangi wangian.

3.Busana itu tidak tipis terawang yang karenanya warna kulit dapat terlihat dibalik busana tersebut.

4.Busana itu tidak sempit atau ketat yang karenanya dapat membentuk bagian bagian tubuh

5.Busana itu tidak menyerupai pakaian laki laki dan tidak menyerupai pakaian pakaian wanita non muslim(kafir)

6.Busana itu tidak menampakkan betisnya atau kakinya, atau celana panjang yang membentuk kakinya, dan kedua telapak kakinya harus tertutup.

7.Busana itu tidak menampakkan rambutnya walau sedikit, Karena rambut wanita adalah termasuk aurat dan tidak pula menampakkan lehernya.

Jadi hukumnya bisa disimpulkan hukumnya belum sempurna menutupi aurat karena rambut terlihat diatas dahi tidak sesuai dengan aturan atau syarat sah nya berjilbab ataupun kaidah dalam berbusana muslim. 

Agar rambut diatas dahi tidak terlihat dan berantakan. Dapat mengenakan jilbab sekaligus menggunakan ciput (dalaman jilbab dgn ciput), InsyaaAllah rambut tidak terlihat dan dapat menutup aurat rambut dengan baik. Semoga dgn ini kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari hari.