Memahami Pengertian Takhayyul


takhayyul dalam islam
Dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering menemukan sesuatu, yang mungkin terasa aneh, atau sesuatu yang langka terjadi. Sehingga kejadian yang dialami dikaitkan dengan sesuatu pertanda yang akan terjadi dimasa mendatang. Suara cicak petanda roh orang meninggal akan datang, tanda biru dikulit ketika bangun tidur berarti di hisap vampir, tempat seram sarangnya para mahluk halus. Itulah tahayyul-tahyyaul yang sampai sekarang dipercayai oleh sebagian orang.

Pengertian tahayul berasal dari bahasa Arab yang artinya: berangan-angan tinggi, melamun, membayangkan atau menghayal. Mengkait-kaitkan kejadian-kejadian yang dianggap aneh dengan sesuatu, yang tidak ada dasarnya di dalam ajaran Islam. Kebiasaan tahayul akan menyebabkan rusaknya keyakinan kita terhadap islam.

Dalam kamus Mu’jam al-Wasith, makna atau pengertian Takhayyul adalah [تَصَوَّرَهُ ، تَمَثَّلَهُ] yang artinya membayangkan.

Tahayul adalah sembarangan percaya omongan atau hal-hal yang sifatnya negatif tanpa diselidiki lebih lanjut kebenaran atau sebab-sebabnya. Tahayul merupakan mitos yang sering terjadi dimasayarakat. Kepercayaan pada sesuatu yang tidak nyata. Keyakinan yang didasarkan pada nenek moyang dan tradisi. Tahayul tidak lain hanyalah cerita-cerita yang tidak jelas asal usulnya atau cerita dalam mimpi dan cerita yang tidak masuk akal. Dengan kata lain, tahayul adalah kepercayaan terhadap perkara ghaib.



EmoticonEmoticon