Cara Salah Agar Artikel Blog Tampil di Halaman Pertama Google

halaman pertama google
26/09/2017. Sudah lama saya tidak menulis seputar dunia blogging. Maklum, karena blog ini memang tidak terlalu fokus pada permasalahan blog. Namun tergerak kembali untuk menulis artikel ini, karena masalah seo yang tak kunjung pasti dikalangan blogger. Maka saya gunakan topik Cara Salah Agar Artikel Blog Tampil di Halaman Pertama Google

Maksudnya, bagaimana dengan cara salah tersebut? Sebelum dijelaskan, saya bukan blogger master, bukan ahli seo, bukan pakar konten marketting, bukan pendekar blogger yang bisa membuat setiap artikel bisa berada dihalaman pertama mesin pencari yang disebut google itu.

Bukan untuk menggurui bukan pula untuk mengelabui. Tapi disini saya ingin berbagi dari apa yang saya ketahui berdasarkan pengalaman pribadi. Siapa tahu mempunyai makna yang berarti untuk para blogger yang baik hati. Hehe....

Anda boleh percaya boleh tidak, sebab setiap orang punya hak. Anda boleh menolak boleh pula mengatakan tidak. Karena setiap orang punya pengalaman yang berbeda namun yang penting tidak saling menghujat.

Itu sekedar pembuka alias muqaddimah layaknya para penceramah sebelum masuk pada pembahasan tema. Boleh dibaca, boleh diabaikan juga tak apa-apa. Mari langsung pada inti pembahasan saja, agar tidak cepat putus asa.

Setiap blogger, baik blogger kelas tingkat RT sampai tingkat Provinsi, bahkan blogger tingkat tinggi, pun ingin Artikel Blognya Tampil di Halaman Pertama Google. Ketika selesai menulis Artikel Postingan, hal yang utama di lakukan adalah Mengupayakan bagaimana Artikel tersebut tampil ranking pertama di pencarian Google atau Search Engine lain seperti Bing, Yahoo dll. Lalu bagaimana caranya?

1. Tidak Perlu Ribet Tentang Seo, Lupakan Saja

Ya, lupakan seo. Tulis saja apa yang anda ingin tulis. Tidak perlu memikirikan seo, karena yang menentukan artikel berada di nomor satu pencarian goole bukanlah seo, melainkan keberuntungan. Ya, beruntung. Sehebat apapun seo yang dikuasai, meskipun seo tingkat dewa.

Bukan berarti saya mengesampingkan atau menganggap seo itu tidak penting. Belajar seo juga penting, saya juga pernah belajar tentang seo meskipun hanya tahu dasar-dasarnya saja. Akan tetapi sepenting-pentingnya seo, tidak akan mampu mengalahkan keberuntungan. Pakar seo pun, tidak semua artikel-artikel yang dipublishnya bisa berada di halaman pertama, meskipun ilmu seonya tingkat dewa.

Surve membuktikan. Banyak blogger yang isi blognya acak-acakan, tidak pernah belajar seo, asal nulis bahkan hasil copas, tidak tahu ilmu blogging, tidak mengerti soal optimasi On Page maupun Off Page. Tapi, artikelnya bisa berada di halaman pertama.

Tidak sedikit alias banyak, blog-blog yang isinya hanya satu, dua, atau beberapa artikel saja. Namun tetap berada dihalam pertama. Blog semacam ini saya sering temui pada blognya para pelajar yang berisi makalah dan semacamnya.


2. Menulis Artikel Tanpa Riset Kata Kunci

Ada yang menyarankan, katanya, kalau ingin artikel blog berada dihalaman pertama, hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan keywoard judul artikel. Ada beberapa tols yang dapat digunakan untuk riset kata kunci. Seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Adwords Search Terms dll.

Tapi. Tapi, banyak blogger yang ketika membuat artikel tanpa menggunakan tols keyword, bisa nangkring dihalaman pertama google. Dari dulu, saya tidak pernah menggunakan yang namanya keyword untuk meriset kata kunci. Namun Alhamdulillah, puluhan artikel bisa berada dihalaman pertama. Mungkin juga anda mengalami hal semacam itu.

Disisi lain, ada blogger yang dengan getolnya cari keyword alias kata kunci sana sini, tapi hasilnya nihil. Justru artikelnya dikalahkan dengan artikel yang isinya tidak terlalu menarik, yang kontennya biasa saja.

