Sekilas Kecamatan Rubaru Sumenep

rubaru sumenep
Kecamatan Rubaru Sumenep
Rubaru merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sumenep Madura. Kecamatan Rubaru termasuk salah satu daerah penghasil bermacam komoditas tanaman yang cukup besar di kabupaten Sumenep terutama yang sebagian besar penduduknya menjadi petani.

Sebenarnya Kecamatan Rubaru memiliki potensi cukup banyak. Mulai dari potensi wisata, pendidikan dan pertanian, sehingga dikenal dengan wilayah agropolitan. Rubaru dalam perkembangan kemajuan harus terus berbenah agar bisa seiring dengan kecamatan lain. Baik dari sisi ekonomi, pendidikan, budaya, wisata dan lain sebagainya. Sebagaimana disampaikan oleh Camat Rubaru pada saat Pembekalan KKN di Gedung Aula Kemenag Sumenep pada tanggal 07 Maret 2017.

Batas-batas Wilayah Rubaru :
Sebelah Utara : Kec. Ambunten dan Dasuk
Sebelah Selatan : Kec. Lenteng dan Ganding
Sebelah Timur : Kec. Manding dan Kota Sumenep
Sebelah Barat : Kec. Pasongsongan

Jumlah Penduduk : 36.519 jiwa (data th. 2003) Laki-laki : 17.619 jiwa (48,25%) Perempuan : 18.900 jiwa (51,75%) Rasio Jenis Kelamin : 93,22% Kepadatan Penduduk : 432,38 jiwa/km2

Wisata Air Terjun Kecamatan Rubaru
Salah satu tempat wisata yang mulai menarik perhatian pengunjung ialah Wisata Air Terjun yang terletak di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru Sumenep. Wisata ini dikenal warga dengan sebutan Wisata Air Terjun Basoka. Lokasinya sangat strategis hanya berkisar 17 kilo meter dari arah timur Kota Sumenep, menuju desa Basoka.

Tradisi Ojung
Di Kecamatan Rubaru, salah satu budaya yang dilestarikan adalah Tradisi Ojung. Kegiatan ini sering dilakukan di Desa Bunbarat, Kecamatan Rubaru tepatnya di Dusun Mambang. Konon, mereka menganggap tradisi Ojung sebagai menandai selamatan desa dan tolak balak bencana. Ojung itu, dua orang yang mengadu kekuatan fisik dan kekebalan dengan cara saling pukul memakai rotan di lapangan. Aturan mainnya, keduanya bebas memukul kecuali kepala dan paha hingga betis.

Desa-Desa di Kecamatan Rubaru 
1 Desa Bana Sare
2 Desa Basoka
3 Desa Bunbarat
4 Desa Duko
5 Desa Kalebengan
6 Desa Karangnangka
7 Desa Mandala
8 Desa Matanair
9 Desa Pakondang
10 Desa Rubaru
11 Desa Tambaksari

Potensi yang dimiliki Kecamatan Rubaru tentu banyak, akan tetapi tanpa dukungan dari berbagai pihak khususnya Pemerintah Sumenep, maka potensi alam yang dimilikinya akan hilang dengan sendirinya.
rubaru sumenep

Sebagian informasi tentang kecamatan Rubaru diatas sebagian dikutip dari situs laman Disbudparpora dan Sumenep.go.id serta merujuk pada pelaksanaan KKN saya sendiri di kecamatan Rubaru


EmoticonEmoticon