Tashrif Ishtilahy Dan Tashrif lughawi
Tashrif Ishtilahy Dan Tashrif lughawi

Tashrif Ishtilahy Dan Tashrif lughawi

belajar tashrif
Ilmu Sharaf terkadang kita menyebutnya ilmu tashrif/tashrifan yang secara bahasa memiliki arti perubahan. Tashrif disini memiliki makna perubahan  dari satu kondisi ke kondisi lain dan dari satu keadaan kepada keadaan yang lain. 

Dalam ilmu sharaf itu, terutama yang punya kitab amtsilatut tashrif yang sering digunakan di sekolah atau di pesantren. Didalamnya ada dua istilah tashrif. Tashrif Ishtilahy Dan Tashrif lughawi.

Tashrif menurut bahasa adalah berubah/mengubah sesuatu benda dari bentuk asalnya, seperti mengubah bentuk perpus atau meja dan sebagainya. Tashrif adalah perubahan kata dari bentuk asal kata kerja menjadi bentuk-bentuk yang lain. Ilmu sharaf  juga sering disebut dengan ilmu tashrif  karena intinya adalah mempelajari tashrif. 

Menurut istilah, adalah mengubah bentuk asal kepada bentuk-bentuk yang lain untuk mencapai arti yang dikehendaki yang bisa tercapai dengan adanya perubahan.

Tashrif ada dua macam:

1. Tashrif Ishtilahy (  حِي صْطِلَا لإِ ا يْفَالتَصْرِ)

Tashrif ishthilahy adalah perubahan kata yang didasarkan pada perbedaan bentuk katanya.Perubahan bentuk dari bentuk asli (fi’il madhy) ke bentuk mashdar, isim fa’il hingga fi’il amar adalah yang dimaksud dengantashrif  ishthilahy. 

Contoh Tashrif Ishtilahy, anda dapat melihat kitab amtsilatut tashrif. Disana lengkap dengan wazan dan mauzunnya serta tiap-tiap perubahannya. "Fa'ala yaf'ulu fa'lan...dst. Nashoro yanshuru nashron...dst."

2. Tashrif Lughawi (ي اللُّغَوِ يْقُ تَّصْرِ ا )

Tashrif lughawi adalah perubahan kata yang didasarkan pada perubahan jumlah dan jenis pelakunya. Pernah dengar هُوَ هُمَا هُمْ.... dst? Itulah yang di maksud Tashrif Lughawi. Jumlahnya ada 14 dhomir

Perubahan Tashrif lughawi  ke bentuk kata dan jenis-jenis yang berbeda berdasarkan jumlah(mufrod, tatsniyah, jamak) dan jenis(mudzakkar, muannats) pelakunya. Setiap bentuk kata (fi’il madhy hingga fi’il amar) memiliki tashrif lughawi tersendiri.