Delapan Aliran/Paham Sesat Di Indonesia

Aliran sesat
Image: konfrontasi.com
Aliran sesat sering dikatakan aliran yang menyimpang dan sering meresahkan kehidupan masyarakat. Paham-paham atau golongan semacam ini selalu mendapat penolakan dari masyarakat luas. meski aliran atau paham itu mempunyai pengikut yang tak seberapa, tapi kebanyakan masyarakat luas menolaknya. karena keyakinan mereka dikaitkan dengan kepercayaan yang sudah turun temurun diyakini akan kebenarannya. di Indonesia pernah ada aliran yang telah dinyatakan sesat dan menyimpang. berikut 8 (delapan) aliran paham sesat yang pernah ada di Indonesia

1.       Aliran  Sesat  Shalat Dua Bahasa (Ahad Soht)

                Dari sekian banyak jumlah aliran-aliran sesat yang kita ketahui dan kita dengar melalui media atau bahkan pernah kita jumpai langsung yang ajarannya sangat menyimpang dari apa yang telah ada dalam konteks Islam itu sendiri. Walawpun mereka percaya adanya Allah SWT, dan Nabi Muhammad SAW, serta kitab Al-Qur’an yang mereka jadikan pedoman, namun penyalahgunaannya yang sangat fatal dan tidak sesuai dengan isi dan ajaran Nabi Muhammad SAW, salah satunya adalah apa yang akan saya tulis dalam memenuhi tugas UTS pada materi Aswaja I, dengan salah satu contoh aliran Islam yang menyesatkan yang mana aliran sesat ini tengah beredar di salah satu pulau Sulawesi dan termasuk Sulawesi Selatan, tepatnya yaitu di kota Makasar.

                Dalam aliran sesat ini mereka menganggap Nabi Muhammad SAW, sebagai Tuhan. Dan aliran ini telah menyebar di Dusun Laiya, Desa Matajang, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Aliran sesat ini di pimpin oleh Daeng Kulle. Sampai saat ini pengikut aliran ahad soht ini telah bertambah jumlahnya menjadi 50 orang, yang terdiri dari dari orang dewasa dan anak-anak.
               
Aliran sesat ini mempercayai adanya Tuhan di atas Allah SWT, yang bernama “ ahad soht “. Mereka menganggap Nabi Muhammad SAW,  sebagai Tuhan di atas Allah SWT. Bahasa yang digunakan ahad soht adalah bahasa arab yang bercampur dengan bahasa Makasar. Ahad soht mengaku mendapatkan bahasa itu dari wali songo titisan Karaeng Daeng Paturu.

                Aliran ini mengajarkan hanya dua kalin shalat bagi tiap-tiap pengikutnya yakni “ lohor asar “. Dalam shalatnya mereka hanya diperbolehkan membaca al-fatihah, dan do’a yang diberikan khusus oleh ahad soht dengan bahasa makasar. Menurut soht, cara ini agar terhindar dari bala atau dengan kata lain supaya terhindar dari mala petaka. Selain itu para pengikutnya juga diajarkan tata cara beribadah dengan cara yang aneh-aneh seperti bersemedi, bergoyang-goyang dan meraung-raung seperti binatang pada umumnya. Menurut mereka agar supaya jasad mereka dapat dimasuki oleh Malaikat.

                Mereka juga menjadikan Al-Qur’an sebagai kitab suci dan dijadikan pedoman, hanya saja pengikutnya dilarang membaca Al-Qur’an. Dan hanya peminpin aliran ini yang bisa membacanya. Dan Al-Qur’an itu hanya dibaca setiap hari senin pada saat kelompok ahad soht ini melakukan upacara. Dalam upacara itu, para pengikutnya harus membawa tongkat dan senjata yang tajam. Ahad soht melarang pengikutnya membaca Al-Qur’an, hanya peminpinnya yang dapat melakukannya.

                Untuk menuju Desa Laiya, di Kabupaten Maros tempat atau markas aliran sesat ini menyebarkan dan mengajarkan ajarannya, kita harus menggunakan kendaraan dari kota Maros menuju Kecamatan Cenrana, dan diperlukan waktu sekitar dua jam lalu berjalan kaki menyusuri gunung  dan bukit yang terjal.
                Menurut ketua Majelis Ulama Kabupaten Maros “ KH. SAHABUDDIN HAMID “ menyatakan bahwa ajaran ahad soht tersebut tidak boleh dipercaya dan tidak boleh diikuti. Sebab tidak sesuai dengan isi ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits. Karena ajaran itu juga meresahkan sebagian warga Maros, terutama mereka yang tinggal  atau menetap di Dusun Laiya Desa Matajang Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros


2.       LEMBAGA KERASULAN
Mereka menganggap bahwa Rasul itu di utus sampai hari kiamat. Rasul itu personnya, oleh sebab itu harus ada lembaganya ( sama dengan menteri dan departemennya ). Kalau Rasul meninggal maka harus ada Rasul baru yaitu imam mereka, apabila tidak taat pada imam mereka berarti tidak taat pada Rasul, dan itu merupakan dosa besar. Gerakan ini ingin mendirikan NII ( Negara Islam Indonesia ) versi mereka sendiri dengan tokohnya : Aceng Syaifuddin.

Pokok-pokok ajarannya adalah:
1.       Rasul di utus sampai hari kiamat
2.       Wajib bai’at serta taat pada imam
3.       Dosa bias di tebus dengan uang kepada imam. Besar kecilnya uang tergantung besar kacilnya dosa yang diperbuat
4.       Perkawinan harus dihadapan imam mereka dan diadakan oleh imam mereka, sedangkan orang tua tidak perlu tahu.
5.       Membagi periode Makkah dan Madinah. Sekarang di anggap masih  periode Makkah, jadi belum wajib shalat, puasa, haji, serta belum diharamkan khamr dan minuman memabukkan lainnya.
6.       Mengaji harus kepada imam

Munculnya fenomena aliran sesat ini tidak terlepas dari problem sikologis, baik para tokoh pelopornya, pengikutnya serta masyarakat secara keseluruhan. Aliran sesat ini mengindikasikan adanya anomaly nilai-nilai di masyarakat. Aliran sesat bukan fenomena baru, selain dia menggambarkan anomaly, juga kemungkinan adanya deviasi social yaitu selalu ada komunitas yang abnormal. Baik ia berada dalam abnormalitas demografis, abnormalitas psikologis. Sedangkan bentuk deviasi dapat bersifat individual, situasional dan sistematik. Aliran sesat ini didefinisikan sebagai aliran yang menyimpang dari mainstream masyarakat, namun batasan ini menjadi rancu karena kriteria kesesatan bersifat multikriteria. Oleh karena itu silang pendapat adalah suatu aliran sesat atau tidak merupakan masalah tersendiri yang tidak mudah.    

3.       ALIRAN DUNUNG URIP
Sekitar pertengahan februari tahun 2009 yang lalu, masyarakat Kabupaten Blitar, Jawa Timur dihebohkan dengan atau oleh munculnya aliran kepercayaan yang dapat memberikan Tiket ke Surga. Nama aliran tersebut adalah aliran dunung urip. Aliran sesat ini dipimpin oleh seorang pria yang bernama “SULIYANI”, warga Desa Jajar, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Salah satu inti ajarannya adalah memberikan sedekah sebanyak 4 juta rupiah kepada sang peminpin aliran dunung urip, maka mereka pun dapat masuk las  tanpa harus menjalankan syariat agama, seperti meninggalkan shalat dan puasa wajib di bulan ramadhan.

                MUI, setampat sudah menyatakan bahwa ajaran aliran dunung urip adalah ajaran yang sesat. Bahkan saat itu, MUI setempat segera membubarkan kelompok itu, karena dinilai telah menyalahi ajaran syariat islam. Namun peminpin alliran dunung urip tersebut membantah tuduhan MUI, menurut dia, ajarannya bertujuan untuk mencari ketenangan hati.Aliran tersebut ada kemiripan dengan aliran sesat Ahmadiyah, yang sama-sama mewajibkan pengikutnya membeli kafling las  yang dijual oleh pminpinnya, hanya di kafling itulah seseorang las masuk las , yaitu apabila jenazahnya dikuburkan ditempat itu atau yang penting punya sertifikat kuburan.Suliyani peminpin aliran dunung urip atau peminpin aliran masuk las  itu mengajarkan kepada para pengikutnya  bahwa shalat tidak perlu gerakan  dan menurutnya ibadah shalat  hanya cukup dengan melakukan perenungan dalam hati saja.

                Suliyani juga kerap menandaskan  atau mengucilkan bahwa kitab suci  Al-Qur’an yang menjadi pedoman umat islam sejak Nabi Muhammad itu dan yang ada pada saat ini ditulis oleh tangan-tangan manusia yang diliputi dengan hawa nafsu.Suliyani sang peminpin aliran sesat tersebut juga mengkritisi Nabi Muhammad SAW, ssebagai sosok manusia yang hanya mampu menyelamatkan umat  manusia sampai pada akhir zaman atau pada hari akhir yaitu hari kiamat saja. Dan menurut Suliyani Nabi Muhammad SAW, tidak mampu menyelamatkan umat manusia sampai pada kehidupan yang kekal yakni kehidupan akhirat. Karena menurut Suliyani Nabi Muhammad SAW, masih memiliki hawa nafsu duniawi yang menyelimuti diri beliau, salah satu contoh yang dijadikan las an kenapa Suliyani berkata demikian ialah bahwa Rasulullah Muhammad SAW, masih melakukan dan mengikuti peperangan dalam menyebarkan dan memperluas ajaran yang dibawanya yaitu Agama Islam.


4.       ALIRAN PEMBAHARU (ISA BUGIS)
                Sampai sekarang aliran sesat Ingkar Sunnah Isa Bugis masih terdengar nyaring gaungnyadan masih tetap populer dikalangan orang munafik kampus, sebuah pemikiran dan paham sesat yang dirintis oleh seorang yang bernama Isa Bugis , dikota Bhakti Aceh Pidie, yang tinggal dikota Kayu Manis Jakarta Timur.
                Isa Bugis berusaha memahami dan menganalisa ajaran agama Islam berdaarkan teori pertentangan antara dua hal. Seperti ideology komonis dan kapitalis, antara nur dan zhulumat. Ia berupaya untuk mengilmiahkan agama dan kekuasaan Tuhan dan akan menolak semua perkara yang tidak bisa di ilmiahkan atau tidak bisa diterima oleh akal, sehingga ajaran Isa Bugis ini banyak diikuti oleh kaum intelektual yang cenderung lebih memberhalakan akal dan fikiran.Banyak sarjana yang tertarik dengan ajaran Isa Bugis.

                Pokok-pokok ajaran Isa Bugis:
1.       Air zam-zam di Makkah adalah air bekas bangkai orang arab.
2.       Semua kitab tafsir Al-Qur’an yang ada sekarang harus dimusiumkan, karena semuanya salah.
3.       Menolak semua mukjizat para Nabi dan Rasul, seperti kisah Nabi Musa, membelah laut dengan tongkatnya dalam Al-Qur’an adalah dongeng seperti lampu aladin.
4.       Nabi Ibrahim menyembelih Ismail adalah dongeng.
5.       Ka’bah adalah kubus berhala yang dikunjungi oleh Turis setiap tahun.
6.       Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid dan sejenisnya adalah syirik. Ulama’ yang mengerjakan dan mengajarkan ilmu tersebut harus disingkirkan ke pulau seribu.
7.       Al-Qur’an bukan bahasa arab, sehingga untuk memahami Al-Qur’an tidak perlu belajar bahasa arab, tata bahasa arab dan sejenisnya.
8.       Setiap orang yang intelek diberi kebebasan untuk menafsirkan Al-Qur’an walaupun tidak mengerti bahasa arab.
9.       Ajaran Nabi Muhammad SAW, adalah pembangkit imperialisme arab.
10.   Ajaran kurban pada waktu Idul Adha tidak ada dasar kebenarannya.
11.   Muballigh-muballigh Islam yang menyebarkan agama keluar tanah arab adalah pemabuk zhulumat yang haus darah dan harta.
12.   Indonesia adalah diantara sekian banyak korban-korban dari kebiadaban arabiesme.
13.   Lembaga pembaharu ( yang dipimpin oleh Isa Bugis ) adalah Nur, sedangkan orang atau golongan diluar lembaga pembaharu Isa Bugis adalah zhulumat, sesat.
14.   Sekarang masih periode Makkah, sehingga belum diwajibkan untuk melaksanakan shalat, puasa wajib dibulan Ramadhan dan lainnya. Begitu juga minum-minuman yang memabukkan. Seprti khamr dan sejenisnya belum diharamkan.


5.       AJARAN BIJAK BESTARI
                Yayasan  Imperium Zakiya Makta didirikan oleh HMA Bijak Bestari, yang telah mengajarkan  beberapa hal yang sangat menyimpang dari ajaran Islam sesungguhnya. Dan juga merupakan ajaran yang termasuk dalam kategori ajaran aliran sesat yang tengah berkembang di daerah tempat lahirnya. Yaitu di Binjai, Sumatera Utara.
               
Pokok-pokok ajarannya adalah sebagai berikut:
1.       Ia mengaku bahwa HMA ( Huwa Mu’jizatul A’la Allahu Akbar ) itu Allah, Allah tertinggi. Allah itu Dzat yang menyeluruh. Pada Allah itu ada jabatan-jabatan. Ada Allahu Akbar, ada Ar Rahman dan ada ayat kursi yang memiliki fungsi-fungsi. Diantara fungsi-fungsi itu, yang tertunggi adalah HMA.

2.       Imperium zakiya makta foundation milik HMA terbentuk atas dasar diturunkannya penugasan dari Allah yang Maha Besar mutlak 100% pada tanggal 02 Mei 2001 pukul 00.00 WIB yang diterima langsung oleh HMA Bijak Bestari.

3.       Imperium Zakiya Makta sebagai pusat komando. Deteksi dan dan informasi Ghoib dan Ajaib yang mencakup alam semesta raya secara keseluruhan, mulai alam dimensi 1 sampai alam dimensi 900. Mengadakan apa yang disebut  “ penafsiran ghaib “ dengan melakukan kontak ghaib peminpin ayat masing-masing. Bila kita kontak, kita bisa tanyakan semua ini apa maksudnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa inti ajaran Zakiya Makta adalah keilmuan hipermetafisika yang merupakan salah satu jalan keluar untuk segala keperluan hal-hal positif.

6.       AHMADIYAH
                
 Pada dasarnya jika ada diantara umat  islam yang menganut paham atau mengikuti aliran sesat. Pastinya sudah kewajiban sebagian umat islam yang lain untuk mengingatkan dan meluruskannya. Agar mereka kembali ke jalan yang lurus sesuai dengan apa yang ada di Al-Qur’an dan Hadits, akan tetapi kita tidak boleh melakukan tindak kekerasan dalam menyikapi dan menyelesaikan masalah terhadap orang yang berbeda paham dan aliran.

                Tugas MUI mempunyai kewajiban melindungi umat islam Indonesia agar tidak terjerumus  kedalam aliran yang dinilai sesat untuk itu sangatlah tepat jika MUI mengeluarkan fakta pelarangan terhadap aliran atau paham sesat khususnya Ahmadiyah , MUI sendiri  tidaklah sembarangan mengeluarkan suatu fakta. Seperti dijelaskan dalam pedoman penetapan fakta majelis MUI. Disamping berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah yang mu’tabaroh, juga melalui sesuatu produser panjang dan tela;ah mendalam, kemudian di sidangkan dan dikomparasikan dengan pendapat mazhab dan ulama’. Allah memerintahkan hamba-nya untuk mentaati dan mengembalikan perbedaan pendapat kepada allah dan rasul (QS surat an-Nisa:59) sepanjang umat islam kepada sumber pokok ajaran islam itu dalam menilai dan memutuskan sesuatu maka tidak akan sesat. Diantara pendapat Ahmaduyah adalah akan ada nabi atau rasul lagi setelah Nabi Muhammad pendapat tersebut sangat menyesatkan sebab Al-Qur;an dan hadits telah jelas menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW, adalah nabi yang terakhir dan tidak akan lagi ada Nabi atau rasul setelah beliau.

                Dengan demikian dengan adanya fakta MUI dapat menyelamatkan kaum muslimin khususnya mereka yang akan agar tidak terjerumus ke dalam aliran  sesat. Membiarkan aliran yang di nilai aliran sesat. Apalagi kalau sampai mencabut fatwa MUI akan menimbulkan bahaya (mudharat) dan kerusakan (mafsadah) yang lebih besar bagi sebagian besar umat islam. Baik karena penyesatan yang di lakukan Ahmadiyah atau kemarahan penentangnya.   

Bukankah menolak sesuatu yang akan menimbulkan kerusakan dan bahaya yang lebih besar,lebih baik dari pada mempertahankannya yang kemaslahatannya kecil. Tapi biar bagaimanapun cara yang persuasife, dengan hikmah dan mauidah hasanah (nasehat yang baik dan dialog yang baik). Seperti yang di perintahkan oleh Allah SWT,di dalam Al-Qur’an surah an-Nahl ayat 125 merupakan cara yang terbaik yang harus di kedepankan di bandingkan dengan cara yang anarkis dan kekerasan yang di larang dalam islam.

   
7.       ISIS (Islamic State of  Irak and Syiria

                Kontroversi keberadaan organisasi “Islamic State of  Irak and Syiria” (ISIS) merebab belakangan ini,setelah beredar video di “you tube” yang menayangkan pria yang berbahasa Indonesia mengajak untuk bergabung dengan ISIS. Kekhawatiran kemudian muncul terkait apakah isu ISIS ini di munculkan hanya untuk mengalihkan publik saja. Berita dan perbincangan mengenai ISIS juga mendominasi “ headline” surat kabar maupun media elektronik, mengalahkan kabar mengenai virus ebola yang telah menewaskan lebih dari 700 orang di Afrika. Pihak pemerintah mengenai kementrian Agama telah mengumpulkan berbagai ormas islam untuk menangkal eksistensi ISIS di Indonesia. 
                Awal mula ISIS masuk ke Indonesia ialah melalui internet dan melalui salah satu anggota ISIS dari Indonesia yang kembali ke Indonesia kemudian menyebarkan paham tersebut kepada masyarakat sekitarnya. Menurut BNPT, pada tahun 2013 di deteksi terdapat 56 orang Indonesia yang pergi ke irak untuk begabung dengan ISIS  dan 16 orang diantaranya telah pulang dan merkrut anggota baru di Indonesia. ISIS di kenal ke masyarakat luas terutama melalui media internet yaitu you tobe,com , dimana terdapat salah satu pengikut ISIS di sertai beberapa rekannya mengajak para penonton untuk bergabung dengan ISIS. Selain melalui pengajian dan pertemuaan-pertemuaan keagamaan.
                Sampai saat ini belum diketahui data jumlah anggota ISIS, termasuk pengikutnya di indonisia. Kelompok ini menggunakan media sosial dalam menyebarkan pengaruh dan merekrut anggota di seluruh dunia. ISIS memiliki akun twitter bernama Fajr al-bashaer (@ Fajr 991) untuk merekrut anggota baru yang mau bergabung. Para pendaftar akan dimintai data personal dan selanjut mereka akan dikirim birita seputar pertemuan ISIS di Irak dan Suriya serta perkembangannya.
                Kementerian koordinator politik, hokum dan keamanan juga telah mengumpulkan pimpinan BNTP, BIN,POLRI,TNI dan kementrian pertahanan untuk membuat langkah srategis dalam menangani potensi bahaya yang dapat ditimbulkan dari adanya organisasi ini Negara terlihat sangat serius menangani ISIS ada apa serangan.

