Pengertian Fiqih Islam

kitab fiqih
Fiqih, ada yang menulis dengan Fikih, Fiqh. Merupakan salah satu ilmu dalam islam. Pengertian fikih berasal dari bahasa arab: ﻓﻘﻪ , kemudian di translate kedalam Indonesia menjadi Fiqh. Mempunyai arti Faham atau mengerti. Kalau di tasrif menjadi: ( فقه- يفقه- فقها ) yang berarti pemahaman. Maksudnya Pemahaman terhadap hukum syari’at yang diturunkan oleh Allah dan Rasulnya

Fiqih menurut orang Arab adalah pemahaman dan ilmu. Setelah Islam datang nama fiqih digunakan untuk ilmu agama karena tingkat kemuliaannya dibanding ilmu-ilmu lain. Jika kita temui istilah fiqih di masa generasi pertama Islam maka yang dimaksud adalah ilmu agama, tidak lain. Sedang ilmu agama yang dimaksud di masa itu adalah ilmu yang terkait dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah saw.

Contoh ayat dan hadits yang berkaitan dengan pengertian fiqih

ِ ؕ فَمَالِ ھٰٓؤُلَۤاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا

“Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak MEMAHAMI pembicaraan sedikitpun?” (QS. An Nisa: 78)

 ؕ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَـتَفَقَّهُوْا فِى الدِّيْنِ وَ لِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ اِذَا رَجَعُوْۤا اِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْن

Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pemahaman mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.” (QS. Attaubah:122)

Nabi Saw. Bersabda:

 عن معا وية رضىالله عنه قال: قال رسول الله ص م من يردالله به خيرايفقهه فىالدين. رواه البخارومسلم

Artinya : “Dari Muawiyah RA berkata, Rosulullah telah bersabda “Barang siapa yang dikehendaki Allah akan diberikan kebaikan dan keutamaan, niscaya diberikan kepadanya faham yang mendalam dalam agama”.(HR. Bukhari Muslim).

Pengertian Fiqih secara Istilah beserta pendapat ulama
Secara istilah fikih dapat diartikan. Ilmu yang mempelajari tentang tata cara beribadah kepada Allah. Pengetahuan tentang hukum-hukum syari’at yang berkaitan dengan perbuatan dan perkataan mukallaf, dengan tujuan untuk mengetahui hukum-hukum suatu perbuatan. Apakah itu wajib, sunnah, haram, makruh, mubah, dilihat dari dalil-dalil yang ada. Baik itu dalil qat'i ataupun dalil dzanni.

Definisi fiqih menurut ulama Hanafiyah adalah :
 علم يبين الحقوق والواجبات التى تتعلق بافعال المكلفين
Artinya: “Ilmu yang menerangkan segala hak dan kewajiban yang berhubungan dengan perbuatan para mukallaf”.

Pengertian fiqih menurut Ulama Syafi’iyah :
 العلم الذي يبين الاحكام الشرعية التى تتعلق بافعال المكلفين المستنبط من ادلتها التفصلية
Artinya: “Ilmu yang menerangkan segala hukum agama yang berhubungan dengan perbuatan para mukallaf yang digali (di istinbat) dari dalil-dalil yang jelas (tafshily)”.

Zarkasi Abdul Salam memberikan pengertian, fiqih adalah:
 الفهم .العميق النا خذ تتعرف عليك الا قوال والافعال
Artinya : “Pemahaman yang mendalam lagi tuntas yang dapat menunjukkan tujuan dari perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan”.

Yang perlu kita ketahui juga. Bahwa dalam ilmu fiqih terdapat Usul Fiqih, yang pembelajari ilmu-ilmu usul atau landasan suatu keputusan. Lebih mudahnya Usul Fiqh adalah kaidah-kaidah pengambilan hukum fikih.  Tentunya pengertiannya berbeda dengan fikih yang dibahas disini. Masing masing punya pengertian tersendiru.

Ruang Lingkup Pembahasan Ilmu Fiqih. Pada umumnya yang dibahas dalam ilmu fiqih meliputi ibadah sehari-sehari. Dari itulah muncul beberapa bagian yang disebut rubu, yaitu Fiqih Ibadah, Muamalat, Munakahat, dan Jinayah.


EmoticonEmoticon