Rukun Islam

rukun islam
Rukun Islam itu seperti akar pohon. Jika akar pohon mengakar kuat ke dalam ke bumi, maka semakin kokoh pohon itu meski menjulang tinggi diterpa angin. Sebaliknya, jika akarnya tidak mengakar ke dalam, walaupun pohon itu tidak tinggi, maka akan mudah tumbang dan rapuh. Kalau Rukun Islam sudah tertanam kuat dalam hati, maka semakin kuatlah keimanan seseorang.

Apa saja rukun islam?  Yaitu:

1. Mengucap dua kalimah syahadah.
Syahadat merupakan syarat wajib untuk masuk islam. Syahadat ini memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati, kemudian mengamalkannya dengan perbuatan.

2. Mendirikan solat.
Shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap mukallaf dan hukumnya fardhu ain. Shalat prioritas utama dalam Islam dan yang akan pertama kali dihisab pada hari kiamat. Merupakan sarana penghubung antara seorang hamba dengan Tuhannya.

3. Menunaikan zakat
zakat adalah kewajiban menyisihkan harta untuk disalurkan kepada orang yang berhak menerikanya. Selain itu, zakat juga merupakan penyuci harta benda.

4. Berpuasa di bulan Ramadhan.
Puasa merupakan ibadah kepada Allah yang diperintahkan dalam islam, seorang hamba tidak tahu pahala tentang puasa Ramdhan, karena itulah Allah memberikan pahala secara husus kepada orang yang mengamalkannya.

5. Menunaikan Ibadah haji
Melaksanakan ibadah haji, merupakan kewajiban bagi orang yang mampu. Kalau seorang muslim tidak mampu, maka gugurlah kewajiban ini. Waktu pelaksanaan ibadah haji hanya satu tahu sekali.

Dalil tentang rukun islam yaitu terdapat pada  hadits berikut:

عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ .(رواه البخاري و مسلم)

Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhuma-, katanya, “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, ‘Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan’”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)


EmoticonEmoticon