Kkm Fiqih Mts Kurikulum 2013 Kelas VIII Terbaru

Kkm Fiqih Mts
Contoh Kkm Fiqih Mts Kurikulum 2013 Kelas VIII ini merupakan file terbaru yang dapat dijadikan acuan atau contoh dalam melengkapi perangkat pembelajaran Fikih yang akan anda susun. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan.

KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama.  Wajib untuk setiap guru dalam menyusun perangkat pembelajaran termasuk menentukan KKM diawal tahun pelajaran. 

Selain mata pelajaran Fiqih, KKM ini dapat dijadikan contoh kalau ingin membuat KKM mapel yang lain. Langkah awal penentuan KKM yaitu menentukan estimasi KKM di awal tahun pembelajaran bagi mata pelajaran yang diajarkan. Penentuan estimasi ini didasarkan pada hasil tes Penerimaan Siswa Baru (PSB) bagi siswa baru, dan mendasarkan nilai KKM pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya.

Penentuak KKM dapat pula ditentukan dengan menghitung tiga aspek utama dalam proses belajar mengajar siswa. Secara berurutan cara ini apat menentukan KKM Indikator – KKM Kompetensi Dasar (KD) – KKM Standart Kompetensi (SK) -  KKM Mata Pelajaran.

PERHITUNGAN KRITERIA  KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Nama Madrasah       : 
Mata Pelajaran          :  Fikih
Kelas                          : VIII
Tahun Pelajaran        :  2017/ 2018
KKM                          :

Kompetensi Inti:
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.


Untuk selengkapnya, Kkm Fiqih Mts Kurikulum 13 Kelas VIII, silahkan download : Disini