Menasehati Orang Didepan Umum

nasehat memarahi
Tidak semua orang seperti yang kita sangkakan. Jangan hanya karena alasan lebih mulia, lebih terhormat, pangkatnya lebih tinggi, lantas menjadikan kita berhak menegur orang lain didepan umum. Ingatlah, yang seperti itu tidak lebih dari sebuah celaan, tidak lebih dari menjatuhkan dan mempermalukan. Apakah engkau tidak merasa malu ketika engkau diberi nasehat dihadapan banyak orang kemudian kesalahanmu disebutkan didalamnya, deperlihatkan dan dipertontonkan didepan orang banyak?

Hati-hatilah dengan urusan hati. Tugas kita adalah menasehati bukan memaksa. Jangan sampai kita merasa paling tinggi, merasa paling baik merasa paling suci hanya karena kita telah bermajelis ta'lim belasan tahun. Ingatlah bahwa hati itu ada dalam genggaman Allaah. Hanya Allah lah yang dapat memberikan hidayah.

Bukan berarti kita tidak berbuat maksiat lantas menjadikan kita mudah meremehkan orang lain yg masih terjerat kemungkaran. Jangan karena gelar ustadz, kiyai, jabatan yang lebih tinggi, lantas merendahkan saudara saudari kita yang masih awam. Bukankah daripada hanya mencela dan sibuk menilai kita doakan saudara saudari kita agar mampu berubah lebih baik. Agar di istiqomahkan dalam Hijrahnya.

Namanya orang berhijrah, semua butuh proses dan waktu sebagaimana kita sendiri yang telah mengaji belasan tahun bukan berarti tak lepas dari kesalahan dan kekhilafan. Jangan menuntut orang lain sempurna dan tidak boleh memiliki cela, yang sekalinya salah langsung di tegur habis-habisan tanpa adab dan cara yg hikmah.

Hijrah itu untuk menjadi lebih baik, bukan berarti telah menjadi sebersih malaikat. Hijrah itu untuk meraih ridho Allaah, bukan berarti telah dijamin Surga. Hijrah itu untuk menjadi lebih penyayang, bukan kasar dan pencela. Hijrah itu untuk mengenal adab, bukan menjadi makin tak beradab.

Terkadang kita mudah menasehati orang lain, tetapi lupa menasehati diri kita sendiri. Bagaimana menginginkan orang lain menjadi lebih baik, kalau kita sendiri belum menjadi orang baik. Maka dari itulah islam mengajarkan agar kita selalu saling menasehati. Semoga Allah Swt menjadikan kita hamba-hamba yang sholeh sholehah, menjadikan kita orang yang baik. Amien...


EmoticonEmoticon