Makalah Sejarah Sistem Operasi Android

Sejarah Sistem Operasi Android
image:maxmanroe.com
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami kemudahan dalam menyelesaikan makalah tentang operasi system. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penulis  tidak akan sanggup dan tidak mamapu untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW. Karena berkat dakwah beliau kita bisa mengenal iman dan islam
Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah teknologi pendidikan. Kami mendapat tugas membuat makalah tentang sejarah Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya dikenal Operating System (os). yang kami sajikan berdasarkan dari berbagai sumber.
Karena Dosen kami memberi tugas tentang Sejarah  Sistem operasi, maka kami mengambil judul  sejarah Sistem operasi android  yang merupakan system teknologi yang terus berkembang dan tarus mengalami kemajuan saat ini. Lebih-lebih dengan hadirnya berbagai macam gadget dan smart phone yang digandrungi banyak orang
Dengan adanya makalah tentang sejarah android. Semoga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas bagi pembaca. Tentunya makalah ini masih banyak kekurangan. Maka dari itu kami tetap membutuhkan kritik konstruktif untuk pembuatan makalah lainnya.
BAB I
PENDAHULUAN

   A.    LATAR BELAKANG

Android merupakan salah satu system yang sudah dikenal banyak orang. Dengan kemajuan teknologi dan informasi, kini hamper semua orang memiliki smarth phone atau yang dikenal dengan ponsel pintar. Namun sayangnya, banyak orang yang memiliki android namun tidak tahu tentang seluk beluk, apa dan bagaimana android itu. Sebenarnya bukan suatu keharusan untuk mengetahui tentang hal hal yang berhubungan dengan android. Paling tidak sebagai wawasan dan pengalaman kita dalam menggunakan android.

Kalau kita perhatikan dimana-mana, banyak orang yang menggunakan android. Namun mereka hanya sebatas menggunakan. Namun alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu android. Agar nantinya kita punya wawaswan ketika ditanya oleh orang sekitar android. Android setiap waktu selalu mengalami kemajuan dan sealalu ada fitur fitur baru yang belum kita ketahui.

Sebagai pengguna android, tentunya merasakan bagaimana setiap waktu, kita selalu mendapat berita tentan peluncuran hand phone produk produk baru yang berbasis android. Hal itu menandakan bagaiman sejarah android terus mengalami perkembangan. Dengan adanya perkembangan tersebut, kita dapat memanfaatkan android untuk kehidupan kita. Akan tetapi dari sekian banyaknya pengguna android, tidak semua menggunakannya dengan hal hal kebaikan. Justru hanya dijadikan sebuah sarana permainan.

   B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian Android
2.      Bagaimana sejarah berkembangnya android
3.      Apa manfaat dengan adanya android

   C.    TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah pembelajaran teknologi pendidikan dan juga dengan penulisan makalah ini sebagai bahan referensi bagi pembaca.

BAB II
PEMBAHASAN

   A.    PENGERTIAN ANDROID

Android  adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet  Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. ( Wikipedia)

Jadi menurut  hemat penulis.  Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan atau digunakan  pada smartphone saat ini serta menyesuaikan spesifikasi yang berkembang. Sebagaimana kita ketahui smart phone selalu mengalami perubahan atau perkembangan. Dimana para produk produk semart phone selalu memberikan fitur-fitur terbaru dari hasil produknya.

Pengertian Android Menurut Ahli
Menurut Teguh Arifianto (2011 : 1), android merupakan perangkat bergerak pada sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Menurut Hermawan (2011 : 1), Android merupakan OS (Operating System) Mobile yang tumbuh ditengah OS lainnya yang berkembang dewasa ini. OS lainnya seperti Windows Mobile, i-Phone OS, Symbian, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, OS yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, adanya keterbatasan dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi antar proses serta keterbatasan distribusi aplikasi pihak ketiga untuk platform mereka. 


   B.     SEJARAH BERKEMBANGNYA ANDROID

Pada awal mulanya Android Inc, merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.

Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk kepasar mobile phone. Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google,sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

Saat ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi ini didunia. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS), dan yang kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau dikenal dengan Open Handset Distribution (OHD). Sistem operasi ini membuka pintu untuk para developer untuk mengambangkan software ini denganAndroid SDK (Software Development Kit), yang menyediakan tool dan API yang dibutuhkan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platfor Android menggunakan pemrograman Java.

