Pengertian Ilmu Nahwu (النحو)

ilmu nahwu
Ilmu Nahwu merupakan salah satu bagian dasar dari ilmu tata bahasa Arab untuk mengetahui kedudukan sebuah kata dalam kalimat dan bentuk huruf/harakat terakhir. Menurut bahasa Nahwu نحو berarti contoh. Sedangkan menurut istilah Nahwu adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah untuk mengetahui fungsi-fungsi pada suatu kalimat, mengenal hukum akhir kata, mengenal cara mengi’rob. Secara mudahnya, nahwu berarti untuk mengetahui penyebab berubahnya suatu kalimat

Dengan kaidah-kaidah nahwu, maka dapat diketahui hukum-hukum akhir-akhir kata dalam bahasa arab. Dengan ilmu nahwu juga dapat menunjukan kepada kita bagaimana cara untuk menggabungkan kata benda, kata kerja, atau partikel, untuk membentuk kalimat yang bermanfaat atau menjadi susunan kalimat yang sempurna.

Tujuan pelajaran Ilmu nahwu adalah sebagai upaya menjaga dari kesalahan dalam mengucapkan lafal bahasa arab, serta dapat memahami alquran dan hadits Nabi dengan pemahaman yang benar, yang mana Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai sumber syariat Islam. Kesimpulannya, pengertian nahwu adalah ilmu tata cara untuk mengetahui tentang bahasa arab.

Salah satu kitab dasar dalam ilmu nahwu yang populer adalah kitab jurmiyyah karangan Al Imam Ash Shanhajy. kitab jurmiyyah ini berisi kumpulan materi nahwu yang mencakup hampir keseluruhan inti ilmu nahwu. Kitab ini berisi bab-bab materi seputar nahwu dan istilah-istilah penting ilmu nahwu.


EmoticonEmoticon