Kata Bijak Muhasabah (Introspeksi Diri)

muhasabah
Muhasabah, dalam bahasa indonesia kita kenal dengan introspeksi diri.  Adalah bagian dari hidup yang perlu kita lakukan. Tanpa Muhasabah/Instrospeksi, kita akan selalu menilai orang lain semenatara lupa pada dirinya. Tanpa menilai diri kita sendiri, kita akan selalu terfokus untuk mencari kekurangan orang lain. Untuk menumbuhkankan sifat Muhasabah kita, salah satunya adalah dengan kata kata bijak atau kata motivasi. Berikut kata kata bijak yang Insyaallah, akan menambah semangat kita untuk selalu ber Muhasabah diri.

1 - Jangan mudah menyerah jika kita gagal. Karena dimana ada kemauan insyaallah ada jalan. asalkan mau berusaha dan berdoa kepada sang pencipta manusia. di balik kesulitan itu selalu ada kemudahan. Jika masih gagal berkali-kali. Introspeksilah, mungkin ada cara yang perlu diperbaiki.

2 - kesuksesan itu tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tentunya ada proses menuju keberhasilan, yaitu ikhtiar (usaha) dan doa. sehingga jika melakukan dua hal itu, maka insyaallah kesuksesan dapat di gapai. Karena doa adalah bagian dari muhasabah diri kita.

3 - musuh yang paling berbahaya dalam diri kita adalah, mengikuti rasa malas serta puas diri.

4 - Jangan menyalahkan dulu, barangkali yang perlu disalahkan itu di dalam diri kita. Yang perlu diperbaiki bukan yang di luar diri kita, tapi di dalam diri kita, hanya saja kita tidak tahu.
 
5- Orang bodoh yang sadar akan kebodohannya adalah orang pintar. Orang pintar yang sadar akan kebodohannya adalah orang sadar. Orang pintar yang merasa dirinya pintar adalah orang bodoh, tak tahu kekurangan dirinya. Yang paling parah adalah orang bodoh yang tidak menyadari kebodohannya. Dia adalah penyakit menular yang berbahaya. ia menularkan kebodohan dan sekaligus kesombongan.

6 - Blajar adalah proses mengubah: Pengalaman menjadi pengetahuan, Pengetahuan mnjadi pemahaman, Pemahaman menjadi kearifan, Kearifan menjadi tindakan.

7 - Berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk membaca Al Quran dengan membaca sebuah status facebook, twitter, instagram dan sebagainya.


EmoticonEmoticon