Cara Membuat Dan Mengelola Blog Dengan Mudah, Berikut Panduannya

Cara Membuat blog itu mudah sekali. Karena pada pada dasarnya, yang dilakukan seorang blogger hanya membuat postingan. Ya, hanya sebatas membuat tulisan lalu di postkan di blog, itu saja. Berbeda kalau ingin blog yang kita kelola ingin bersaing dengan blog-blog lain. Maka disana ada cara-cara yang harus dilakukan berkaitan dengan seo. Untuk pemula sebaiknya cukup membuat blog dulu dan isi dengan artikel-artikel yang bermanfaat. 

Disana Terdapat puluhan platform untuk membuat blog. Pilih satu saja, kalau perlu dicoba semua tidak masalah.  Mulai dari wordpress, blogger, tumblr, joomla, webly, squidoo, dan lain sebagainya. Yang paling mudah dari sekian platform, yakni Blogger yang beralamat di blogge.com dengan embel domain blogspot.com, karena simpel dan mudah dikelola. Hostingnya langsung dari pihak google. Tentunya semua platform blog memiliki kelebihan dan kekurangan.

Disini saya mau memberikan contoh membuat blog dengan platform miliknya google. Sebelumnya kita harus persiapkan akun Gmail, dan membuat profil Google+ (Plus). Kalau sudah punya akun tersebut, baru kita mulai membuat blog. Berikut panduan cara membuatnya:

Buka situs blogger.com, buat suatu blog dengan nama dan alamat sesuai keinginan (perhatikan gambar dibawah) Setelah itu, pilih template (mau seperti apa tampilan blog). Kemudian Create/buat blog. Dari sini kita sudah punya blog yang siap digunakan. Tinggal membuat artikel semaunya.
cara membuat blog

Agar lebih mudah dan gampang cara mengelola blog, kenali dulu fitur-fitur atau menu yang ada di Blogger.
fitur dan menu blog


ENTRI BARU : Membuat Postingan/artikel Baru

SEMUA POST : Menampilkan semua artikel, komentar dan jumlah pembaca

STATISTIK : Melihat jumlah tayangan Blog, mulai dari jumlah pengunjung hari ini, kemarin, bulan lalu, sepanjang waktu, asal Negara pengunjung, dan sebagainya

KOMENTAR : Melihat dan mengatur komentar orang di blog

KAMPANYE : Fitur iklan, Untuk menghasilan blog yang maksimal dan mendapatkan pengnjung yang lebih banyak. Biasanya fitur ini dimanfaatkan oleh blog-blog bisnis.

LAMAN : Fungsinya untuk membuat artikel sama seperti membuat postingan pada fitur Entri Baru. Hanya saja laman diperuntukkan untuk artikel yang tidak mau di index oleh google dan tidak ditampilkan di tampilan muka (Home Page) Blog. Biasanya diisi dengan Profil, About, Contak, Disclaimer, dll.

TATA LETAK : Mengatur dan menyesuaikan tampilan blog, mau seperti apa, mau diletakkan dimana menu-menu blog.

TEMPLATE : Mengatur dan mengedit template Blog. Baik mau menggunakan tempate bawaan blogger maupun mau menggunakan template pihak ketiga. Ada dua cara dalam mengganti template disini, upload langsung dari komputer dan melalui edut HTML.

SETELAN : Fitur untuk pengaturan Blog. Seperti menganti nama dan alamat blog, menghapus blog, mengundang penulis lain, dll.

Jika masih bingung dengan fitur-fitur yang ada diblog, hal ini sering dialami pemula, cukup dengan membuat postingan saja. Sambil menjalani sebagai seorang blogger, sedikit demi sedikit, setahap demi setahap, belajar mengelola blog. Nantinya akan mengerti dengan sendirinya.


EmoticonEmoticon