Mengatakan Kafir Pada Non Muslim


kafir

Pengertian Kafir berasal dari bahasa Arab: ﻛﺎﻓﺮ, bentuk jama Jamak ﻛﻔﺎﺭ. yang berarti ingkar, menolak atau menutup, menyembunyikan sesuatu, atau menyembunyikan kebaikan yang telah diterima atau mengingkari kebenaran.

Dalam al-Quran, kata kafir dengan berbagai bentuk kata disebut sebanyak 525 kali. Kata kafir digunakan dalam al-quran berkaitan dengan perbuatan yang berhubungan dengan Tuhan, seperti : Mengingkari nikmat Tuhan (QS.16:55, QS. 30:34), Lari dari tanggung jawab (QS.14:22), Menolak hukum Allah (QS. 5;44), Meninggalkan amal soleh yang diperintahkan Allah (QS.30:44).

JENIS JENIS KAFIR
Orang-orang kafir, terbagi menjadi beberapa golongan
1. KAFIR HARBI Yaitu orang kafir yang memerangi Allah danRasulullah dengan berbuat makar diatas muka bumi. (QS. Muhammad : 4)
2. KAFIR DZIMMI Yaitu orang kafir yang tunduk pada penguasa islam dan membayar jizyah/upeti (QS. At Taubah :29)
3. KAFIR MUAHAD Yaitu orang kafir yang tinggal di Negara kafir, yang ada perjanjian damai dengan Negara islam. (QS. Al Anfal : 58) Sabda Rasulullah saw, Barangsiapa yang membunuh seorang muahid maka tidak akan mencium bau surga” (HR. Bukhori)”
4. KAFIR MUSTA’MAN Yaitu orang kafir yang masuk ke Negara islam,dan mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah. (QS. At-Taubah : 6)

Kata kafir tidak selamanya berarti non muslim, karena ada penggunaan kata kafir atau pecahan dari kata kafir seperti kufur, yang bermakna inkar saja, tidak sampai mengeluarkan seseorang dari keislaman. Contohnya kufur nikmat, yaitu orang yang tidak pandai/mensyukuri nikmat Tuhan, atau dalam istilah lain disebut sebagai kufrun duna kufrin (kekufuran yang tidak sampai membawa pelakunya kafir/keluar dari islam).

BOLEHKAH MENGATAKAN KAFIR PADA NON MUSLIM

Janganlah menganggap KAFIR pada orang yang beriman pada Al Qur-an dan Nabi Muhammad. Tapi jangan menganggap TIDAK KAFIR pada orang yang tidak beriman pada Al Qur-an dan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wa sallam. Kita tahu bahwa orang yang menyembah selain Allah Swt disebut kafir atau musyrik, kenapa harus takut mengatakan mereka adalah kafir.

وأن من لم يكفر من دان بغير الإسلام كالنصارى، أو شك في تكفيرهم، أو صحح مذهبهم، فهو كافر، وإن أظهر مع ذلك الإسلام واعتقده، وكذا يقطع بتكفير كل قائل قولا يتوصل به إلى تضليل الأمة، أو تكفير الصحابة، وكذا من فعل فعلا أجمع المسلمون أنه لا يصدر إلا من كافر ، وإن كان صاحبه مصرحا بالإسلام مع فعله ، كالسجود للصليب ، أو النار والمشي إلى الكنائس مع أهلها بزيهم من الزنانير وغيرها. روضة الطالبين باب الردة

Sesungguhnya orang yang tidak mengkafirkan (tidak menganggap kafir) orang yang beragama selain Islam seperti orang-orang Kristiani, atau meragukan kekafiran mereka, atau membenarkan ajaran mereka, maka dia adalah orang kafir, meskipun ia menampakkan keislaman dan meyakininya. Demikian juga dipastikan kekafiran setiap orang yg berkata pada perkataan yang menimbulkn pada menyesatkan umat atau mengkafirkan sahabat Nabi...

Anehnya, sekarang ini banyak non muslim marah ketika disebut kafir. Padahal dirinya benar-benar kafir dan ini adalah hanyalah sebutan nama dalam keyakinan islam. Karena kepentingan politik, tak sedikit orang islam yang ikut-ikutan membela mereka.


EmoticonEmoticon