Smp Plus Al-Ishlah, Mencetak Calon Pemimpin Masa Depan

smp al ishlah
SMP Plus Al-Ishlah merupakan lembaga pendidikan Islam yang berdiri dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Didirikan pada tahun 2014 dengan ijin penyelenggaraan  dari Dinas Pendidikan  Kabupaten Bondowoso  nomor :4213/1533.a/430.10.1/2014, 

SMP Plus Al-Ishlah Bondowoso dikelola secara professional dan didasari tanggung jawab  dalam menyiapkan peserta didik sebagai generasi masa depan umat Islam dan Indonesia yang benar-benar berkualitas, baik secara Intelektual dan Spiritual.  Karena itu Pendidikan di SMP Plus Al-Ishlah secara sistematis  menggariskan garapan utamanya pada tiga aspek pertumbuhan secara simultan, yaitu tumbuh kembang Jiwa, tumbuh kembang Intelektualitas dan tumbuh kembang Phisik.

SMP Plus Al-Ishlah berada dalam Pondok Pesantren Al-Ishlah sehingga sangat ideal bagi proses pendidikan para siswa karena berada dalam lingkungan pendidikan yang sangat religius, berdisiplin tinggi, mengedepankan prestasi baik akademik dan prestasi non akademik. Disamping juga pembinaan nilai-nilai Ibadah dan akhlaq al karimah yang sangat ketat dan penuh rasa kasih sayang.

Sebagai upaya maksimal maka kegiatan tersebut didukung adanya sumber daya manusia yang berkompeten menurut kebutuhan pendidikan yang berlatar belakang dari berbagai pendidikan terkemuka baik dari Universitas dalam negeri maupun Universitas Luar Negeri.

Dengan sarana penunjuang pendidikan yang telah dipersiapkan berdasarkan pada tingkatan kelas,  SMP Plus Al-Ishlah telah mempersipakan diri dan bertekad untuk mengantarkan putra-putri Bapak/Ibu menjalani pendidikan yang menjadi kebanggaan bagi Agama, Bangsa dan Negara.

Tujuan SMP Plus Al-Ishlah Mendidik Generasi Islam yang Shalih dan Mushlih, Benar dan pintar, Cerdas dan  berkarakter  serta mendidik menjadi  Muballigh  Perekat ummat (Pemimpin masa depan). Tujuan ini juga merupakan tujuan Pondok Pesantren Al Ishlah itu sendiri.

Sebagai salah satu unit pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ishlah dengan landasan tiga paradigma yaitu :

1. Al-Qur an dan Sunnah Shohihah dalam beraqidah-Syari’ah
2. Modern dalam sistem pendidikan, proses belajar mengajar dan disiplin pondok
3. Tradisional Islami (salaf) dalam tata krama atau penanaman adab sopan santun sehari-hari.

Beberapa program kegiatan Pendidikan SMP Plus Al-Ishlah adalah pendidikan program Full Day School yaitu dimulai masuk jam 06.00 hingga pulang jam 15.00.  Semua kegiatan disusun secara sistematis  dengan pendekatan berbagai strategi yang relefan dengan kemajuan dunia pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan Islam SMP Plus Al-Ishlah Bondowoso dibangun dengan pemaduan nilai-nilai tradisional dan Modern yang Islami.

Program Unggulan 
SMP Plus Al-Ishlah Sebagai lembaga Pendidikan Islam memiliki beberapa keunggulan bagi pembentukan karakter, antara lain :

1. Pembinaan  Aqidah / Tauhid
2. Pembinaan Aklaqul Karimah
3. Pembinaan Ibadah sehari-hari
4. Bimbingan Baca Tulis Al-Qur an dengan Metode Ummi
5. Tahfidh Al-Qur an 10 Juz dengan Metode Al Qosimi
6. Pembinaan Bahasa Arab Intensif dengan Metode Tamyiz
7. Pembinaan Bahasa Inggris Intensif  dengan  Metode  Revolusi Bahasa Inggris (kampung Inggris Mr. Hani Sutrisno)
8. Pembelajaran Siswa menggunakan Metode Privat dan Metode Bimbingan Belajar.
9. Latihan Berpidato 3 Bahasa dengan Metode Pesantren Modern Al-Ishlah
10. Latihan Kepemimpinan
11. Jurnalistik (Terampil membuat karya tulis)
12. Kegiatan Peduli sosial
13. Pembinaan Mental Entrepreneurship

Progeram Olimpiade
SMP Plus Al-Ishlah juga merancang dan memberikan sebuah program khusus yang materi-materinya dipersiapkan bagi siswa/ peserta didik untuk bisa mengikuti berbagai kegiatan olimpiade baik ditingkat Lokal, Regional, Nasional maupun Internasional.

Kurikulum SMP Plus Al-Ishlah

Kurikulum SMP Plus Al-Ishlah adalah Kurikulum Terpadu yaitu perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Al-Ishlah  dan kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional yang di desain secara proporsional dan professional.

Proses pemaduannya melalui suatu kajian serius dengan mempertimbangkan semua aspek bagi pengembangan potensi siswa yang berorientasi pada optimalisasi tumbuh kembang tiga aspek yaitu tumbuh kembang Jiwa, tumbuh kembang Intelektualitas dan tumbuh kembang Phisik.

Mau sekolah Smp Sambil bisa nyantri dan belajar ilmu agama, mau menjadi tahfidz Al Quran? SMP Plus Al-Ishlah tempatnya.


EmoticonEmoticon