Pembunuhan Guru Di Sampang Madura, Catatan Hitam Dunia Pendidikan

Pembunuhan Guru
Lagi-lagi, kita disuguhkan berita, seorang siswa SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang, Jawa Timur menganiaya gurunya sendiri. Budi Cahyono, seorang guru yang telah dianiaya hingga meninggal dunia. . Tindak kekerasan yang dilakukan muridnya, berawal saat gurunya memberikan materi pelajaran seni lukis, karena siswa yang bersangkutan tidak menyimak pelajaran malah justru mengganggu temannya, akhirnya guru kesenian itu mencoret pipinya.

Saya heran dengan siswa tersebut, hanya karena di coret pipinya dengan cat lukis, ia berani memukul memukul gurunya sendiri. Saya dulu waktu masih sekolah dasar, di lempar sandal oleh guru hingga kulit lecet, saya diam-diam saja. Justru saya sadar kalau itu adalah kesalahan saya sendiri.

Tentunya, kejadian pembunuhan guru tersebut. Merupakan catatan hitam dalam dunia pendidikan. Yakni mencoreng nama baik dunia pendidikan. Padahal, dengan pendidikan yang kita tempuh di sekolah, merupakan jalan atau pengantar bagi kita untuk menjalani hidup masa depan. Tidak sadarkah kita, bahwa saat ini kita bisa membaca berkat karena pendidikan di sekolah. Belum lagi pengetahuan atau ilmu-ilmu lain yang kita dapatkan.

Sungguh tidak beradab jika seorang siwa menganiaya gurunya sendiri hingga meninggal dunia. Mungin kita dulu pernah ditampar, dipukul, dilempar dengan sesuatu oleh guru kita. Namun, perbuatan seorang guru itu tentu ada sebabnya. Ya tentu akibat ulah kita sendiri yang mungkin terlalu nakal.

Teringat cerita Mahfudz MD. Saat beliau pernah dipukul oleh gurunya, justru ibunya datang ke sekolah untuk mengucapkan rasa terima kasih. Begitulah seharusnya dunia pendidikan, dimana setiap pelanggaran tentunya ada hukuman. Ketika dihukum oleh guru, bukan melawan, alih-alih sampai menyakiti guru sendiri.

Bagaimanapun, seorang guru adalah orang yang telah mengajari kita, yang memberikan ilmu pada kita. Entah itu guru agama atau guru umum, semuanya sama. sama-sama orang yang mulia. Dalam ta'limul muta'allim kita diajarkan bagaimana supaya ilmu itu didapat. Salah satunya adalah menghormati guru.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner