Contoh Dan Cara Membuat Laporan PPL II (Praktik Pengalaman Lapangan)

Laporan PPL

Bagaimana cara membuat laporan PPL? Membuat Laporan adalah kewajiban peserta setelah menyelesaikan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sebagai tanggung jawba dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Maka dari itu, selaman ppl berlangsung. Hendaknya peserta tertib adminstrasi, yang nantinya dibuat untuk laporan. Dan catatlah segala informasi tentang sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan. berikut cara membuat sekaligus contoh laporan tentang kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan:

jika anda tidak ingin ribet dengan format-format cara pembuatan laporan, silahkan download langsung contohnya disni : CONTOH LAPORAN PPL

KATA PENGANTAR
                                                          
Alhamdulillaahirabbil’aalamiin, puji dan syukur penulis haturkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga laporan hasil PPL II ini dapat diselesaikan pada waktunya. Shalawat dan salam semoga tercurah selalu kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan pengikut beliau sampai akhir zaman...dst. (diisi dengan pengantar yang berkaitan dengan pelaksanaan ppl)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

_________________________ (Isilah dengan apa yang melatar belakangi mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL dilembaga tertentu)
 
B.     Tujuan Program Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL II )

Secara umum dan menyeluruh PPL II ditujukan untuk pembentukan profesionalitas guru atau tenaga kependidikan yang lain. Sasaran yang ingin dicapai adalah terbentuknya pribadi calon pendidik yang mempunyai seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya, serta cakap dan tepat menggunakannya di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Secara khusus PPL II bertujuan agar calon guru dapat:
  1. Membimbing para mahasiswa ke arah terbentuknya pribadi yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan bagi profesi guru, administrator pendidikan serta mampu menangkap makna dari situasi keguruan yang dihadapi.
  2. Membimbing para mahasiswa calon guru agar berkepribadian pendidik/ guru yang baik dan setia pada profesinya, dan mampu mengembangkan ilmu-ilmu yang sesuai dengan bidang pendidikan dan perkembangan zaman serta cakap menyelenggarakan pendidikan di sekolah dan di luar sekolah.
  3. Membimbing para mahasiswa calon guru agar menghayati secara mendalam dan mengaktifkan diri dalam semua kegiatan keguruan, sehingga nantinya terbentuknya sikap mental mahasiswa yang sesuai dengan profesinya (guru)
C.  Waktu Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II ( PPL II )

Diisi dengan tanggal dan kapan waktu pelaksanaan ppl, misalakn jam sekian. Dalam kondisi seperti apa. Tulis dilaporan anda.

D.  Tempat Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II ( PPL II )
Berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan dari pihak kampus Universitas/Perguruan tinggi___________________ pelaksanaan ppl II  bertempat di :
Nama Sekolah       : 
Jalan                      :
Kota                      :

E. Kegiatan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II ( PPL II )

Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL II) ini mahasiswa diberi kesempatan berlatih secara mandiri untuk menerapkan secara utuh dan terintegrasi segala kemampuan keguruan di dalam situasi nyata sekolah menengah, pengayaan konteks, dan mengasah kemampuan refleksi seperti halnnya dalam pelatihan terbimbing, dalam pelatihan mengajar dan tugas-tugas keguruan lainnya, secara mandiri fokus perhatian ditujukan kepada pengembangan kemampuan profesional guru, yaitu kemampuan membuat persiapan mengajar, penampilan diri sendiri dan dampaknya kepada siswa._____________ ( selanjutnya diisi dengan kegiatan apa saja yang dilakukan selama mengikuti PPL)

BAB II
RENCANA KEGIATAN PRAKTIK

Praktek atau latihan mengajar yang dilakukan adalah mempraktekkan secara langsung mengajar di kelas. Calon guru yang melaksanakan praktek mengajar ini sesuai dengan petunjuk dan mengikuti kurikulum dan rencana pelajaran pada saat pertemuan yang telah ditentukan. Sebelum mengajar, calon guru terlebih dahulu mempersiapkan seperangkat alat pembelajaran. Semua ini harus dilaksanakan layaknya seperti guru-guru yang akan mengajar siswa di kelas.

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PPL II

A.    Pelaksanaan Kegiatan Praktik Mengajar

1. Pelaksanaan Praktik Mengajar
Pelaksanaan latihan mengajar sangat diharapkn dapat memenuhi kompetensi guru serta pengajaran yang baik sesuai yang tercantum dalam Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) dan tentu saja harus sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun. Kecuali adanya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran tidak sesuai rencana, yang karenanya seorang calon guru yang akan menjadi guru harus terbiasa mengendalikan situasi dalam kelas.

Kegiatan yang dilakukan di dalam kelas dibagi menjadi tiga tahapan. Tahapan pertama adalah pre-activity atau kegiatan awal dalam pembalajaran. Di sini seorang guru mencoba untuk memotivasi siswa dalam belajar dan mencoba mengaktifkan perhatian dan pengetahuan siswa berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Kegaiatan ini bisa dilakukan dengan kegiatan tanya jawab yang memancing pengetahuan dasar siswa, bisa juga dengan menunjukkan suatu gambar yang menarik yang berhubungan dengan materi, ataupun mendemonstrasikan suatu kegiatan yang mana kesemua hal ini adalah untuk membimbing siswa menuju materi yang akan diajarkan.

Tahapan kedua adalah while-activity atau kegiatan inti pembelajaran, setelah guru memberi siswa pemanasan di kegiatan awal, guru kemudian membawa siswa pada kegiatan inti yaitu penyampaian materi pembelajaran. Di dalam menyampaikan materi guru hendaknya melakukannya dengan sistematais, sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan memberi banyak contoh-contoh yang bisa ia temui maupun lakukan. Penjelasan hendaknya jelas dan tidak membingungkan siswa. Setelah memberikan penjelasan yang memadai, kegiatan selanjutnya adalah pemberian latihan untuk menilai sejauh mana siswa telah memahami pelajaran yang kemudian didiskusikan agar seluruh kelas lebih mengerti.

Tahap terakhir atau post-activity adalah kegiatan akhir pembelajaran. Pada tahap ini, guru mengajak siswa untuk kembali menyimpulkan apa yang mereka pelajari hari ini, dan membimbing siswa untuk mengetahui poin-poin penting yang ada dalam materi tersebut. Selanjutnya guru dapat memberikan evaluasi individu maupun pekerjaan rumah untuk melihat pencapaian siswa berikutnya dan menganalisa bagian-bagian yang mungkin perlu diremidial atau dijelaskan ulang.

Sebelum ataupun setelah praktek mengajar guru pamong memberikan bimbingan dan masukan serta berdiskusi dengan mahasiswa tentang kegiatan belajar mengajar sehingga pratik mengajar yang selanjutnya dapat ditingkatkan agar lebih baik.

2.       Saran-Saran Guru Pamong
___________________diisi dengan saran-saran guru pamong selama mahasiswa mengajar maupun ketika diluar praktik

3.       Saran-Saran dari Dosen Pembimbing
___________________ (disi dengan saran Dosen pembimbing). Contoh: Sebelum melaksanakan kegiatan praktik mengajar, mahasiswa juga melakukan konsultasi denagn dosen pembimbing mengenai materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar rancangan pembelajaran yang disiapkan benar-benar memadai untuk pencapaian kegiatan belajar mengajar dengan baik. Dalam pelaksanaan PPL ini dosen pembimbing memberikan beberapa saran seperti:

4.       Hambatan Yang Dialami
__________________________________(diisi dengan hambatan apa saja yang dialami). Contohnya hambatan kenakalan siswa, kurangnya fasilitas, kurangnya kordinasi dengan pihak sekolah dsb. Lalu jelaskan secara terperinci.

B.     Pelaksanaan Kegiatan Non Mengajar
Selain kegiatan praktek mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL adalah kegiatan non mengajar yang memberikan latihan kepada mahasiswa PPL  sebagai seorang calon guru dapat melaksanakan kegiatan selain mengajar sebagai tugas utama. Kegiatan non-mengajar yang diadakan di sekolah latihan meliputi :___________________

1.       Kegiatan Administrasi Sekolah/Kelas/Bidang Studi
Dalam kegiatan praktek mengajar ini, yang dilakukan mahasiswa untuk memenuhi tugas administrasi antara lain membuat satuan pelajaran, rencana pembelajaran selama kegiatan praktek mengajar. Adapun kegiatan administrasi yang dilakukan adalah mengecek daftar hadir siswa, memberi tanda perpindahan jam pelajaran, menggantikan guru yang berhalangan hadir mengajar atau dengan kegiatan lain untuk mengisi jam pelajaran yang kosong tersebut dan membantu menilai soal-soal ulangan.

2.       Melaksanakan Kegiatan Kurikuler dan Ekstra-Kurikuler
Kegiatan ekstra-kurikuler ini sesuai dengan kegiatan yang ada di sekolah latihan. Ada bermacam jenis kegiatan kurikuler yang mana di sekolah ini dikenal sebagai ”Pengembangan Diri

C. Analisis Pelaksanaan PPL II
______________________________(buatlah analisis tentang perjalanan peserta ppl selama mengikuti kegiatan)

BAB IV
PENUTUP

A.     Kesimpulan
         (buat kesimpulan)           
B.     Saran  saran
1. Untuk Sekolah
(sampaikan kritik dan saran keapada pihak sekolah dimana ppl dilaksanakan)
2. Untuk Mahasiswa
(sampaikan pesan/kritik/saran kepada teman-teman peserta PPL)

*Catatan: contoh Format laporan PPL tidaklah sama antara yang satu dengan yanglainnya. Baca juga : Tugas Dan Kewajiban Peserta PPL


EmoticonEmoticon