Piring Ajaib Keraton Sumenep Hanyalah Mistik

piring ajaib
Salah satu peninggalan bersejarah yang dipajang di Museum Keraton Sumenep adalah Piring ajaib. Disebut Piring ajaib karena diyakini punya daya magis, yang katanya kalau nasi diletakkan pada piring teraebut bisa bertahan lama alias tidak basi meski satu minggu. 

Piring ajaib ini berbentuk oval, bergambar raja Sampang, Condronegoro yang memerintah pada tahun 1830. Piring nasi tersebut diberikan sebagai hadiah pada raja Sumenep ke-32, Sultan Abdurrahman Pakunataningrat(1811-1854).

Berdasarkan sejarahnya, piring ini hadiah khusus dari raja Condronegoro. Piring nasi tersebut dipajang di Museum Keraton Sumenep, karena punya nilai sejarah yang dapat mengegerkan dunia.

Tapi menurut saya, piring ajaib ini hanyalah sebuah legenda yang berbau mistik yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sebagaimana piring ajaib ini yang katanya bisa membuat nasi tidak basi meski satu minggu.

Seharusnya, kalau memang piring ini benar-benar ajaib seharusnya bisa dibuktikan, bukan hanya jadi sebuah pajangan di keraton museum Sumenep. Kalau makanan semacam buah-buahan ditaruh diatas piring tersebut, apanya yang ajaib. 

Tapi walau bagaimanapun, piring ajaib yang ada di keraton museum Sumenep tentunya memiliki sejarah. Sehingga wajar dijadikan sebuah monmen dalam museum Sumenep.


EmoticonEmoticon