Contoh Cara Membuat Laporan Kegiatan Usaha

Dalam suatu kegiatan usaha, banyak sekali macam-macam wira usaha yang dapat dilakukan. Dalam dunia usaha, salah satu cara untuk meningkatkan kulitas adalah dengan membuat sebuah laporan kegiatan, dengan adanya laporan kegiatan tersebut akan jelas mengenai keberadaan usaha yang dijalaninya. bagaimana cara membuat laporan usaha? berikut contohnya
Laporan Kegiatan Usaha
Contoh laporan usaha yang sederhana



LAPORAN USAHA
USAHA JUAL BELI BARANG


KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan usaha ini dengan judul  “USAHA JUAL BELI BARANG BERKUALITAS TOKO CELLULER”

Penulisan ini diajukan untuk memenuhi tugas kuliah. Dalam penulisan ini tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan dan nasehat segala hambatan tersebut akhirnya dapat diatasi dengan baik.

Penulis menyadari bahwa laporan usaha ini jauh dari sempurna sehingga penulis membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan pendidikan di masa yang akan datang. Semoga dengan penulisan proposal ini akan memberi dampak yang positif bagi penulis sendiri serta bagi pembaca pada umumnya.


BAB 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan dalam segala bidang kehidupan, salah satunya adalah di bidang perekonomian. Perkembangan perekonomian di Indonesia semakin meningkat seiring dengan semakin majunya sistem informasi yang bergerak cepat sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan semakin pesatnya laju pembangunan, pertumbuhan ekonomi Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan dimana peningkatan tersebut perlu dibarengi pula dengan penambahan sarana dan prasarana sebagai penunjang tercapainya kemakmuran bagi penduduk Indonesia.

Sejalan dengan itu indonesia juga mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat.dengan kemajuan teknologi ini  tentunya dapat  mempermudah atau memaksimalkan penyampaian informasi dari pihak satu ke pihak yang lain.salah satu teknologi yang di gunakan untuk penyampaian informasi  yaitu hadphone ,hadphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi.dengan kecanggihan teknologi pada saat ini,fungsi telepon atau handphone ini sangat luar biasa bukan Cuma untuk komunikasi saja,tetapi juga dapat mengakses internet,sms,berfoto dan juga saling mengirim data.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas banyak sebagian perorangan ataupun lebih yang memilih untuk memnuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan kebutuhan teknologi (handphone)  yaitu membuka usaha berupa konter ataupun berjalan seadanya tanpa ada tempat standby.
Dengan adanya peluang usaha ini saya berencana untuk mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi handphone yang sudah cukup luas dan menyebar dalam masyarakat.Berdasarkan pengamatan yang telah saya lakukan bahwa sebagian besar orang telah menggunakan Handphone sebagai alat komunikasi mereka.

Tidak hanya usia dewasa saja yang menggunakannya, anak kecil pun yang baru masuk sekolah dasar sudah dikenalkan oleh orang tuanya akan alat komunikasi ini ( Handphone). Maksud saya adalah ingin mendirikan usaha jual beli handphone bekas yang masih berkualitas.

Tujuan Usaha
Secara garis besar tujuan usaha yang kami lakukan adalah untuk:
Memperbaiki perekonomian pribadi;
Memberikan pelayanan pada masyarakat;
Sebagai salah satu syarat pemenuhan tugas Mata kuliah kewirausahaan.

Visi dan Misi

Visi
Menuju perusahaan yang memberikan manfaat pada pihak lain.

Misi
Memberikan pelayanan pada konsumen
Menjadikan bisnis sebagai jalinan silaturrahmi antar sesama.

Manfaat Usaha
Sebagai sarana yg memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk membeli Handphone
Memperluas wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam berwirausaha
Menumbuhkan sikap dan perilaku bertanggung jawab atas usaha yang dimiliki.
Menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif di kalangan mahasiswa sehingga diharapkan menjadi sarana pembelajaran serta menambahkan pengalaman wirausaha agar tidak canggung ketika berada di dunia kerja.

BABII
PEMBAHASAN USAHA

2.1 Gambaran Umum Usaha

Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkan. layanan purna jual tidak terbatas hanya pada produk konkrit,produk abstrak. Usaha yang saya jalankan di sini adalah jual beli HandPhone bekas. Saya mencari orang-orang yang ingin menjual Handphonenya yang masih berkualitas baik. Ketika barang sudah cocok baru kami melakukan kesepakatan harga. Semakin rendah harga beli saya terhadap Handphone itu maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan saya peroleh. Ketika sudah sepakat dengan pemilik Handphone, selanjutnya saya memasarkannya kembali kepada orang lain yang membutuhkannya. Setelah menemukan calon pembeli kami melakukan kesepakatan harga hingga sepakat antara kami dan pembeli. Keuntungan didapat melalui selisih antara harga beli dan harga jual.

