Keutamaan Berteman Dengan Orang Shaleh, Di Akhiratpun Bertanya

gambar teman
Berapa banyak teman yang kita miliki didunia? Dari sederetan teman yang banyak itu, berapa yang selalu mengajak kita kepada kebaikan? Jumlahnya sangat sedikit sekali, bahkan hampir tidak ada. Berteman orang yang shaleh tentunya mempunyai keutamaan. Dimana nanti jikalau tidak dapat menemukan teman shaleh kita diakhirat, maka kita dapat bertanya kepada Allah Swt.

Cobalah kita merenung, teman yang kita punya selama ini. Selalu mengajak kemana, membawa kita kemana. Selama ini kita selalu mencari teman seperkumpulan, teman untuk bermain, bersenda gurau, huru hara. Namun kita tidak berusaha untuk mencari teman yang shaleh, rajin beribadah, yang sering melakukan amal kebaikan. Padahal, teman shaleh tidak bisa dihargai dengan materi. Ia sangat sulit dicari, tidak mudah didapatkan, ketika dapat mudah dilepaskan.

Perhatikanlah wasiat Iman Syafi'i “JIka engkau punya teman yg selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah erat erat dia, jangan pernah engkau melepaskannya. Karena mencari teman baik itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah”.

Perhatikan hadits berteman dengan orang shaleh. Rasulullah bersabda, “Apabila penghuni Syurga telah masuk ke dalam Syurga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yg selalu bersama mereka dahulu di dunia. Maka merakapun bertanya kepada Allah: ‘YA Rabb! kami tidak melihat sahabat sahabat kami sewaktu di dunia, sholat bersama kami, puasa bersama kami, dan berjuang bersama kami. Maka Allah berfirman, "Pergilah ke neraka, lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yg dihatinya ada iman walaupun sekecil zarrah" (HR Ibnul Mubarok dalam kitab Az-Zuhud).

Ibnu Jauzi berkata pada sahabatnya sambil menangis, "Jika kamu tidak menemui aku di Syurga bersama kamu, maka tolonglah tanya kepd Allah tentang aku".

Pejamkan mata, berfikir lah sejenak, siapa kiranya di antara sahabat kita yg akan mencari dan mengajak kita ber-sama sama ke Syurga? Jika tidak, mulailah hari ini mencari teman ke surga sebagai suatu program hidup kita. Jika ibadah kita sedikit, insyaallah dengan berteman dengan orang shaleh. Kita akan mendapat syafaatnya dihari kiamat.

Jika kita belum punya teman orang shaleh, segeralah cari. Mumpung masih ada kesempatan, jika nyawa sudah dicabut malaikat. Kesempatan tidak akan terulang kembali.  Imam Al-Hasan Al-Bashrii berkata tentang keutamaan berteman dengan orang shaleh: "Perbanyaklah sahabat-sahabat mu'minmu, karena mereka memiliki syafa'at pada hari Qiamat”.


EmoticonEmoticon