Pembagian Kata (Kalimat) Dalam Bahasa Arab
Pembagian Kata (Kalimat) Dalam Bahasa Arab

Pembagian Kata (Kalimat) Dalam Bahasa Arab

pembagian kata
Dalam bahasa Arab, ada macam-macam kata yang terbagi menjadi 3 jenis. Dalam bahasa Indonesia ada istilah kata kerja, kata benda, kata bantu, kata tanya dan yang lainnya. Sementara dalam bahasa arab, kata atau kalimat terbagi menjadi 3 macam. Dalam bahasa arab babnya (أَقْسَامُ الْكَلِمَةُ) = pembagian kalimat.

Bahasa manusia tersusun dari tiga komponen  yaitu:

1. Satuan bunyi yang disebut huruf/abjad Contoh: A b c d e f dst.  م - س - ج - د

2. Susunan huruf yang memiliki arti tertentu yang disebut kata. Contoh: masjid, buku, burung, dsb.

3. Rangkaian kata yang mengandung pikiran yang lengkap yang disebut kalimat. Contoh : saya pergi ke pasar untuk beli cendol. Atau contoh lain : أُصَلِّيْ فِي الْمَسْجِدِ = saya shalat di masjid


Dalam tata bahasa Arab, kata dibagi ke dalam tiga bagian. Hal ini sering dibahas dalam ilmi nahwu dan sharaf

A. ISIM ( اِسْم ) atau "kata benda". Contoh:مَسْجِد 

Isim adalah kalimat atau jenis kata yang tidak berkaitan dengan waktu. Isim juga bisa berupa kata benda atau segala sesuatu yang dikategorikan benda mati maupun benda hidup. Contoh kalimat isim : "KURSI" kata benda ini tidak berkaitan dengan waktu. Kapanpun dimanapun dapat menyebutkannya. 


Berbeda dengan kalimat fi'il yang selalu berkaitan dengan waktu / masalah pekerjaan. Contoh : Saya mau pergi. Kata pergi tentunya berkaitan dengan waktu. Kapan mau pergi, jam berapa, dsb.

Contoh-Contoh kalimat isim : النَّافِذَةُ ، المَدْرَسَةُ, عَيْنٌ ، يَدٌّ ، أُذُنٌ ، رِجْلٌ سَحَابٌ ، رِيْحٌ ، النَّارُ; النَّفْسُ ، السَّمَاءُ ، سُوْقٌ ، طَرِيْقٌ ، دَارٌ ، قَمَرٌ ، سَمْشٌ ، اَرْضٌ. مُسْلِمُوْنَ , مُسْلِمِيْنَ, مُسْلِمٌ, بَابٌ , نَافِذَةٌ,هُدٌى ، كِتَابٌ, عَائِشَةُ ، عُمَرُ, اُمُّ الْمؤمنين ، اِبْنُ الْخَطَّابِ ، اَبُوْ حَفْصٍ ,لَقَبٌ , الصِّدِّيْقُ ، الرَّشِيْدُ ، الفَارُوْقُ , اَللّهُم , مُوْسَى ، هُدَى ,الهَادِيْ ، القَاضِي

Isim memiliki beberapa ciri, yaitu sebagai berikut :
¤ Berharokat Tanwin. Contoh : مَثَلاً - طَالِبٌ
¤ Khafad/Jar/Berharokat kasroh. Contoh : بِاللهِ - َبِالإِْسْلاَمِ
¤ Terdapat ال. Contoh : ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ - السَّلاَمُ.
¤ Dengan huruf jar/huruf khafad. مِنْ – إِلَى – عَنْ – عَلَى – فِي – رُبَّ – بِـ – كَا – لِـ. Contoh : ٍ مِنْ بُيُوْتِ اللهِ. Termasuk huruf jar ialah kalimat sumpah : WALLAHI, BILLAHI, TALLAHI.

B. FI'IL ( فِعْل ) atau kata kerja. Contoh:أُصَلِّيْ. Kata/kalimst fiil pun terbagi tiga :

1. Fi'il Madhi 

Fi'il madhi adalah Kata kerja menunjukkan kejadian bentuk lampau, yang telah terjadi sebelum masa berbicara. Seperti : قَرَأَ (Telah membaca)

2. Fi'il Mudhari'

Kata kerja bentuk sedang atau akan dilakukan. Ciri-ciri Kalimat Fi’il Mudhari’ adalah dimulai dengan huruf Mudhoro’ah yang empat yaitu : Alif, Nun, Ya, Ta' أ – ن – ي – ت disingkat menjadi أنيت. Selain itu tandanya bisa dimasuki لَمْ seperti contoh: لَمْ يَقْرَأْ. Perlu diketahui, Fiil mudhari' harus selalu dibaca rofa' apabila tidak dimasuki 'amil nashob dan 'amil jazm.

3. Fi'il Amar

Kata kerja yang menunjukkan perintah untuk melaksanakan pekerjaan. Tanda-tanda Biasanya diawali dengan huruf alif dan huruf akhir berharakat sukun. Contohnya : اُدْخُلْ - إِجْلِسْ

Fi’il amar mabni atas: 
A. Sukun : Apabila huruf akhirnya shahih dan tidak bertemu dengan sesuatu pun. Contoh: اُشْكُرَْ 
B. Membuang Nun : Apabila bersambung dengan alif itsnain atau wawu jama’ah atau ya’ mukhathabah. Contoh: اُشْكُرَا – اُشْكُرُوا – اُشْكُرِي 
C. Membuang huruf ‘illah : Apabila fi'il mudhari'nya mu'tal akhir 
Contoh :  تَعَا  asalnya: تَعَالَى ) 

3. HARF ( حَرْف ) atau kata tugas. Contoh:فِيْ 

Harf atau huruf adalah kata yang memiliki makna yang bisa dimengerti jika disandingkan dengan kata lain. Contoh kata من, إلى, على, فى, dan lain-lain.

Contoh kata في  yang berarti di dalam akan  memiliki makna yang bisa dimengerti jika diikuti oleh kata lain seperti في البيت  yang artinya di dalam rumah.


Itulah pembagian kata dalam bahasa arab.