2.2 STRATEGI PEMASARAN

2.2.1 Target Pelanggan.
Target pelanggan usaha jual beli ini adalah semua orang yang saya kenal baik itu di lingkungan kampus maupun di lingkuhan tempat tinggak saya sendiri.. Dan juga mereka uang menggunakan internet yang tergabung dalam situs jejaring social lainnya.


Pesaing dan Peluang
Pesaing dari Produk ini sangat banyak, akan tetapiharga yang relatif murah dengan kualitas yang baik akan menjadikannnya sebagi peluang besar untuk mendominasi jasa jual beli ini. sehingga menjadikannya bisnis ini akan menadapat profit yang lumayan besar.

Media yang akan digunakan adalah:
Secara Langsung: dari mulut ke mulut
Secara tidak langsung : media sosial Facebook, BBM, Instagram dan lainnya.
Strategi Pemasaran

Produk
Kami berorietasi pada kepuasan pelanggan,maka di sini handphone yang saya tawarkan adalah handphone yang dibutuhkan oleh konsumen. Ketika kebutuhan konsumen telah terpenuhi maka kepuasan mereka akan didapat sehingga mereka puas dengan pelayanan yang kami berikan.
Pendistribusian

Saya tidak hanya melayani jual beli di kota lokal saja tetapi juga kota-kota lain tetap akan saya layani yaitu surabaya,sidoarjo dll. Dan hal itu tentu membutuhkan jasa–jasa pengiriman untuk mengantarkan barang kepada pembeli.jasa pengiriman yang saya gunakan adalah JNE dam pos indonesia.

strategi harga
dalam penetapan harga saya tidak sembarangan menetapkan harga. sebelum menetapkan harga terlebih duu saya melihat kondisi harga pasar sehingga harga yang saya tetapkan tidak jauh dari harga pasaran yang berlaku.

Teknik promosi
Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran terpenting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkan kualitas penjualan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dalam hal memasarkan barang atau jasa dari suatu perusahaan. Promosi yang saya lakukan melalui media sosial,yaitu facebook,line,istagram,twitter dan lain-lain.

Target luaran
Target luaran yang diharapkan dari usaha handphone ini adalah menghasilkan produk yang benar-benar disukai oleh pelanggan dalam hal ini adalah konsumen handphone. Sehingga dengan pelayanan yang saya berikan konsumen akan merasa puas.

Potensi Pengembangan Usaha
Usaha yang saya jalankan masih kurang memuaskan sebab penghasilan yang diperoleh masih di bawah target.saya akan berusaha untuk mengembangkan usaha handphone ini,yaitu dengan meningkatkan pemasaran. Memperluas jaringan marketing.misalnya dari teman ke teman yang lain. Sehingga handphone yang saya jalankan banyak dikenal masyarakat.dengan jaringan pemasaran yang luas usaha handphone ini berpotensi berpenghasilan lebih tinggi dari sebelumnya.

Laporang Keuangan
Berikut informasi terkait keuangan:
Modal Awal Rp. 10.000.000

Toko Celluler
Laporan L/R
Per 31 Maret 2016
Penjualan

3.500.000
Beban:


B.Bensin
450.000

B.Pulsa
75.000-

Total Beban

375.000
Laba

3.125.000

Toko Celluler
Laporan Perubahan Ekuitas
Per 31 Maret 2016
Modal Awal

10.000.000
Prive


Laba
3.125.000 +

Modal Akhir

13.125.000


Toko Celluler
Laporan Neraca
Per 31 Maret 2016
Kas
13.125.000
Hutang
-


Modal Pemilik
13.125.000




Total
13.125.000
Total
13.125.000

BABIII
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis  mendapat sebuah imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Secara etimologi bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

Dengan adanya peluang usaha ini saya berencana untuk mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi handphone yang sudah cukup luas dan menyebar dalam masyarakat. Berdasarkan pengamatan yang telah saya lakukan bahwa sebagian besar orang telah menggunakan Handphone sebagai alat komunikasi mereka.
Tidak hanya usia dewasa saja yang menggunakannya, anak kecil pun yang baru masuk sekolah dasar sudah dikenalkan oleh orang tuanya akan alat komunikasi ini ( Handphone). Maksud saya adalah ingin mendirikan usaha jual beli handphone bekas yang masih berkualitas.

Media yang digunakan untuk mempromosikan adalah:
a. Secara Langsung: dari mulut ke mulut
b. Secara tidak langsung : media sosial Facebook, BBM, Instagram dan lainnya.

3.2 Saran

Dalam berwirausaha tidak akan langsung menjadi berhasil. Semua butuh proses, tanpa ada proses semua tidak akan mungkin terjadi. Usaha adalah kunci sebuah keberhasilan. Sabar merupakan sahabat menuju sukses. Berjuang dan berdo’a adalah jalan menuju kebahagiaan yang menguntungkan kita.. Cara membuat proposal usaha yang baik dan benar