                ISIS merilis video di youtube yang berjudul “Join The Rank”, isinya adalah seseorang yang menyebut dirinya Abu Muhammad Al-Indenosi meminta warga Indonesia untuk mendukung perjuangan ISIS menjadi khilafah dunia –ISIS menerbitkan surat kabar elektronik dan cetak dalam bahasa inggris dan arab. Mereka telah menerbitkan surat kabar “Dabiq” dan akan menerbitkan “Chalipate” yang didistribusikan ke seluruh wilayah suriah.
          Pada hari sabtu, 9 Agustus tahun 2014 lalu, Menteri Agama telah bertemu dengan hampir semua organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan yang berazaskan islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, FPI, Forum umat islam, gerakan yang radikal dan tidak sesuai dengan islam sebagai rahmatan lil alamin. Menag dan Ormas islam juga sependapat menolak keberadaan gerakan ISIS di bumi Indonesia.

           Menag bahkan mengancam akan mencabut kewarganegaraan orang yang berangkat ke Irak/Suriah dalam rangka bergabung dengan ISIS. Lagi pula, ISIS dibentuk karena konflik sunni dan Syiah di Irak dan Suria. ISIS bertujuan mengembangkan pimpinan Irak dan Suriahyang berafiliasi Syiah, sehingga tidak relevan bagi warga Negara Indonesia untuk ikut bergabung dengan ISIS.umat islam Indonesia dan saya yakin tidak akan mudah terpengaruh. ISIS menargetkan generasi muda islam yang labil untuk dapat dipengaruhi dan bergabung dengan mereka.

8. Kelompok Gafatar

Gafatar sebenarnya hanyalah organisasi kemasyarakatan, tapi dalam perkembangan dan faktanya di masyarakat khususnya di Kalimantan Barat justru membawa dan menyebarkan paham atau ajaran agama yang meresahkan masyarakat Muslim Karena dianggap bertentangan dan mencederai ajaran Islam. Sekarang sudah terbukti bahwa pimpinannya, sudah mengaku bahwa ia sudah keluar dari Islam.

Gafatar ini pada awalnya bernama al-Qiyadah al-Islamiyah didirikan tahun 2006 oleh Ahmad Musaddeq yang mengaku sebagai nabi. Pada tahun 2007, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menfatwakan sebagai ajaran sesat. Tahun 2008 Ahmad Musaddeq divonis pengadilan dengan hukuman 4 tahun penjara atas penistaan agama. Pada tahun 2009 berganti baju menjadi Komunitas Millah Abraham disingkat KOMAR yang masih menganut ajaran al-Qiyadah al-Islamiyah. Pada tanggal 14 Agustus 2011 berganti baju lagi  dengan nama Gafatar.

Penyimpangan dan kesesatan faham dan ajaran Gafatar diketahui berdasarkan hasil penelitian dan pengkajian terhadap dokumentasi, notulensi, notasi, catatan, diktat sejenis buku panduan bimbingan pengajian, dan buku berjudul Teologi Abraham  Membangun Kesatuan Iman Yahudi, Kristen, dan Islam yang ditulis oleh salah seorang pendiri Gafatar, bernama Mahful. Desain Sampul oleh Jesus Tsani. Penerbit Fajar Madani Depok.  Cet. I Mei 2009. Selain itu, juga berdasarkan pengakuan para anggota, dan kesaksian dari mereka yang pernah ketemu dan berdialog dengan tokohnya.


EmoticonEmoticon