Tour Wisata Ke Tebu Ireng Jombang

tebu ireng jombang
Alhamdulillah, pada hari minggu tanggal 06 November 2016. Kami telah melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, kegiatan yang merupakan planing terahir kami selaku pengurus UKM. Tujuannya adalah pemakaman Gusdur (Kh. Abdurrahman Wahid) yang terletak di Tebu Ireng Jombang Jawa Timur. Kunjungan kami kesana, bertepatan dengan satu hari setelah pelaksanaan Aktualisasi Resolusi Jihad 5 November 2016.

Kota Jombang, memang terkenal sebagai salah satu  Kota yang islami. Hususnya daerah Tebu Ireng yang merupakan lokasi Pondok Pesantren Alm. Kh. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Saat berkunjung kesana, jarang sekali, bahkan hampir tidak ada. Mahluk mahluk kaum hawa yang memamerkan aurat. Orang-orang yang berlalu lalang pakaiannya serba islami.
makam gusdur

makam gus dur

Sebagai tokoh dan mantan Presiden RI ke 5, tak heran kalau pemakaman Gus Dur di penuhi dengan penziarah. Orang-orang mendoakan dan mengenang jasa-jasa beliau. Sosok yang disebut Wali itu, telah membuat Tebu Ireng Jombang menjadi kawasan yang has akan keislaman.

Salah satu sekolah dengan sistem full day, patut menjadi pelajaran bagi kita, adalah semangat shalat berjamaah. Meski di Masjid penuh dengan wisatawan dan santri-santri yang melaksanakan Shalat, sekolah ini tetap melaksanakan shalat berjamaah di halaman sekolah dengan hamparan tikar. Mulai dari Siswa hingga Guru, semua ikut berjamaah.
tebu ireng jombang

Hal ini pengalaman yang luar biasa, wisata ke Tebu Ireng yang dapat memberikan manfaat dari pada wisata yang hanya sebatas hiburan yang sia-sia. Semoga bisa berkunjung kembali ke tempat yang penuh sejarah tokoh Ulama NU itu.


EmoticonEmoticon