Larangan Meminta Jabatan Dalam Pemerintahan


kursi jabatan

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ الْحَسَنِ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ سَمُرَةَ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ سَمُرَةَ لَا تَسْأَلْ الْإِمَارَةَ فَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْهَا وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا وَإِذَا حَلَفْتَ عَلَى يَمِينٍ فَرَأَيْتَ غَيْرَهَا خَيْرًا مِنْهَا فَأْتِ الَّذِي هُوَ خَيْرٌ وَكَفِّرْ عَنْ يَمِينِكَ

Abu Said (abdurrahman) bin samurah r.a. Berkata: rasulullah saw telah bersabda kepada saya :

Ya Abdurrahman bin Samurah, jangan menuntut kedudukan dalam pemerintahan, karena jika kau diserahi jabatan tanpa minta, kau akan dibantu oleh Allah untuk melaksanakannya, tetapi jika dapat jabatan itu karena permintaanmu, maka akan diserahkan ke atas bahumu atau kebijaksanaanmu sendiri. Dan apabila kau telah bersumpah untuk sesuatu kemudian ternyata jika kau lakukan lainnya akan lebih baik, maka tebuslah sumpah itu dan kerjakan apa yang lebih baik itu. (Bukhari, Muslim)

Banyak orang yang meminta pangkat, tak sedikit yang mengejar kedudukan, tak terhitung jumlahnya  yang menginginkan jabatan. Karena nafsu dan demi uang,  tak perduli dengan semua aturan, yang penting jabatan.  Padahal Nabi memberi sinyal melalui sabdanya: Janganlah menuntut kedudukan dalam pemerintahan. Namun kita kesampingkan, merasa ogah dengan yang semua disampaikan.

Tak ada yang salah dengan mengharap atau meminta pangkat jabatan. Hanya saja jangan sampai terlalu kelewatan, karena disekitar ada setan yang akan merusak tatanan kemasyarakatan. Jangan heran, karena nafsu jabatan lahirlah para koruptor-koruptor yang memanfaatkan jabatan.


EmoticonEmoticon