Contoh Isim Nakiroh Dan Pengertiannya

mahwu contoh isim nakiroh
Isim Nakiroh ialah isim yang menunjukkan sesuatu yang/secara umum, yang belum jelas maksud yang diinginkannya. Isim Nakiroh merupakan bentuk asal dari setiap Isim, biasanya ditandai dengan huruf yang berharokat bertanwin di ahirnya. Isim ini merupakan kebalikan dari isim ma'rifat.
Contoh: مُسْلِمٌ - بَيْتٌ

Isim yang belum ditentukan untuk menunjukkan kata benda yang mana, bagaimana, adanya dimana, milik siapa, tentang apa, hingga tidak jelas menyebutkan atau menunjukkan benda tersebut, karena maknanya bersifat umum. Maka itulah Nakiroh

Sebab-sebab Penggunaan Isim Nakirah

A. Menginginkan makna tunggal, seperti: وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ أَقْصَى الْمَدِيْنَةِ Artinya : Dan datanglah seorang laki-laki dari ujung kota Maksudnya adalah satu orang laki-laki.

B. Menginginkan jenisnya, seperti: هَذَا ذِكْرٌ Artinya : Ini adalah peringatan وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ Artinya : Dan pada penglihatan-penglihatan mereka itu ada penutup. Maksudnya adalah semacam penutup yang asing yang tidak dikenal oleh para manusia dengan cara menutup terhadap sesuatu yang tidak dapat ditutupi oleh penutup-penutup yang lain.

C. Ta’dzim (pengagungan), dalam pengertian bahwa dia adalah lebih agung daripada jika dijelaskan atau disebutkan, seperti : فَأْذَنُوْا بِحَرْبٍ Artinya : Maka umumkanlah perang Maksudnya adalah dengan peperangan apa saja.

D. Taktsir (memperbanyak), seperti: أَئِنَّا لَنَا لأَجْرًا Artinya : Apakah kami akan mendapatkan ganjaran). Maksudnya adalah yang sempurna yang banyak.

E. Tahqir (meremehkan) maksudnya adalah terperosoknya nilainya sampai kepada suatu keadaan dimana dia tidak layak untuk dijelaskan. Seperti : إِنْ نَظُنُّ إِلاَّ ظَنَّا Artinya : Kamu tidak lain hanyalah berprasangka dengan suatu prasangka Maksudnya adalah prasangka hina yang tidak dapat dijadikan sebagai pedoman. Jika tidak demikian, maka mereka pasti mengikutinya, karena itulah kebiasaan mereka.

F. Taqlil (menyedikitkan), seperti : وَ رِضْوَانٌ مِنَ اللهِ أَكْبَرُ Artinya : dan keridlaan dari Allah adalah lebih besar. Maksudnya adalah keridlaan yang sedikit dari-Nya adalah lebih besar daripada surga-surga. Karena keridlaan-Nya adalah pincak setiap kebahagiaan. Sedikit dari-Mu Cukup untukku, tetapi Sedikit-Mu Tiada bisa dikatakan sedikit.

Perbedaan Isim Nakiroh dengan isim ma'rifat ialah, kalau isim nakiroh dapat menerima tanwin dan bersifat umum atau tidak tentu. Sedangkan makrifat dapat menerima (ال) bersifat khusus atau tertentu.


EmoticonEmoticon