Tugas Dan Kewajiban Mahasiswa Peserta PPL

Peserta PPL
Praktik  pengalaman lapangan/PPL I maupun PPL II merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa untuk mencapai gelar sarjana pendidikan.  Tugas dan kewajiban mahasiswa dalam pelaksanaan praktik pegalaman lapangan di sekolah tertentu. sebenarnya selain kegiatan pengabdian pada sekolah yang bersangkutan, PPL juga merupakan kegiatan kependidikan untuk meningkatkan dan memperdalam ketrampilan mahasiswa yang terkait dengan praktik mengajar dan praktik persekolahan. Dengan demikian kegiatan PPL harus lebih menekankan ketrampilan mahasiswa dalam bidang keguruan, baik itu kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan manajemen sekolah lainnya.

PPL sebagai  wadah atau sebagai media untuk mendapatkan pengalaman pendidikan secara faktual di lapangan untuk menerapkan ilmunya secara langsung. Kerjasama antara guru pamong dengan mahasiswa PPL dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam menjalankan tugas pengajaran dan memantapkan diri sebagai pengajar profesional.

Dalam pelaksanaanya, ada beberapa tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawab mahasiswa sebagai peserta PPL II. Diantaranya
  1.  Mahasiswa terampil menyusun perangkat pembelajaran kreatif dan inovatif, sesuai dengan bimbingan yang didapatkan sebelumnya.
  2.  Mahasiswa terampil melaksanakan praktik pembelajaran riil di kelas dengan model-model pembelajaran yang akan diterapkan.
  3. Mahasiswa terampil menyusun laoran menejemen pendidikan di sekolah
  4. Mahasiswa memiliki kemampuan membina kerja sama dan terampil melaksanakan hubungan personal dan social dengan siswa dan personalia sekolah.
Tugas dan kewajiban diatas hanyalah yang bersifat umum. Tak menutup kemungkinan ada tugas dan kewajiban yang diterapkan oleh pihak lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan. kurang lebihnya silahkan tambah sendiri. wassalam...


EmoticonEmoticon