Hal ini membuka kesempatan bagi para penggemar open source untuk ikut terjun mengembangkan sistem operasi Android. Kemudian mulai bermunculan berbagai komunitas yang membangun dan berbagi sistem Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu firmware.

Pada bulan September 2007 Google mulai mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler. Disusul dengan dikenalkannya perangkat seluler Android yang pertama pada tahun 2008, yaitu HTC Dream. Perangkat ini menggunakan sistem operasi Andoroid versi 1.0.

Keunikan dari nama sistem operasi (OS) Android adalah dengan menggunakan nama makanan hidangan penutup (Dessert). Selain itu juga nama-nama OS Android memiliki huruf awal berurutan sesuai abjad; Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, HoneyComb, Ice Cream, Jelly Bean.

Namun juru bicara Google, Randall Sarafa enggan memberi tahu alasannya. Sarafa hanya menyatakan bahwa pemberian nama-nama itu merupakan hasil keputusan internal dan Google memilih tampil sedikit ajaib dalam hal ini. 

Sejarah penamaan  Android

versi android : 1.
Tanpa nama ( Android versi 1.0 1.1 )  Sistem android versi 1.0 ini pertama kali hadir di tahun 2008, tepatnya pada oktober 2008. Ponsel pertama yang menggunakan system android adalah HTC. Pada bulan februari 2009 rilis update pertama android versi 1.1 yang masih belum memiliki nama. Dan untuk android versi selanjutnya google memuskan untuk memberi nama versi android dengan nama makanan ringan, tujuannya adalah agar mudah di ingat oleh para pengguna dan pencinta android 2. Cupcake (Android versi 1.2 – 1.5)

2. Cupcake (Android versi 1.2 – 1.5)

Nama Cupcake diambil dari sebuah makanan ringan berupa kue kecil yang di kemas dalam sebuah wadah yang biasanya di sajikan dengan frosting diatasnya. Dengan penamaan Cupcake ini maka penamaan dari versi Android dimulai. 

3. Donut ( Android versi 1.6 )
Versi selanjutnya adalah Donut, versi ini dirilis pada bulan september 2009 tentu donut sudah tak asing lagi bagi telinga orang Indonesia. Donut adalah sebuah makanan ringan berbentuk bulat yang terdapat lubang di tengahnya ( berbentuk seperti cincin ). Versi android ini memiliki fitur foto dan video dari kamera antarmuka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Selain itu ditambahkan juga dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan diberi versi awal fitur navigasi turn-by-turn besutan Google.

 4. Eclair ( android 2.0 - 2.1 )
Eclairadalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya. Di rilis pada bulan oktober 2009, dengan rilisnya android versi ini google menambahkan fitur Bluetooth 2.1, flash dan kamera dengan digital zoom, multi-touch, live wallpaper dan lainnya. 

5. Froyo ( Android 2.2 - 2.2.3 )
Nama Froyo diambil darikependekan dari Frozen Yoghurt yaitu yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan sehingga terlihat seperti es krim. Versi ini dirilis pada bulan Mei 2010 dengan update memperbaiki segi kecepatan dan pengadopsian Javascript dari browser Google Chrome dengan fitur-fiturnya. 

6. Gingerbread ( Android 2.3 - 2.4 )
Nama Gingerbread diambil dari jahe atau cookie dengan rasa khas jahe yang biasanya berbentuk boneka mirip manusia . versi ini dirilis pada bulan desember 2010. Smartphone pertama yang memakai versi android ini adalah Nexus S yang dikeluarkan oleh produsen Samsung. Android 2.3 Gingerbread ini merupakan OS Android yang paling lama berkuasa bahkan sampai sekarangpun beberapa vendor masih mengeluarkan ponsel dengan versi ini. Adapun perbaikan di versi Gingerbread ini adalah tambahan fitur dukungan untuk SIP internet calling, kemampuan nirkabel NFC, dukungan untuk dual kamera, dukungan untuk sensor giroskop dan sensor lainnya, fitur download manager, sejumlah tweak untuk penggunaan di Tablet, dan lainnya. 

7. Honeycomb ( Android 3.0 - 3.2 )
Nama Honeycomb diambildari nama sereal manis yang terbuat dari jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah, makanan ini yang populer sejak tahun 1965. Untuk versi ini merupakan versi yang ditujukan untuk gadget Tablet. Android Honeycomb rilis pada Februari 2011, kemudian upgrade ke versi 3.1 dan 3.2. 

