Pengertian SEO (Search Engine Optimization) Atau Optimisasi Mesin Pencari

pengertian sejarah manfaat cara kerja seo
PENGERTIAN SEO

Seo adalah sesuatu yang menjadi unsur penting dan tidak penting dalam dunia blogger. Pentingnya seo diterapkan pada blog apabila kita ingin mencapai hasil yang maksimal, tidak penting apabila kita tidak ingin disibukkan dengan hal yang satu ini karena seo merupakan ilmu yang tidak pasti. 

Oh, ya. Mengenai pengertian seo. Dalam bahasa Indonesia Seo disebut Optimisasi mesin pencari. Seo hanyalah singkatan dari bahasa Inggris Search Engine Optimization. Proses yang dilakukan secara sistematis bertujuan untuk meningkatkan kualitas trafik kunjungan suatu blog atau website melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Dengan adanya seo maka dapat menempatkan sebuah situs pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Kurang lebih seperti itu yang dijelaskan di wikipedia.

Tentunya, pengertian seo tidak hanya sebatas apa yang dijelaskan oleh mbah wikipedia. masih banyak pengertian lain tentang seo dari para pakar hingga non pakar. Banyak blogger yang sudah memberikan penjelasan terkait Search Engine Optimization alias seo. Namun intinya tetap saja sama, yakni membahas persoalan peringkat di giogle maupun di mesin pencari lainnya.

Banyak cara atau SEO yang dapat dilakukan, mulai dari Teknik Optimisasi SEO sesuai dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh Google. Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Kenapa seo terkini? Karena google selalu mengupdate algoritmanya.

Hal-hal yang berkaitan dengan SEO banyak macamnya. Beberapa diantaranya : Riset kata kunci, Menganalisa kompetisi, Membuat konten yang baik, Membangun popularitas dengan visitor, Melakukan audit terhadap performa SEO, dsb.

SEJARAH SEO

Seiring pesatnya perkembangan dunia maya seperti hadirnya Search Engine dan berbagay alat pencari lainnya, maka secara tidak langsung ilmu SEO juga dibutuhkan, namun banyak orang belum tahu pasti apa itu SEO, apa arti SEO, agaimana sejarah awal SEO,  apa manfaat dari SEO dsb. dikarenakan pada awal awal lahirnya dunia internet masih belum berkembang dan persaingan antara berbagai web masih rendah.

Sejara lahirnya Seo, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Mahasiswa yang bernama Larry Page dan Sergey Brin doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web.

Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut. Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google, dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas tidak dimanipulasi, cepat, dan relevan.

PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

MAMFAAT SEO
Peran SEO terhadap situs web, sebuah website yang tidak didukung oleh SEO maka tidak akan mencapai hasil maksimal. lain halnya bila diterapkan dengan SEO, maka website / situs tersebut layak bersaing dengan situs lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Manfaat SEO terhadap website tentunya memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Sebagian webmaster menganggap peran SEO bagi sebuah website situs sangat penting untuk tujuan tertentu. Seperti mengangkat tema sebuah komunitas ataupun lembaga.

Banyak manfaat SEO yang dapat menguntungkan. Beberapa conroh saja, Dengan cara optimasi seo yang baik, web/blog akan menduduki peringkat pertama google. Jika anda seorang Internet Marketing, sangat berpeluang meraih kesuksesan. Secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap potensi penghasilan dari web/ blog tersebut. Manfaat tersebut belum seberapa tergantung segi berinternet yang anda tekuni.

MACAM-MACAM SEO
Secara garis besar, seo ada dua macam.

SEO On Page

Yang dimaksud Optimisasi SEO On Page kurang lebih yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, misalnya seperti memperbaiki kualitas template, memberi meta tags, memasang keyword dsb.

SEO Off Page
SEO Off Page merupakan kebalikan dari Optimisasi SEO On Page, yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web. Yang perlu di lakukan yaitu fokus membangun backlink, share ke media sosial, dsb. 

CARA KERJA SEO
mesin pencari bekerja degan cara menyimpan nyaris seluruh kabar halaman web, yg diambil langsung halaman-halaman secara otomatis. setiap halaman dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya.

Mesin mencari mengindeks dan memberikan daftar halaman web yang sesuai degan parameternya, umumnya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sekomponen teksnya.

Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, sepertifile audio, File video, gambar, foto dan sebagainya, serta imformasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi imformasi.

Cara kerja search engine menggunakan rumus algoritma, dengan menggunakan codding algoritma. Maka mencari sesuat di search engine, search engine akan mencari web yang sama dengan keyword yang di cari. Google Menavigasi Web / Blog memberikan hasil dari apa yang diinginkan, melihat seberapa banyak sumber link yang menuju ke halaman tersebut, menyesuaikan hasil pencarian, mensortir halaman dan memilih yang paling relevan untuk di tampilkan.


EmoticonEmoticon