Cara Cepat Belajar Dan Menguasai Ilmu Nahwu

cara cepat belajar nahwu
Hampir semua orang ingin cepat menguasai ilmu nahwu, dan tidak sedikit pula yang mengalami kesulitan untuk menguasainya. Sebenarnya mempelajari ilmu nahwu sama seperti mempelajari ilmu ilmu yang lain. Baik itu ilmu agama maupun ilmu umum. Ada yang bilang bahwa mempelajari ilmu nahwu itu sulit lebih mudah belajar bahasa inggris, matematika, dsb. Disisi lain justru sebaliknya, ada yang lebih mudah menguasai ilmu nahwu dan sharaf dari pada bahasa inggris.

Semua bisa disederhanakan tergantung cara berfikir kita dalam memahami segala sesuatu. Karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Termasuk dalam menguasai pelajaran.

Sebelum anda mempelajari nahwu perlu diketahui juga, ada dua tipe orang dalam belajar ilmu nahwu.

Pertama : orang yang sering bergelimang dengan bahasa arab atau selalu membaca literatur-literatur arab, dalam hal ini anggap saja santri dan siswa yang bersekolah di Madrasah. Biasanya orang seperti ini cepat menguasai dan memahami ilmu nahwu.

Kedua : Orang yang belum pernah berkecimpung dalam dunia bahasa arab. Anggap saja siswa yang sekolah di Negeri dan tidak pernah mempelajari ilmu bahasa arab. Orang semacam ini kemungkinan akan lebih sulit mempelajarinya bahkan tidak bisa menguasainya.

Berikut cara cepat menguasi ilmu nahwu, walaupun cara cepat itu adalah mustahil dilakukan karena semua pasti butuh proses. Paling tidak waktu yang digunakan untuk belajar menguasai ilmu nahwu lebih singkat dari biasanya.

Tips sebelum membahas cara agar bisa menguasai ilmu nahwu

A. Pilihlah kitab atau buku nahwu yang sesuai
Banyak sekali kitab dan buku yang mempelajari ilmu nahwu, mulai dari panduannya hingga kitab nahwu itu sendiri. Sebaiknya mulailah dengan kitab nahwu husus pemula, jangan langsung ke Kitab Rujukan Para Ulama semisal Alfiyah Ibnu Malik, tapi mulailah dari yang mudah dipelajari

B. Gunakan Kitab Matan Nahwu
Dalam buku buku nahwu baik yang berbahasa Arab maupun berbahasa Indonesia terdapat dua sistem pembahasan. Ada yang menggunakan Nadzaman (Nadzmul Jurumiyah) dan Matan (Matnul Jurumiyah).

Agar lebih mudah belajar nahwu, saya sarankan sebaiknya gunakan kitab yang Matan karena lebih fokus kepada inti pembahasan. Jika anda menggunakan Nadzaman sebenarnya tidak apa-apa. Hanya saja waktu anda akan tersita menghafal kaidah-kaidah atau nadzaman.

Cara cepat belajar Nahwu:

1. Mulailah dengan memahami dasar-dasar ilmu Nahwu.
Sebagai bahan dasar dalam belajar nahwu. Pahamilah terlebih dahulu istilah-istilah yang ada pada tiap-tiap bab yang akan dipelajari. Misalkan apa itu kalam, apa itu kalimat, apa itu isim mufrad, dan lain sebagainya.

2. Sistematis/berurutan, jangan diacak.
Belajar sistemaits berarti belajar secara teratur, tertata rapi, mengikuti sesuai nomor urut . ketika sudah paham satu pembahasan jangan dulu melompat ke pembahasan lain yang berada dalam pembahasan yang masih jauh. Misalkan hari ini belajar nahwu bab ke - 1, besok langsung meloncat ke bab 8. Maka hindarilah hal semacam ini.

Belajarlah secara urut, dari awal dulu fahami satu persatu. jangan yang awal tidak faham, tapi sudah loncat ingin faham yang masih jauh pembahasannya kedepan. Jika hal ini dilakukan, akan menghambat proses belajar nahwu yang cepat.

3. Fokus Belajar Ilmu Nahwu.
Fokus belajar nahwu agar cepat bisa tidak harus dengan meninggalkan pelajaran sekolah yang lainnya. Akan tetapi buatlah waktu husus belajar nahwu, kalau perlu berikan waktu yang banyak untuk nahwu ini.

4. Perbanyak menghafal.
Menghafal materi pada tiap-tiap bab memang tidak harus. Akan tetapi jika anda ingin cepat menguasi nahwu dan ingin cepat bisa membaca kita kuning. Maka perbanyaklah menghafal, lebih baik lagi hafalan nahwunya disetor pada guru yang mengajarinya.

Pengalaman saya dulu, menyetor hafalan nahwu kepada guru tiap malam. Karena selain belajar nahwu disekolah  juga belajar di mushalla tempat saya ngaji dimalam hari . Dan kebetulan kitab yang saya gunakan adalah matnul jurumiyah, karena lebih mudah dan lebih ringkas.

5. Carilah Guru Atau Pembimbing.
Ingatlah, bahwa belajar nahwu tidak bisa secara otodidak yang kita hanya tinggal membacanya. Kecuali bagi orang yang sudah tahu tentang istilah-istilah dalam bahasa arab. Kalau bagi pemula, jangan harap bisa menguasai nahwu dengan belajar secara otodidak. Maka sebaiknya carilah guru atau pembimbing yang bisa membantu anda dalam belajar nahwu.

6. Jadikan Kebiasaan.
Pernah dengar istilah "Bisa karena terbiasa"?. Maka jadikanlah belajar nahwu sebagai kebiasan setiap harinya. Insyaallah dengan seperti itu akan cepat bisa menguasai dan memahami. Belilah kitab-kitab nahwu, isilah smartphone atau tablet anda dengan aplikasi kitab nahwu. jika punya teman yang paham nahwu, sesekali ajak diskusi atau ngobrol seputar materi nahwu.

Itulah mengenai cara cepat belajar nahwu. Perlu digaris bawahi, belajar ilmu nahwu saja tidak cukup untuk bisa membaca kita kuning, jangan berharap dengan belajar ilmu nahwu  anda langsung bisa membaca kita kuning. Untuk bisa membaca kita kuning perlu belajar ilmu tata bahasa lainnya seperti sharaf. Yang penting anda fokus dulu dalam bidang nahwu ini jika ingin cepat menguasainya.

Dan jangan lupa juga, dari beberapa cara diatas semua akan sia-sia kalau tidak dilandasi dengan Niat yang tulus, Doa dan ikhtiar (berusaha).


EmoticonEmoticon