8. Ice Cream Sandwich ( Android 4.0 )
Android Ice Cream Sandwich atau biasa dikenal dengan nama Android 4.0 ICS adalah versi terbaru Android yang sangat mendukung baik untuk smartphone, tablet, dan lainnya. Android ini rilis pada 19 October 2011. Yang baru dalam android ini adalah perubahan interface dari android sebelumnya, antara lain pengoptimalan multitasking, variasi layar beranda yang bisa disesuaikan dan interaktivitas mendalam serta cara baru yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi konten. Nama Ice Cream Sandwich diambil dari makanan dimana lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang. 

9. Jelly Bean ( Android 4.1 - 4.3 )
Android 4.1 Jelly Bean diumumkan pada 27 Juni 2012 pada konferensi Google l/O yang secara resmi dikenalkan ke publik sekitar Oktober 2012. Versi ini adalah yang tercepat dan terhalus dari semua versi Android. Fitur baru yang terapat di versi ini adalah meningkatkan kemudahan dan keindahan tampilan dari Ice Cream Sandwich dan memperkenalkan pengalaman pencarian Google yang baru di Android. Android 4.2 Jelly Bean jugamenawarkan peningkatkan kecepatan dan kemudahan Android 4.1 serta mencakup semua fitur baru seperti Photo Sphere dan desain baru aplikasi kamera, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya. Untuk nama Jelly Bean pasti semua tahu kan, ya nama ini diambil dari sejenis permen yang juga populer disebut kacang jeli. 

10. KitKat ( Android 4.4 ) Awalnya android versi ini di isukan bernama Key Lime Pie. Namun pada tanggal oktober 2013 google merilis kitkat sebagai generasi android berikutnya. Android versi ini memiliki banyak fitur & semakin memanjakan para pengguna android. Diantaranya : Immersive mode, Akses kontak langsung dari aplikasi telepon, google now launcher, dan pastinya memiliki interface UI yang baru.

   C.    MANFAAT DENGAN ADANYA ANDROID

Dengan adanya android dapat mempermudah kita untuk saling berkomunikasi antara sesame. Selain itu android juga bemanfaat dan berguna untuk mengakses berbagai informasi di internet. Kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki computer yang bisa dugunakan untuk internetan. Dengan adanya android smart phone ini maka memudahakan pengguna yang tidak memiliki computer untuk mengakses beragam informasi dari internet.

Selain itu, Android memiliki kemampuan menjalankan sebagian besar situs biasanya dijalankan pada komputer. Anda dapat menikmati website pilihan Anda, jaringan sosial dan email dengan menggunakan jenis-jenis ponsel. Hal ini karena ponsel Android yang kompatibel dengan HTML5. Memiliki ponsel Android adalah seperti memiliki sebuah komputer yang dapat disimpan dalam saku.

Sehubungan dengan kebebasan, pengguna hape Android dapat dengan leluasa memodifikasi, mengatur menata ulang hape Android sesuai dengan kebutuhannya, bahkan bisa menyaingi kecepatan elektronik konsumen tertentu seperti notebook kecil. Dengan ini peningkatan efisiensi dan daya, jauh lebih mudah untuk multitask. Hal ini dimungkinkan untuk menjalankan aplikasi mobile secara simultan.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
  •  Android  adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet  Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google
  •  Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google
  •  Pada bulan September 2007 Google mulai mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler. Disusul dengan dikenalkannya perangkat seluler Android yang pertama pada tahun 2008, yaitu HTC Dream
  • Keunikan dari nama sistem operasi (OS) Android adalah dengan menggunakan nama makanan hidangan penutup (Dessert).
  • Dengan adanya android dapat mempermudah kita untuk saling berkomunikasi antara sesame. Selain itu android juga bemanfaat dan berguna untuk mengakses berbagai informasi di internet
DAFTAR PUSTAKA
-Ebook tutorial menggunakan android
-File pdf panduan website dengan android
-wikipedia ensiklopedi bebas
-http://soddis.blogspot.co.id/2014/02/sejarah-dan-pengertian-android.html
-http://globallavebookx.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-android-menurut-para ahli.html
-www.kompasiana.com/.../sejarah-lahirnya-android_54f963e8a33311b6078b4e82


EmoticonEmoticon