3. Artikel Tidak Harus Original

Katanya, dalam ilmu seo. Artikel orisinil itu menarik perhatian mesin pencari dengan kuat karena tidak memiliki saingan satupun di internet. Jadi tidak akan ada artikel lainnya yang menghalangi tulisan anda untuk tampil di halaman pertama google

Anda yakin kalau artikel original itu bisa jadi top artikel yang berada di halaman pertama? Nyatanya banyak artikel yang sama persis hasil copy paste, namun tetap ada dihalaman pertama google. Pernah menemukan kan?

Jadi, artikel original tidak menjamin artikel blog bisa berada peringkat teratas. Jadi, lupakan soal orsinel konten. Lalu, kalau lupakan artikel original apakah harus copy paste milik orang? Tentu saja tidak. Kita juga harus menghargai karya orang lain.

4. Pentingkah Artikel dengan bahasa yang baik dan benar?

Dalam jurus seo, katanya Kosa kata yang benar, susunan kalimat yang tepat, akan ditandai oleh google sebagai artikel yang berkualitas karena memberikan pengalaman yang baik dan bermanfaat bagi pengguna.

Katanya juga, Google bisa mengetahui makna dibalik kata-kata di dalam artikel dengan menggunakan teknik conversational search atau percakapan pencarian yang kemana-mana selalu dibawa oleh algoritma hummingbird.

Blog Tetangga sebelah ada yang nulis cerita, bahkan dalam penulisannya ada yang disingkat-disingkat. Seperti Yang ditulis menjadi yg, dengan ditulis jadi dg, dll. Susunan bahasanya tidak mengikuti EYD, bahasa yang digunakan malah agak-agak lebay. Tapi bisa tembus kehalaman pertama google.


5. Artikel yang lengkap dan Panjang Tapi Nyungsep Tidak Muncul Di Halaman Page One

Untuk berada di halaman nomor satu, para seoer memberikan jurusnya dengan isi content. Caranya, buatlah Artikel sepanjang dan selengkap mungkin. Entah sampai berapa kata. Content is King katanya.

Artikel panjang memang mempunyai efek langsung pada Durasi Sesi Penayangan Artikel. Semakin lama Durasi Sesi maka semakin berpotensi artikel blog bisa muncul di google paling atas.

Tahukah anda? Tidak semua orang suka dengan artikel panjang, bahkan merasa bosan bila membaca artikel panjang, karena sebagian orang hanya butuh pada intinya saja. Artikel panjang hanya dibutuhkan ketika orang butuh penjelasan saja. Blog teman saya isi artikelnya hanya foto satu saja, bisa muncul di page one.

Cobalah berselancar mencari tentang logo-logo atau kumpulan gambar-gambar kata bija. Disana banyak yang isinya hanya beberapa foto saja, tidak terlalu panjang sebagaimana saran para pakar seo. Tapi ada di page one.

Baca Juga : Asyiknya Blog Gado Gado

6. Salah Kaprah Tentang Template Yang SEO Friendly

Template merupakan salah satu hal yang terpenting dan dapat mempengaruhi blog supaya masuk di halaman satu google. Ingat, hanya SALAH SATU. Kadang kita sibuk gonta ganti template untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasilnya justru malah berakibat buruk pada blog kita.

Mungkin selama ini anda hanya berkunjung melihat blog-blog yang templatenya sudah menggunakan pihak ketiga, yang sudah dimodifikasi seindah mungkin. Namun, disisi lain ada blog yang templatenya bawaan dari blogger itu sendiri, tidak pernah dirubah. Tapi blognya bisa jadi top one. Linda Ikeji saja templatenya biasa-bisa saja. Tapi visitornya melebihi dari blog yang templatenya luar biasa.

Sebagai kesimpulan dari Cara Salah Agar Blog Berada Di Halaman Pertama, lupakan seo. Tulis saja apa yang mau ditulis. Jikalau karena seo artikel bisa jadi top postingan yang berada di halaman teratas, tentu artikelnya para pakar seo yang berada paling teratas. Faktanya, banyak artikel blog yang tanpa jurus seo, tapi berada pada halaman teratas.


10 komentar

Wah sangat bermanfaaat gan,, apalagi ane blogger pemula..

mampir yhh http://aceng.zone.id/hack-facebook-account-online-menggunakan-mspy.html

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Gagal faham atau fahamnya gagal... :(

terbaik... dan ane pernah nyoba begitu alhasil page one... yang penting PROBLEM SOLVED heheh itu

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-berry-jus/

Wah. Sangat memotivasi kata2 nya min, alhmdulilah dapat pencerahan lagi.

Mantaps, smg saya tidah salah berkunjung n salah baca


EmoticonEmoticon