Optimisasi Dengan Seo On Page Dan Off Page

cara optimisasi seo on page seo off page
Apa itu Seo On Page Dan  seo Off Page? Seo ini merupakan bagian dari ilmu seo yang mendongkrak popularitas suatu web melalui search engine. Banyak cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi On Page atau Off page, apabila seo tersebut diterapkan, banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti web toko online ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk.

SEO On Page

Optimisasi SEO On Page adalah optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web itu sendiri. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti :

Memasang meta tags

Banyak jenis meta tag yang sering digunakan. Seperti meta description yang dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Meta description berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog. Meta description muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dan sebagainya.

Tempalte SEO friendly

Design template blog dapat memiliki keunggulan dan kelemahan, ada template yang tampilannya menarik dan indah, namun dari segi SEO bisa saja lemah. Ataupun sebaliknya. Oleh karena itu sebaiknya pilih template blog yang SEO friendly. Banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah di optimisasi sedemikian rupa sehingga menjadi SEO friendly.


Memasang keyword Di Judul

Judul adalah tempat yang sangat tepat untuk memasang keyword. Title atau judul blog menggambarkan keseluruhan dari isi blog anda. Sebagian kunjungan yang terjadi datang dari pembaca yang tertarik akan judul blog yang di pasang. Maka memaksimalkan penggunaan keyword yang ditargetkan pada title dapat mengundang datangnya pengunjung blog.

Meletakan judul postingan

Dalam tampilan query search engine. Biasanya, pada template yang belum di isi hack, nama blog berada didepan judul postingan. Pada hasil pencarian search engine hal ini dapat berakibat kurang baik, karena dapat memotong judul postingan dibagian belakang. Pengunjung pun jadi tidak bisa membaca judul postingan secara keseluruhan, terlebih jika judul postingannya panjang.

Memaksimalkan keyword 

Yang perlu dilakukan adalah mengatur letak posisi keyword serta memilih keyword dan frase yang tepat untuk diletakkan dalam sebuah artikel. Hindari memasang keyword yang terlalu banyak, karena hal tersebut dapat dianggap sebagai tindakan spam oleh search engine. 

Loading blog

Loading juga merupakan bagian dari se on page. Jika waktu loading blog cepat, bukan hanya pengunjung saja yang senang, tapi spider crawl google juga senang. Pengunjung senang karena mereka tidak perlu berlama-lama untuk segera membaca sebuah artikel. Sedang google spider juga senang, karena saat crawling waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi lebih cepat. Efeknya artikel anda jadi lebih cepat terindex. Hindari penggunaan javascript yang berlebihan  agar waktu loading blog dapat menjadi lebih cepat.

SEO Off Page

Yang dimaksud Optimisasi SEO Off Page adalah kebalikan dari Optimisasi SEO On Page, yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web. Seperti share di media sosial, mencari backlink dsb.

Yang perlu dilakukan yaitu membangun backlink. Karena memperbanyak inbound link link dari situs web lain yang mengarah ke situs web yang dimiliki. Semakin bermutu link yang mengarah ke web maka semakin baik pula reputasi web site dimata search engine. 

Melakukan link building dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan membuat reciprocal link baik dengan derektori/social bookmark ataupun bertukar link dengan blog/website lain, mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark/direktori, dan berkomentar di blog/website lain dengan meninggalkan link di form komentator. 

Beberapa cara Cara Optimasi SEO Off Page

Melalui Social Bookmark
Sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

Melalui Forum
Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah post komentar pada thread, thread harus sesuai dengan bahasan blog dan signature yang diberikan merupakan kata kunci.

Artikel Directory
Hal ini digunakan untuk memperkenalkan website keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website untuk mendapatkan visitor.

Website Directory
Mensubmit blog ke website directory ini bisa berdampak besar pada pengunjung blog. kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

Social Media
Social media merupakan hal pokok dalam SEO, social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia. 


EmoticonEmoticon