Pantai Lombang Dan Cemara Udang Di Sumenep Madura

pantai lombang sumenep madura
Pantai Lombang merupakan salah satu pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Terletak di sebelah timur Kota Sumenep, Kecamatan Batang-Batang Desa Lombang. Berjarak kurang lebih sekitar 25km dari Kota Sumenep.

Tempat wisata ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda. Wisata Pantai Lombang di Sumenep Madura memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Lombang di Sumenep Madura sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan Keindahan wisata Pantai Lombang di Sumenep Madura ini akan anda rasakan jika anda pernah berkunjung kesana.

Menurut masyarakat sekitar pantai lombang sudah mengalami banyak renovasi, dulunya tempat ini hanya menjadi labuhan bagi pencari ikan di sekitar desa tersebut, akan tetapi setelah diketahui punya potensi pariwisata kemudian pemerintah kota mengembangkannya lewat Dinas Pariwisata Dan Budaya Daerah Kabupaten Sumenep.

Lokasi Dan Transportasi Pantai Lombang Sumenep 

Lokasi Pantai lombang terletak di kecamatan Batang-Batang Sumenep Madura, kira-kira berjarak 25km dari Pusat Kota Sumenep. Perjalanan sekitar satu jam ke lokasi. Kalau menuju batang-batang perjalanan dapat ditempuh setengah jam. Dari batang-batang ke Lokasi pantai lombang setengah jam. Jika ditempuh dari Suramadu, jaraknya Sekitar 4-5 jam perjalanan dengan mobil pribadi. 

Transportasi

Sarana transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke  Pantai Lombang di Sumenep Madura dapat menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum seperti bis umum atau angkutan lainnya. Angkutan umum bisa melaui bus di terminal Sumenep dan mobil taksi di Pasar Bangkal Sumenep. 

Fasilitas Di Pantai Lombang

Fasilitas dan pelayanan yang ada di Pantai Lomvang di antaranya: Area Parkir kendaraan. Tempat Istirahat. Kamar mandi / MCK. Warung Makan. Penginapan. Dll.

Wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini dapat mendirikan tenda di tepi pantai, Fasilitas penginapan yang ada, yaitu pondok-pondok alami dari kayu, biasanya hanya diperuntukkan bagi peserta paket wisata dari agen perjalanan tertentu. 

Di Pantai Lombang tersedia kamar bilas bagi para pengunjung untuk membersihkan badan. Jika ingin duduk-duduk santai, wisatawan dapat memanfaakan beberapa tempat duduk atau warung-warung kecil di pinggir pantai yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Pohon Cemara Udang
pohon cemara udang

Di pantai lombang terdapat Cemara Udang yang menjadi ciri has keindahan pantai ini. Cemara Udang adalah tumbuhan khas dari pantai ini. konon menurut sebagian besar masyarakat tumbuhan ini hanya tumbuh di Pantai Lombang dan beberapa pantai di perairan laut Tiongkok. 

Sejarah penyebaran pohon cemara udang di wilayah perairan Sumenep erat kaitannya dengan ekspedisi besar kekaisaran negeri Tiongkok dalam mengarungi perairan nusantara pada abad 15 yang dipimpin oleh Jenderal The Ho (Sampo Thai Kam), Jenderal Ma’huan dan Jenderal Ong Keng Hong, ketiganya juga dikenal dengan sebutan SAM PO TOA LANG yang artinya Tiga Pendekar Besar dan dalam logat Jawa kuno dikenal dengan nama Dempo Awang.

Muhibah tersebut membawa kapal sebanyak 62 armada, dengan pasukan perang 27.800 orang, konon muhibah besar itu merupakan suatu pelayaran terbesar kala itu. Bila berlayar seakan menutup keluasan lautan yang dilewatinya, banyak para negara tetangga yang merasa takjub dan khawatir. Kelihatannya memang seolah Kaisar daratan China memamerkan kekuatannya kepada negeri-negeri tetangga dan menunjukkan bahwa dirinya sebagai negara super power, adigang adigung adiguno, seolah tidak ada negara lain yang bisa melindunginya. (Wikipedia)

Pantai ini memang terkenal dengan hamparan cemara udangnya yang menghiasi hampir keseluruhan tepi pantai. Tidak banyak pantai dengan karakter demikian, sehingga pantai Lombang memiliki ciri khas tersendiri. Cemara udang termasuk tanaman yang langka. 

Tinggi pohon cemara udang bermacam-macam. Bentuknya daunnya seperti udang. Karena itulah jenis pohon cemara ini disebut cemara udang.

Cemara udang yang rimbun sangat cocok dengan karkater suhu yang panas di tepi pantai yang bisa digunakan untuk berteduh di bawahnya sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai Lombang ini merupakan satu-satunya pantai di Indonesia yang dikelilingi hamparan hutan cemara udang, sehingga anda tidak akan menjumpai pohon kelapa di sekitar pantai ini. Cemara-cemara udang ini pun dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan menjadikannya bonsai, untuk dijual kepada para wisatawan dengan harga yang relatif terjangkau.


EmoticonEmoticon